Article

Homepage Article Desain Fesyen Aplikasi Tinta Sablon Extender…

Aplikasi Tinta Sablon Extender (Medium) Pada Bahan Kaos

Mencari tinta yang sesuai untuk membuat sablon pada bahan kaos yang berwarna terang?. Kalau sahabat Fitinline ingin mendapatkan hasil gambar yang rata pada permukaan kain, anda bisa menggunakan salah satu jenis tinta transparant yang dikenal dengan nama tinta extender. 

Tinta Extender

Sumber : https://www.zazzle.com/

Tinta extender (medium) merupakan jenis tinta transparan yang banyak digunakan untuk aplikasi sablon diatas bahan textile terutama pada kain berwarna putih. Jenis tinta ini umumnya memiliki permukaan yang halus karena dapat meresap kedalam pori-pori kain tekstil dengan baik. 

Tinta Extender

Sumber : http://sablonkaosjogja.com/

Ketika digunakan untuk menyablon pada kaos yang berwarna terang, tinta sablon extender umumnya akan memperlihatkan desain yang jelas dan nyata. Selain itu hasil sablonannya juga akan memiliki karakteristik yang sangat lembut. 

Tinta Extender

Sumber : https://www.fredaldous.co.uk/

Dengan karakterstik tinta extender yang transparant dan mampu menyerap sempurna pada permukaan kain, maka sablon kaos yang dihasilkan umumnya akan terlihat seperti kain yang dicap. Sayangnya jenis tinta ini kurang sesuai untuk kaos dengan warna gelap karena hasil sablonannya tidak akan muncul. 

Tinta Extender

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meski kurang begitu sesuai untuk menyablon kaos yang berwarna gelap, tapi tinta extender ini masih bisa digunakan untuk menyablon kaos dengan warna tinta yang lebih tua dari pada warna dasar kao. Misal tinta warna abu-abu tua pada permukaan kain yang berwarna dasar abu-abu muda.

Dari segi proses penyablonan tinta extender ini sebenarnya hampir sama dengan cara penyablonan tinta rubber, hanya saja screen yang diperlukan untuk menyablon dengan tinta extender memang cenderung lebih halus. 

Tinta Extender

Sumber : https://alatsablon.wordpress.com/

Tinta extender dapat juga digunakan untuk menyablon dengan teknik separasi (tumpuk 4 warna). Proses penyablonan tinta extender bisa dimulai dengan warna gelap dulu baru kemudian ke warna terang.

Kelebihan tinta extender terletak pada sifat tinta yang mampu menyerap sempurna sehingga memberikan hasil sablon yang lembut dan tidak terlalu timbul. Sablon kaos dengan tinta extender akan terlihat sangat bagus jika dipakai untuk sablon dengan kaos berbahan katun.

Hasil akhir penyablonan dengan tinta extender sangat tergantung pada jenis bahan kaos yang digunakan, proses penyablonan dan juga tinta yang digunakan. Penggunaan tinta sablon dengan komposisi yang tepat akan menghasilkan hasil sablon yang berkualitas dan awet.

Tinta Extender

Sumber : https://www.lyst.com/

Hal terpenting yang harus diingat adalah tinta extender yang sudah dicampur dengan pewarna biasanya tidak bisa bertahan lama dan mudah rusak. Hal ini bisa ditandai dengan perubahan kondisi pasta yang mulai mencair. Jika tetap digunakan maka hasilnya akan menjadi mudah luntur dan tidak awet.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik sablon yang biasa digunakan oleh pengusaha garment atau konveksi, anda bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

E-Book Sablon

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.