Article

Homepage Article Desain Fesyen Mengenal Tinta Sablon Jenis…

Mengenal Tinta Sablon Jenis Discharge

Pernah menjumpai produk pakaian yang disablon dengan tinta jenis discharge?. Sablon discharge atau sablon cabut warna pada prinsipnya dapat dikategorikan ke dalam jenis sablon yang tintanya mampu menghilangkan warna dari kaos dan akan menggantinya sesuai dengan warna tinta. 

Tinta Sablon Discharge

Sumber : https://konveksi.me/

Misalnya kaos berwarna hitam disablon tinta discharge warna putih, maka setelah disablon bahan kaosnya akan berubah menjadi putih. Sebaliknya untuk kaos berwarna putih bila disablon dengan tinta discharge warna hitam, maka setelah disablon bahan kaosnya akan berubah menjadi warna hitam.

Tinta Sablon Discharge

Sumber : http://www.odditiesprints.com/

Tinta sablon discharge merupakan  tinta berbasis air (water based) yang diformulasikan untuk menonaktifkan zat warna yang digunakan pada kain alami. Bahan baku utamanya yakni berupa campuran tinta super white yang kombinasikan dengan bubuk atau binder pendukung khusus.

Bubuk atau binder inilah yang berperan penting untuk menonaktifkan zat warna yang digunakan pada kain alami. Hasil sablon dengan teknik discharge ini sangat lembut terlihat seperti warna kain kaos alami.

Tinta Sablon Discharge

Sumber : http://www.sneakavilla.net/

Dalam dunia clothing sendiri penggunaan sablon kaos dengan teknik discharge kini semakin marak dipopulerkan oleh berbagai brand fashion. Sayangnya sablon discharge ini tidak berfungsi pada semua bahan kaos.

Tinta sablon discharge sebenarnya kurang begitu sesuai jika diaplikasikan pada bahan kain sintetis yang banyak mengandung polyester. Sablon discharge hanya akan maksimal jika diaplikasikan pada bahan kaos katun murni yang reaktif.

Tinta Sablon Discharge

Sumber : https://www.tshirtcompany.ie/

Selain hanya bisa berfungsi pada bahan kain yang reaktif saja, terdapat setidaknya tiga warna kaos yang sulit dicabut warnanya dengan sablon discharge. Warna-warna yang dimaksud diantaranya adalah warna hijau, ungu dan biru. Selama masih tergolong kaos gelap, masih aman dan bisa disablon dengan teknik discharge.

Tinta Sablon Discharge

Sumber : http://www.orchardstreetpress.com/

Tertarik untuk membuat sablon berkualitas pada bahan kaos? Anda bisa memesannya di Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.