Article

Homepage Article Kain Tekstil 9 Jenis Kain Dinir Untuk…

9 Jenis Kain Dinir Untuk Membuat Tas Dan Produk Outdor Lengkap Dengan Spesifikasi Bahannya

Biasa memakai tas ransel, pouch, tas seminar atau model tas lain yang dibuat dari bahan kain dinir?. Meski sudah sering memakai tas berbahan kain dinir mungkin banyak diantara anda yang tidak menyangka kalau kain dinir itu sendiri sebenarnya juga punya banyak sekali jenis dan variannya lho.

Pengenalan Kain Dinir

Kain dinir termasuk ke dalam salah satu jenis polyester yang banyak digunakan sebagai bahan tas. Selain karena karakteristik bahannya memang kuat dan fleksible, kain dinir konon juga banyak disukai usaha konveksi tas karena pilihan bahannya lumayan banyak sebanding dengan kualitas beserta harga yang ditawarkan.

Bahan Tas

Sumber : http://pictogoodie.com

Bergantung pada spesifikasi bahan yang terkandung didalamnya, kain dinir sendiri secara umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa golongan, yakni berupa kain dinir D 300, D 420, D 600, D 1680 dan dinir D 1682. Huruf D yang ada di depan angka tersebut merupakan terminologi kata “denier” yang merujuk pada spesifikasi sebuah bahan. 

Bahan Tas

Sumber : http://www.pabriktaskudus.net/

Semakin tinggi angka yang dicantumkan di belakang huruf “D” itu berarti semakin kuat dan tahan lama pula sifat kain yang dihasilkan bila dibandingkan dengan bahan tas serupa dengan angka yang lebih rendah. Meski tingkat kekuatannya berbeda namun material dinir ini tetap memiliki daya tahan yang baik untuk tas lho.

Jenis-Jenis Kain Dinir

Butuh bahan kain dinir berkualitas dengan harga murah untuk membuat tas atau keperluan lainnya?. Anda bisa memilih satu dari sekian banyak kain dinir yang disediakan Fitinline. Beberapa bahan yang dimaksud yaitu ada dinir D 300, dinir D 1682, dinir D 420, dinir D 600, dinir D 1680 single, dinir D 1680 double dan dinir 600 DK.

1. Kain Dinir D 300

Kain dinir D 300 merupakan salah satu varian dinir yang biasa digunakan sebagai bahan tas, pouch, dompet dan akesoris fashion lainnya. Keunggulan yang ditawarkan kain dinir D 300 yaitu kain ini mempunyai lapisan anti air yang berperan penting untuk melindungi benda-benda yang tersimpan di dalam tas saat terkena air.

a. Tas Dinir D 300

Sebagai bahan tas, kain dinir D 300 bisa dibuat ke dalam bentuk tas model selempang, tas ransel, goodie bag maupun travel bag.

b. Pouch

Khusus untuk anda yang suka jalan-jalan santai namun malas membawa tas untuk menyimpan dompet atau smartphone anda bisa memakai pouch dinir.

Beberapa kelebihan lain yang ditawarkan kain dinir D 300 diantaranya:

  • Kain dinir D 300 memiliki tekstur yang halus dan berserat kecil.
  • Kain dinir D 300 juga termasuk kedalam jenis kain wrinkle free yang susah sekali dirobek (tear resistant).
  • Kain dinir D 300 bersifat durable dan tahan lama.

Bahan Tas

Sumber : https://fitinline.com/

2. Kain Dinir D 1682

Kain dinir D 1682 merupakan kain dinir yang mempunyai tingkat ketebalan cukup baik sehingga karakteristiknya cenderung sangat kuat dan kokoh. Kain ini umumnya juga dilengkapi dengan lapisan anti air jadi sangat bagus bila dipakai untuk untuk membuat tas ransel maupun model tas lainnya yang sejenis. 

Bahan Tas

Sumber : https://fitinline.com/

3. Kain Dinir D 420D

Kain dinir D 420 mempunyai ketebalan dinir 420 dan kebanyakan juga bersifat anti air. Dalam dunia konveksi tas, kain ini biasanya lebih banyak digunakan sebagai bahan tas kosmetik, goodie bag, merchendise bag. Karena bahannya mudah robek dan tidak sanggup menopang beban berat kain ini kurang bagus untuk tas ransel.

a. Tas Kosmetik

Bagi para wanita keberadaan tas kosmetik yang dibuat dari bahan kain dinir akan sangat membantu meraka untuk membawa peralatan make up.

b. Goodie Bag

Goodie bag berbahan dinir bisa menjadi salah satu tas pengganti kantong plastik yang lebih ramah dengan lingkungan.

c. Merchandise Bag

Merchandise bag dari bahan dinir yang dibuat dalam model tote bag bisa dipakai sebagai media promosi produk yang efektif.

Bahan Tas

Sumber : https://fitinline.com/

Harga bahannya yang low budget dan bobotnya yang ringan membuat 420D menjadi salah satu alternatif untuk membuat tas dengan biaya rendah. Sayangnya karakter dinir D 420 yang kaku menjadi rentan sekali berkerut dan menimbulkan gurat-gurat yang beresiko sobek.

4. Kain Dinir D 600

Kain dinir D 600 merupakan jenis kain yang secara umum memiliki pori-pori kain yang lumayan besar dan bersifat wrinkle free. Pada sejumlah konveksi tas kain dinir D 600 ini biasanya lebih sering digunakan untuk membuat tas dengan kualitas menengah seperti tas instrument alat musik, tas ransel, travel bag maupun fitness bag.

a. Tas Instrument Alat Musik

Tas instrument alat musik dapat membantu anda untuk lebih mudah saat membawa maupun menyimpan alat musik agar lebih aman.

b. Tas Ransel

Seperti kebanyakan tas ransel yang lainnya tas ransel yang dibuat dari kain dinir D 600 juga memungkinkan anda untuk membawa banyak barang sat bepergian.

c. Travel Bag

Tidak jauh berbeda dengan tas ransel, travel bag yang dibuat dari kain dinir D 600 pada prinsipnya juga memiliki fungsi penting untuk membawa barang-barang saat travelling.

d. Fitness Bag

Bagi anda yang gemar berolahraga fitnes bag ini akan sangat membantu anda untuk membawa pakaian dan peralatan penting lain saat fitnes.

Selain dipakai untuk kegunaan di atas, beberapa ada juga yang memanfaatkan kain dinir D 600 sebagai bahan andalan tas tipe ekonomis seperti tas promosi karena memang harganya cukup miring namun dari segi kualitas relatif baik.

Bahan Tas

Sumber : https://fitinline.com/

5. Kain Dinir D 1680 Single

Kain dinir D 1680 mempunyai karakteristik yang tebal sehingga kain ini sangat kuat dan cocok digunakan untuk membuat tas serta aneka produk outdoor yang memerlukan ketahanan dan kelenturan. Lapisan anti air yang ditambahkan pada kain ini juga memungkinkan benda-benda yang ada di dalam tas menjadi tidak basah bila terkena air.

  • Kain dinir D 1680 memiliki tingkat ketebalan yang cukup baik.
  • Kain dinir D 1680 sangat bagus dipakai untuk membuat berbagai model tas yang menarik baik itu berupa tas ransel maupun tas jinjing.

Bahan Tas

Sumber : https://fitinline.com/

6. Kain Dinir D 1680 Double

Serupa dengan kain dinir D 1680 singgle, kain dinir D 1680 double umumnya juga mempunyai tingkat ketebalan yang sempurna dan sama-sama bagus untuk membuat tas serta aneka produk outdoor. Hal yang membedakannya dengan dinir D 1680 single adalah kain dinir D 1680 double tampilannya lebih lemas dan lebih kenyal. 

Bahan Tas

Sumber : https://fitinline.com/

7. Kain Dinir 600 DK

Kain 600 DK (K=Kulit) termasuk kedalam jenis kain dan kuat dengan lapisan anti air yang tebal sehingga bahannya menjadi sangat kuat. Kain dinir 600 DK ini bisa anda pakai untuk membuat berbagai model tas, payung taman maupun aneka produk outdoor yang memerlukan ketahanan dan kelenturan. 

a. Tas Dinir 600 DK

Tas dinir yang dibuat dari bahan dinir 600 DK menjadi salah satu pilihan tas terbaik yang bisa anda pakai sebagai pelengkap gaya penampilan saat bepergian.

b. Payung Taman

Payung taman yang diciptakan dari kain dinir 600 DK dapat difungsikan untuk mempercantik tampilan taman serta melindungi tubuh dari sinar matahari saat beraktivitas di luar rumah.

Bahan Tas

Sumber : https://fitinline.com/

Selain ke enam jenis bahan yang telah disebutkan di atas sebenarnya masih ada lagi lho varian kain dinir yang bisa dipakai sebagai bahan tas dan keperluan penting lainnya. Bahan yang dimaksud yaitu berupa bahan dinir D1050 dan dinir D1800 yang cukup kaku.

1. Kain Dinir D 1050

Kain dinir D 1050 merupakan kain yang memiliki karakteristik lebih tebal dibandingkan dengan varian dinir yang lain, serat kainnya pun juga cukup rapat namun cenderung kaku. Sekalipun tekstur bahannya kaku tapi kain dinir D 1050 ini umumnya cukup baik jika digunakan sebagai bahan tas maupun bahan tambahan untuk koper.

2. Kain Dinir D 1800

Kain dinir D 1800 merupakan jenis kain yang paling tebal dan lebih kaku. Karena lebih tebal dan kaku bahan kain ini biasanya cukup sulit diaplikasikan  sebagai bahan dasar softcase atau tas instrumen musik sehingga sangat jarang digunakan.

Dengan banyaknya pilihan kain dinir yang bisa digunakan untuk membuat tas anda bisa bebas untuk memilih bahan kain seperti apa yang cocok dengan kebutuhan. Dari segi hargapun kain dinir ini bisa dikatakan lumayan murah dan terjangkau jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk memikirkan harganya.

Tips Membuat Tas Dinir

Bagi anda yang ingin membuat tas sendiri pastikan anda pintar-pintar menyesuaikan dengan kebutuhan ya. Penyesuaian tersebut bisa dilihat dari segi ukuran tas, fungsi tas dan model tasnya seperti apa yang anda harapkan dengan begitu anda bisa memutuskan untuk memakai bahan yang tepat sesuai fungsi tas itu sendiri.

Untuk membuat tas kelas menengah kebawah seperti halnya goodie bag, tas souvenir, tas seminar, tas promosi maupun tas rapat anda bisa menggunakan kain dinir  dengan tipe D 300, serta D 600. Bahan tersebut biasanya banyak digunakan karena dari segi harga cukup terjangkau namun kualitasnya tetap bagus dan tidak meragukan.

  • Kain dinir D 300 dan dinir D 600 biasa digunakan untuk membuat tas kelas bawah dan menengah.
  • Kain dinir D 300 dan dinir 600 dipilih karena harganya yang relatif murah tetapi kekuatannya lumayan baik.

Sementara untuk menghasilkan produk tas yang bagus dan lebih terlihat menarik anda bisa menggunakan bahan kain dinir D 1680 dan D 1682 yang biasanya juga sering dipakai oleh banyak pelaku usaha konveksi tas. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh kain dinir D1680 dan D 1682 diantaranya:

  • Keduanya sama-sama memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan dinir D 300 atau dinir D 600.
  • Permukaan D 1680 dan D 1682 tampak lebih halus dan lentur dibandingkan dengan dinir D 300 ataupun dinir D 600.
  • Bila sudah bebentuk tas, maka tas yang terbuat dari dinir 1680D atau dinir 1682D akan terlihat lebih menarik dan bagus.

Setelah menemukan bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan anda ingin memproduksi tas baik secara pribadi maupun masal, penting bagi anda untuk memilih konveksi tas yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam menangani banyak pesanan tas. Supaya terhindar dari penipuan perhatikan dengan baik tips berikut.

1. Pastikan bahwa penyedia jasa konveksi tas yang anda pilih mempunyai reputasi yang baik dan mengutamakan kualitas produk. Beberapa tanda bahwa konveksi tas tersebut merupakan konveksi tas yang baik yaitu:

  • Sudah memiliki nama brand dan alamat yang jelas.
  • Telah menjadi kepercayaan banyak orang dan punya banyak pelanggan setia.
  • Produsen konveksi tas yang profesional biasanya juga selalu memberikan garansi pada tas-tas yang dijualnya.

2. Cari informasi sebanyak mungkin tentang konveksi tas yang akan anda pilih. Bila memungkinkan cek terlebih dahulu model tas atau jenis-jenis tas apa saja yang telah dihasilkan oleh konveksi tas tersebut.

3. Memastikan bahwa konveksi yang anda pilih mempunyai legalitas usaha yang jelas juga menjadi salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari adanya penipuan.

Dengan memilih konveksi tas yang bersifat legal dan keberadaannya diakui secara hukum anda dapat menuntut hak sebagai konsumen bila mengalami kerugian dalam melakukan transaksi pembelian.

4. Jika sudah yakin dengan satu produsen tas yang anda mau selanjutnya anda tinggal membuat kesepakatan ketika melakukan pemesanan tas.

5. Sebagai bahan pertimbangan anda juga bisa meminta atau membuat sample produk terlebih dahulu kepada pihak konveksi tas. Dengan begitu anda bisa mendapat gambaran yang jelas perihal tas yang nantinya akan anda dapatkan.

Tips Merawat Tas Dinir

Setelah mendapatkan tas yang anda inginkan pastikan anda selalu memperlakukan tas tersebut dengan cara yang baik dan benar ya. Hal ini penting untuk dilakukan agar tas yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Beberapa cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk menjamin keawetan tas diantaranya:

  1. Biasakan untuk tidak memasukkan terlalu banyak barang ke dalam tas agar bentuknya tidak berubah sehingga menjadi mudah rusak.
  2. Bila anda ingin membawa barang-barang yang mudah menimbulkan noda permanen seperti halnya pulpen maupun kosmetik pastikan anda menyimpan barang-barang teesebut ke dalam kantung khusus baru dimasukkan ke dalam tas.
  3. Hindari meletakkan tas di sembarang tempat seperti halnya di lantai atau di tempat yang kotor agar kebersihan tas anda tetap terjaga dengan baik.
  4. Kalaupun anda terpaksa tidak ada tempat lain untuk meletakkan tas jangan lupa alasi bagian bawahnya dengan kertas atau plastik yang bersih.
  5. Berhati-hatilah saat melewati sudut tembok atau pagar, karena di tempat-tempat seperti ini biasanya tas mudah tergores dan tersangkut.

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis kain dinir dan pemanfaatannya dalam industri konveksi tas maupun peralatan outdor yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan kalau bahan dinir sendiri ternyata ada banyak sekali jenisnya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.