Article

Homepage Article Batik Apa Yang Dimaksud Dengan…

Apa Yang Dimaksud Dengan Tumpal dan Seperti Apa Ciri Khasnya?

Merasa cukup familiar dengan istilah motif tumpal atau ini kali pertama bagi kamu mendengar istilah tersebut?. Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang apa itu tumpal dan ciri khas yang dimiliki motif tumpal yuk simak pembahasan berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tumpal

Tumpal yang biasa dikenal juga sebagai “kepala kain” merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan sebuah motif atau pola yang kontras pada sebuah kain. Meskipun terlihat sederhana, proses pembuatan motif hias tumpal sendiri sebenarnya memerlukan tingkat kerumitan dan kecermatan yang tinggi lho.

Motif Tumpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dilihat dari sejarahnya motif tumpal sendiri konon sudah ada sejak zaman kerajaan di Indonesia. Bahkan pada masa itu, motif hias tumpal sering digunakan oleh raja atau bangsawan sebagai simbol kekuasaan dan kehormatan.

  • Motif hias tumpal sering dianggap sebagai simbol keindahan dan kekayaan budaya Indonesia.
  • Keindahan dan kerumitan motif hias tumpal sering kali menjadi ciri khas dari karya seni tekstil Indonesia.

Motif Tumpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebagai salah satu motif yang punya keunikan tersendiri, motif tumpal pun juga mempunyai makna filosofis yang sangat dalam sesuai konsep kesatuan kosmos, manusia, semesta dan alam lain dari sifat keduniaan menuju ketuhanan.

  • Tumpal kerap dikaitkan dengan cara hidup manusia yang dapat selaras dengan alam.
  • Tumpal mengajarkan kehidupan yang bermartabat, seimbang antara dunia dan tuhan.
  • Tumpal kerap juga diasosiasikan dengan gunung yang dianggap suci.

Motif Tumpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sementara jika dilihat dari sisi numerologis, motif tumpal yang identik dengan bentuk segitiga, satu sisinya dapat memvisualisasikan kekuatan, sisi berikutnya menggambarkan pembukaan dan sisi lainnya memanifestasikan terciptanya kebijaksanaan.

Ciri Khas Tumpal

Berbicara mengenai tumpal, lantas bagaimana cara terbaik untuk mengenali bagian tumpal pada sebuah kain?. Untuk mengetahui bagian yang disebut tumpal sendiri sebenarnya sangatlah mudah, karena tumpal memiliki karakteristik yang cukup mencolok dibandingkan dengan bagian kain lainnya.

Beberapa ciri paling khas dari motif hias tumpal yang paling mudah dikenali yaitu: 

1. Punya Motif Yang Kontras

Tumpal memiliki motif yang kontras pada sebuah kain. Posisinya sendiri, tidak hanya terbatas pada bagian sisi lebar kain saja, tapi bisa juga di letakkan di sisi panjang kain dan di bagian tengah kain.

Motif Tumpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus untuk kain yang tumpalnya ada di tengah, kain ini dapat disebut juga sebagai “tumpal sarung“.

  • Motif tumpal sarung biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tumpal sisi.
  • Untuk kain yang memiliki tumpal sarung, proses cuttingnya pun lebih sulit karena posisinya ada di tengah.

Motif Tumpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Bentuknya Teratur dan Berulang

Tumpal biasanya terdiri dari garis-garis diagonal yang teratur dan berulang, baik tunggal maupun berhadapan. Garis-garis ini dapat membentuk segitiga atau pola geometris lainnya tergantung pada desainnya. 

  • Motif tumpal memiliki struktur yang teratur dan diulang secara konsisten di sepanjang kain atau tekstil.
  • Motif tumpal yang konsisten di sepanjang kain menciptakan pola yang simetris dan estetis.

Motif Tumpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tapi meskipun pola tumpal secara umum terdiri dari garis-garis diagonal, tumpal sendiri juga dapat bervariasi dalam warna, ukuran dan kompleksitas. Hal inilah yang memungkinkan para desainer untuk menciptakan kain dengan berbagai desain yang unik.

3. Warnanya Beda Sendiri

Tumpal biasanya memiliki warna yang beda sendiri dengan warna keseluruhan kain, misal terlalu mencolok atau terlalu soft. Misal dalam sebuah kain motifnya dominan kuning maka tumpalnya bisa berwarna merah atau warna lain.

Motif Tumpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Terkait dengan aplikasinya pada kain tradisional Indonesia, motif hias tumpal yang memiliki ciri sangat khas sebenarnya tidak hanya terdapat pada Kain Batik, tetapi bisa juga dijumpai pada kain tenun dan kain songket.

  • Motif tumpal sering digunakan untuk menambahkan keindahan dan kompleksitas visual pada kain tenun maupun kain songket.
  • Beberapa kain tenun dan kain songket mungkin memiliki tumpal sebagai bagian dari motif utama, sementara yang lain mungkin menambahkan tumpal sebagai aksen tambahan untuk meningkatkan keindahan desainnya.

Motif Tumpal

Sumber : https://shopee.co.id/

Sementara untuk tata cara penggunaannya, terdapat sedikit perbedaan mengenai cara penempatan tumpal untuk zaman dulu dan sekarang.

  • Pada zaman dahulu penempatan tumpal dapat dibedakan berdasarkan jenis kelamin yang memakainya, untuk laki-laki di bagian belakang dan untuk perempuan di depan.
  • Kalau untuk sekarang penempatan tumpal pada produk pakaian bisa sangat bervariasi dan tidak selalu didasarkan pada jenis kelamin yang memakainya.

Selain itu masyarakat Indonesia pada masa lalu juga meyakini bahwa setiap kain yang dilengkapi dengan tumpal segitiga konon punya kekuatan magis sehingga bisa melindungi pemakainya dari bahaya dan penyakit.

  • Pola segitiga pada motif tumpal menggambarkan gunung, api dan air.
  • Pola segitiga pada motif tumpal melambangkan kekuatan dan kestabilan.
  • Pola segitiga pada motif tumpal dipercaya mampu memecah energi-energi negatif sekaligus mengembalikan keseimbangan serta keharmonisan antara tubuh dan pikiran.

Bahkan meskipun kekuatan motif tumpal tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, sebagian masyarakat Indonesia masih meyakininya dan tidak sedikit yang menggunakan tumpal sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan keamanan hidup.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa ciri paling mencolok dari tumpal yang penting untuk kamu ketahui. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang kamu jadi makin tahukan yang dimaksud dengan tumpal pada kain itu yang mana dan ciri khasnya seperti apa.

Butuh bahan-bahan berkualitas dengan harga murah untuk membatik atau membuat kain batik?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Alat Batik terbaik di katalog kami.

Download juga E-Book Membatik dan Video Tutorial Membatik dari kami kalau kamu ingin tahu lebih banyak lagi tentang cara pembuatan kain batik.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.