Article

Homepage Article Desain Fesyen Hindari 3 Hal Berikut Saat…

Hindari 3 Hal Berikut Saat Menyablon Dengan Tinta Waterbase

Tinta waterbase atau tinta sablon berbasis air sejak dulu memang dikenal sebagai salah satu jenis tinta sablon yang sangat populer di dunia sablon karena selain harganya murah dan cara pemakaiannya juga sangat mudah, peralatan sablon yang diperlukan dalam proses produksi dengan tinta sablon berbasis air ini juga tidak terlalu mahal. 

Sablon Waterbase

Sumber : https://global.rakuten.com/

Seperti halnya tinta sablon berbasis minyak, tinta sablon waterbase iuni pada prinsipnya juga  menawarkan berbagai macam varian jenis tinta sablon yang dapat digunakan mulai dari tinta rubber hingga tinta discharge yang mempunyai fungsi berbeda sekalipun tujuannya sama yaitu untuk menyablon kaos atau bahan tekstil.

Sablon Waterbase

Sumber : https://www.pinterest.se/

Meski cara mengaplikasikannya tergolong mudah, namun saat menyablon kaos dengan menggunakan tinta waterbase tetap saja ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dihindari, beberapa diantaranya:

Melakukan Aktifitas Lain Saat Menyablon

Ketika anda sedang melakukan proses penyablonan sebisa mungkin hindari untuk melakukan aktifitas lain yang bisa menyebabkan terhentinya aktivitas menyablon, mengingat tinta waterbase seperti rubber mempunyai karakter mudah kering dan dapat menyumbat screen sablon.

Menaruh Tinta Terlalu Banyak atau Sedikit

Saat menyablon usahakan untuk menaruh tinta pada screen dengan takaran yang pas, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Menaruh tinta waterbase terlalu banyak beresiko mudah kering, sedangkan menaruh tinta sablon terlalu sedikit akan berdampak pada kurang baiknya hasil sablonan.

Menunda Proses Pencucian Screen

Menunda proses pencucian screen sablon usai digunakan, hanya akan menyebabkan tinta waterbase pada screen menjadi kering, semakin keras dan semakin sulit pula untuk dibersihkan. Biasakan untuk selalu mencuci screen setiap kali selesai dipakai.

Sablon Waterbase

Sumber : https://www.zomedesign.com/

Untuk memudahkan proses pencucian screen sablon akan lebih baik jika anda mencuci screen tersebut saat tinta sablon yang berada di atasnya masih dalam keadaan basah. Membersihkan screen dari tinta waterbase sesegera mungkin juga akan mempermudah penghapusan afdruk screen.

Sablon Waterbase

Sumber : http://www.bhaktikreations.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan beberapa hal yang tidak boleh atau harus dihindari saat menyablon dengan tinta waterbase. Kalau sahabat Fitinline punya informasi tambahan yang lainnya, share ya...

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik sablon yang biasa digunakan oleh pengusaha garment atau konveksi, anda bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

E-Book Sablon

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.