Article

Homepage Article Desain Fesyen Ketahui 7 Kelebihan dan…

Ketahui 7 Kelebihan dan Kekurangan Sablon Rubber

Sablon rubber yang biasa dikenal juga dengan sablon karet pada prinsipnya termasuk ke dalam jenis sablon kaos yang sifatnya menutup serat kain. Dimana bentuk sablonan yang dihasilkan dengan tinta karet ini umumnya cenderung bertekstur timbul dan hasil sablonannya pun terbilang sangat elastis.

Plus Minus Sablon Rubber

Sumber : http://bengkelsablon.com/

Karena bersifat pekat dan dapat menutup permukaan warna kain dengan baik, tinta rubber banyak digunakan untuk underbase, yakni sebagai penutup warna kain yang gelap sebelum diproses lebih lanjut dengan sablonan yang berwarna warnai.

Plus Minus Sablon Rubber

Sumber : https://alatsablonmedan.com/

Mau tahu lebih banyak tentang kelebihan apa saja yang dimiliki oleh sablon jenis ini. Simak pembahasan berikut.

  • Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sablon rubber ini sebenarnya memiliki sifat yang sangat elastis dan dapat mengikuti bentuk kain.
  • Tinta sablon rubber sangat mudah dibersihkan selagi masih basah. Meski demikian tinta ini dikenal lebih kuat dicuci dibanding jenis tinta waterbase lainnya.
  • Harga tinta rubber jauh lebih murah dibandingkan dengan tinta sablon lainnya, misal Sablon Plastisol.
  • Sablon rubber lebih cepat mengering bahkan dalam hitungan detik jika dipanaskan dengan mesin heat press yang bersuhu 120 derajat.  Proses pengeringan yang diperlukan hanya berkisar 15-20 detik. Kalau dikeringkan secara manual waktu yang dibutuhkan sekitar 5-10 menit. 

Plus Minus Sablon Rubber

Sumber : https://konveksi.me/

Disamping sejumlah kelebihan yang telah di sebutkan di atas, anda juga harus tahu kalau sablon ruber yang biasa diaplikasikan pada bahan kaos sebenarnya juga memiliki sejumlah kelemahan tersendiri, diantaranya:

  • Tinta rubber bersifat cepat kering, jadi terkadang banyak menimbulkan kerak pada screen setelah proses penyablonan.
  • Kerak yang timbul dari proses penyablonan bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori pada screen sablon, sehingga perlu dilakukan proses pembersihan screen atau penggantian screen sablon dengan yang baru.
  • Penggunakan tinta rubber yang kurang tepat akan menciptakan limbah yang lebih banyak dari pada proses sablon dengan tinta yang lain.

Plus Minus Sablon Rubber

Sumber : https://scrts17.wordpress.com/

Sebagai salah satu jenis tinta sablon yang memiliki kualitas sangat baik tapi harganya relatif terjangkau, tinta rubber ini rentan untuk dipalsukan. Dalam artian banyak pedagang nakal yang sengaja membuat tinta rubber kualitas rendah alias KW (barang tiruan) tapi dijual dengan harga yang normal.

Plus Minus Sablon Rubber

Sumber : https://alatsablonmedan.com/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mempelajari tentang teknik sablon yang biasa digunakan oleh pengusaha garment atau konveksi, anda bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

E-Book Sablon

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.