Article

Homepage Article Desain Fesyen Detail Rhinestones Pada…

Detail Rhinestones Pada Busana

Rhinestones merupakan sejenis bebatuan imitasi yang memiliki karakteristik menyerupai kaca, batu kristal atau akrilik yang diproduksi sebagai hiasan pada gaun, sepatu, dan perhiasan (jewelry) untuk menghasilkan efek berkilau layaknya sebuah berlian. Berdasarkan catatan sejarah, awalnya rhinestones adalah batu kristal yang dikumpulkan dari Sungai Rhine sehingga diberi nama rhinestone. 

Rhinestones

Sumber : http://m.123rf.com

Rhinestone sendiri sebenarnya adalah manik-manik yang terdiri atas satu muka atau bagian belakangnya datar, sehingga bisa ditempelkan pada permukaan datar. Salah satunya pada bagian kuku agar terlihat mewah. Bahan ini juga biasa disebut sebagai gems, flatback jewel, manik-manik, kristal, dan berlian gosok. 

Rhinestones

Sumber : https://www.youtube.com/

Penggunaan rhinestone sendiri tidak hanya terbatas untuk menghias  kuku, tetapi para desainer juga mengaplikasikan rhinestone tersebut di atas bahan pakaian. Bentuk dan variasi dari rhinestone juga sangat beragam dan harga yang ditawarkan pun bervariasi, ada yang murah dan ada pula yang mahal seperti swarovski. 

Rhinestones

Sumber : http://ar.aliexpress.com/

Rhinestones yang digunakan sebagai hiasan kostum sebagian besar diproduksi di Austria oleh Swarovski, di Republik Ceko oleh Preciosa dan beberapa glassworks lainnya di Bohemia Utara. Di AS rhinstone ini terkadang disebut juga sebagai Austria kristal. 

Rhinestones

Sumber : http://www.crystalandglassbeads.com

Untuk menempelkan rhinestone pada permukaan benda yang licin/mulus, seperti pada bahan metal atau plastik sahabat Fitinline bisa menggunakan lem Epoxy bening, lem Ultra SU bening, atau E6000. Sementara untuk benda yang berpori-pori seperti pada baju atau celana yang sering dicuci anda bisa menggunakan lem Gem-Tac.

Rhinestones

Sumber : http://bajupengantinmuslim.net

Sebisa mungkin hindari penggunaan glue gun (lem tembak) dan semua jenis lem yang mengandung cyanoacrylate atau power glue (contoh di Indonesia adalah lem Alteco110). Pasalnya reaksi kimia yang dihasilkan dari lem tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada rhinestone.

Rhinestones

Sumber : https://rhinestonesu.wordpress.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.