Article

Homepage Article Desain Fesyen Mengenal Jenis Rakel Sablon…

Mengenal Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya

Sempat menyimak pembahasan mengenai Peralatan Untuk Membuat Sablon Manual sebelumnya?. Sahabat Fitinline pasti sudah tahukan peralatan sablon yang dikenal dengan nama rakel itu fungsinya untuk apa?. 

Rakel Sablon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Rakel merupakan alat untuk mendorong dan menekan tinta dari kain screen agar menempel pada media yang disablon seperti kain, kertas, dan plastik. Rakel sendiri terdiri dari dua bagian yaitu berupa karet rakel dan pegangannya yang dibuat dari kayu atau alumunium.

Rakel Sablon

Sumber : http://oyee-ihiiir.blogspot.co.id/

Sebagai salah satu peralatan yang cukup penting dalam proses sablon manual, rakel dapat dibedakan ke dalam beberapa varian, beberapa diantaranya ada yang berujung lancip, tumpul, bahkan bulat. Lantas mengapa ujung rakel untuk sablon manual tersebut dibuat berbeda-beda?. 

Rakel Sablon

Sumber : https://www.miko-shop.de/

Untuk menjawab rasa penasaran anda ada baiknya simak dulu yuk pembahasan mengenai jenis-jenis rakel dan fungsinya. 

Rakel Sablon

Sumber : http://sablonmudah.blogspot.co.id/

Rakel Lancip

Rakel lancip merupakan jenis rakel sablon yang memiliki dua sisi miring yang simetris, bagian ujungnya cenderung lancip dan kelihatan tajam. Rakel lancip biasa dipakai untuk menggesut tinta di bahan tekstil dan menghasilkan detail gambar yang jelas, seperti menyablon foto orang dengan format raster.

Rakel Lancip Dengan Ujung Datar

Rakel jenis ini bentuk dasarnya mirip seperti rakel lancip hanya saja bagian ujungnya datar sehingga dapat menyalurkan tinta lebih banyak. Rakel lancip dengan ujung datar lebih sering digpakai untuk menyablon keramik dan kain parasut namun tidak menutup kemungkinan digunakan di bahan teksil yang lain.

Rakel Kotak

Rakel sablon kotak bentuknya datar dengan kedua sudut lancip 90 derajat persis seperti balok. biasa digunakan untuk menyablon diatas media kertas dengan tekstur kasar, bahan tekstil, serta bahan lainnya seperti plastik untuk menghasilkan gambar yang mengandalkan ketajaman.

Rakel Bulat

Rakel bulat merupakan jenis rakel sablon yang memiliki ujung bulat sehingga mampu menyapu tinta dalam jumlah banyak dan tebal. Rakel jenis ini biasa digunakan untuk menyablon tinta yang berwarna menyala dan kontras.

Rakel Miring

Mempunyai satu permukaan yang miring dengan ujung yang lancip, rakel sablon miring biasanya lebih banyak digunakan untuk mesin sablon. Untuk hasil sablonannya sendiri tidak jauh beda dengan hasil sablonan menggunakan rakel lancip biasa.

Rakel Tumpul

Rakel sablon tumpul bentuknya hampir sama dengan rakel kotak hanya saja kedua sudutnya tumpul. Rakel sablon tumpul sangat bagus jika digunakan untuk menyablon pada bahan kaos, handuk dan selimut karena mampu menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak.

Rakel Sablon

Sumber : http://www.banuasablon.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan mengapa ujung rakel sablon manual itu dibuat dalam bentuk yang berbeda-beda. Jangan sampai memilih rakel ketika akan menyablon ya.

Semoga bermanfaat.

 

Mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik sablon yang biasa digunakan oleh pengusaha garment atau konveksi, anda bisa mendownload E-Book kami Di Sini.

E-Book Sablon

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.