Article

Homepage Article Batik 3 Variasi Batik Gerabah…

3 Variasi Batik Gerabah Yang Bisa Anda Pakai Untuk Dekorasi Rumah

Selamat hari Jum’at Sahabat Fitinline, hari Jum’at saatnya kita bahas tentang batik. Batik memang tak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Kali ini kita akan bahas tentang batik gerabah. Batik gerabah adalah kerajinan tangan yang terbuat dari bahan tanah liat yang disebut kerajinan gerabah atau tembikar.

Batik gerabah biasanya dibedakan menjadi tiga jenis yaitu pertama batik gerabah yang proses pembatikkan langsung dilakukan di atas media gerabah. Kedua, media gerabah dilukis atau dicat dengan motif batik. Dan ketiga, gerabah ditempel atau dihiasi menggunakan kain batik.

Batik gerabah yang proses pembatikannya langsung dilakukan di atas gerabah memiliki proses yang sama dengan membatik di atas kain. Gerabah yang sudah melalui proses pembakaran selanjutnya digambari sesuai dengan desain yang diinginkan. Setelah itu gerabah dibatik menggunakan malam, alat yang digunakan bisa berupa canting atau kuas. Untuk menghasilkan batik gerabah tulis yang indah biasanya sebelum dibatik gerabah dicat warna putih terlebih dahulu. Tujuannya agar tampilan gerabah seperti kain yang dibatik dan menampakkan garis-garis putih seperti batikan pada kain. Namun untuk memberikan kesan natural, gerabah bisa langsung dibatik tanpa dilapisi cat terlebih dahulu. Untuk proses pewarnaan dan pelorodan, batik gerabah memiliki proses yang sama dengan batik tulis pada kain. Setelah proses selesai, maka batik gerabah difinishing menggunakan pelapis semacam melamin atau aqualaquer agar terlihat mengkilap.

Batik Gerabah

Batik Gerabah

Sumber: http://baskaragerabahbatiktulis.blogspot.com

Batik Gerabah

Sumber: http://baskaragerabahbatiktulis.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Gerabah yang sudah dibakar memiliki daya tahan yang baik terhadap air jadi tak ada pengaruh kerusakan pada saat proses pembatikan. Justru akan menambah artistik dan keunikan tersendiri. Selain itu akan menambah nilai jual terhadap gerabah batik.

Batik Gerabah

Batik Gerabah

Sumber: http://baskaragerabahbatiktulis.blogspot.com

Batik Gerabah

Sumber: http://baskaragerabahbatiktulis.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Jenis batik gerabah yang kedua yaitu gerabah batik yang prosesnya dilukis atau dicat dengan motif batik. Sebenarnya gerabah ini tidak melalui proses pembatikan sama sekali. Hanya motif yang digambarkan pada gerabah menggunakan motif-motif batik. Cara membuatnya lebih sederhana dan tak memerlukan waktu yang lama. Gerabah yang sudah dibakar, selanjutnya dilapisi dengan cat warna putih kemudian gerabah diberi gambar sesuai desain. Setelah itu barulah dilukis menggunakan cat air. Untuk mempertahankan keawetan lukisan pada gerabah biasanya gerabah dilapisi dengan melamin.

Batik Gerabah

Batik Gerabah

Sumber: http://solobatikgerabah.blogspot.com

Batik Gerabah

Sumber: http://solobatikgerabah.blogspot.com

Batik Gerabah

Sumber: http://omahgemibakulan.wordpress.com

Batik Gerabah

Sumber: http://solokendil.blogspot.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Selain dua jenis tersebut, terdapat batik gerabah yang dihiasi atau ditempel kain batik. Kain batik yang digunakan biasanya jenis batik lawasan atau batik bekas. Tujuannya untuk menambah nilai artistik dan keunikan tersendiri. Pemilihan batik lawasan diterapkan sebagai altenatif media hias karena memberikan nuansa antik pada produk yang dihias. Nuansa antik untuk pasaran saat ini sering kali menjadi suatu hal penting dan dicari oleh perajin. Teknik penerapan dekorasi ini adalah pertama menentukan jenis motif kain dan posisi motif pada badan gerabah. Perajin dituntut memiliki ketrampilan yang cukup untuk mencapai kualitas dekorasi yang baik, baik dilihat dari sisi kualitas penerapan maupun kualitas penampilan motif. Penentuan motif dilakukan untuk memilih mana motif yang cocok untuk gerabah berbadan melebar (horisontal) dan mana motif kain yang cocok untuk badan gerabah meninggi (vertikal). Pemilihan motif seperti ini tidak mutlak dilakukan, karena penentuan motif terkadang ditentukan oleh pesanan konsumen. Setelah motif kain ditentukan dilanjutkan dengan pemotongan kain. Teknik penerapan kain pada badan gerabah dilakukan dengan teknik tempel dengan perekat lem. Lem yang cukup baik digunakan adalah lem kastol yang dijual bebas di pasaran. Proses penempelan disebut berhasil bila hasil tempelan melekat dengan baik dan tidak terjadi gelembung-gelembung kain. Proses akhir atau finishing, hasil tempelan kain yang sudah kering dilapisi dengan cat transparan. Penggunaan kain batik lawasan sebagai bahan hias dapat dilakukan terhadap semua bentuk gerabah. Namun yang paling penting diperhatikan adalah ketelitian dan ketelatenan proses penerapannya. 

Batik Gerabah

Batik Gerabah

Sumber: http://www.isi-dps.ac.id

Batik gerabah memiliki variasi bentuk yang bermacam-macam yaitu piring, tempat payung, asbak, guci, vas bunga, poci, kursi dan meja, tempat buah, bakaran sate, tempat sambal, tungku, wajan, dan lain sebagainya.

Batik gerabah mulai dikembangkan di beberapa sentra kerajinan gerabah yang ada di Indonesia. Sentra kerajinan gerabah terdapat di Kasongan (Bantul, Yogyakarta), Pagerjurang (Bayat, Klaten, Jawa Tengah), Kecamatan Plered (Purwakarta, Jawa Barat), Bali dan Lombok.

Batik ternyata bisa diaplikasikan pada media apapun. Bagi anda pecinta batik, anda bisa mengoleksi batik gerabah sebagai hiasan dekorasi rumah anda.

Semoga bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.