Article

Homepage Article Kain Tekstil Kenali Karakteristik, Jenis…

Kenali Karakteristik, Jenis dan Pemanfaatan Kain Balotelli Pada Produk Pakaian Pria Maupun Wanita

Biasa menjahit pakaian sendiri untuk keperluan sehari-hari atau acara lain yang sifatnya lebih formal?. Bila anda kebetulan sedang mencari bahan kain yang bagus untuk membuat gamis, kemeja, rok, baju koko maupun hijab maka anda bisa menggunakan kain balotelli yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Pengenalan Kain Balotelli

Secara umum kain balotelli dapat dikategorikan ke dalam jenis kain yang memiliki ciri khas sangat adem, tebal, tidak menerawang, lembut, lemas dan bertekstur jadi sangat bagus digunakan untuk bahan pakaian. Dengan serat kainnya yang rapat namun ringan kain ini juga menjadi primadona dikalangan pecinta fashion.

Kain Balotelli

Sumber : https://fitinline.com/

Bila ditelusuri lebih jauh lagi kain balotelli sebenarnya masih termasuk ke dalam golongan kain katun, sekalipun bukan asli 100% katun. Tapi karena ada beberapa sifat dasar yang membedakan keduanya maka banyak orang yang kemudian menyebutkannya dengan nama bahan kain balotelli saja. 

Kain Balotelli

Sumber : https://storgram.com/

Sebagai bahan kain yang berkualitas kain balotelli ternyata juga memiliki karakteristik yang sangat istimewa lho. Sebab jenis bahan kain yang satu ini variasinya lumayan banyak dan pilihan warnanya juga sangat beragam sehingga kerap dianggap sebagai salah satu bahan terbaik yang digemari oleh masyarakat. 

Kain Balotelli

Sumber : https://shopee.co.id/

Ciri lain yang menjadikan kain balotelli sangat mudah dikenali dan dibedakan dengan jenis kain lainnya yaitu kain balotelli memiliki tekstur yang sangat khas dimana motif atau permukaan kainnya membentuk kotak-kotak kecil yang bergaris. Motif kotak-kotak ini akan terlihat jelas jika diamati dari dekat.

Jenis-Jenis Kain Balotelli

Seperti bahan kain pada umumnya yang biasa dipakai untuk membuat pakain pria maupun pakaian wanita, kain balotelli sendiri masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa varian bergantung pada kualitas atau mutu bahannya. Pertama ada balotelli original, kedua ada balotelli grade A dan ketiga ada Balotelli grade A+.

1. Balotelli Original

Kain balotelli original umumnya memiliki tingkat ketebalan yang standar seperti bahan balotelli pada umumnya. Yang membedakan adalah karakteristik bahan kainnya karena cenderung agak kaku. Balotelli jenis ini lebih cocok digunakan untuk membuat gamis kombinasi atau baju koko pria.

Selain balotelli original ternyata ada juga varian dari kain balotelli yang kualitasnya berada dibawah balotelli original, kain ini biasa disebut dengan nama balotelli ekonomis. Karena mutu bahannya tidak terlalu bagus, balotelli dengan versi ekonomis cenderung terasa panas apabila digunakan.

2. Balotelli Grade A

Berikutnya ada balotelli grade A yang kualitasnya jauh lebih bagus dari pada balotelli original. Sebab kain balotelli grade A ini ketika disentuh atau diraba lebih terasa harus dan tidak kaku walaupun secara kasat mata tekstur kainnya terlihat sama saja dengan balotelli original dan hampir tidak dapat dibedakan.

Kain balotelli grade A termasuk ke dalam jenis kain yang mutunya sedang, dalam artian tidak terlalu unggul tapi juga tidak terlalu buruk secara kualitas. Kain balotelli dengan grade A ini diperkirakan mewarisi sifat kain balotelli grade original dan kain Balotelli grade A+ yang sangat bagus.

3. Balotelli Grade A+

Terakhir ada balotelli grade A+ yang memiliki kualitas sangat baik diatas balotelli lainnya. Diperkirakan jenis kain yang satu ini harganya cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan balotelli original maupun balotelli grade A sehingga lumayan jarang ditemui di pasaran.

Kain balotelli grade A biasanya juga kerap disebut dengan nama lain Ar-Raihan. Untuk karakteristiknya sendiri kain balotelli grade A+ ini memang sangat halus, adem, jatuh dan juga lembut sehingga mampu memberikan kenyamanan yang lebih bila dibandingkan dengan jenis balotelli yang biasa.

Karakteristik Kain Balotelli

Sekalipun kain balotelli yang dijual di pasaran cukup banyak variasinya tapi secara umum bahan kain tersebut tetap memiliki karakteristik yang istimewa dan mungkin tidak ada pada bahan kain yang lainnya.

1. Teksturnya Cenderung Berserat

Kain balotelli pada prinsipnya memiliki tekstur yang berserat. Untuk merasakan tekstur kain balotelli anda bisa merabanya dengan permukaan tangan.

2. Serat Kain Balotelli Lebih Rapat

Serat yang terdapat pada kain balotelli umumnya cenderung lebih rapat dan padat. Kain ini juga memiliki tampilan yang jatuh dan memberikan nuansa anggun pada pemakainya.

3. Tidak Menerawang

Kain balotelli sifatnya tidak menerawang atau tembus pandang saat dipakai. Bahan ini juga memenuhi syarat pakaian muslim wanita yang kekinian sehingga banyak dipakai untuk membuat gamis.

4. Bahan Kain Agak Tebal

Kain balotelli kebanyakan dibuat dengan tingkat ketebalan yang sempurna untuk rok, gamis dan juga hijab. Beberapa bahkan ada yang tampilannya cenderung agak tebal.

5. Memiliki Motif Kotak-Kotak

Kain balotelli memiliki motif yang sangat unik dan eksklusif yakni berbentuk kotak-kotak dan bergaris. Untuk membuktikannya anda bisa meraba permukaan kain balotelli dengan permukaan tangan.

6. Kainnya Cenderung Ringan

Sekalipun termasuk ke dalam jenis kain yang cukup tebal, namun kain balotelli jatuhnya akan tetap ringan. Hal inilah yang kemudian menarik perhatian banyak orang untuk menggunakan kain balotelli sebagai bahan pakaian pria maupun pakaian wanita.

Keunggulan Kain Balotelli

Berdasarkan karakteristik yang dimilikinya kain balotelli sejatinya mampu menawarkan sejumlah keunggulan tersendiri saat digunakan sebagai bahan pakaian, baik itu pakaian muslim, pakaian pria maupun pakaian wanita.

1. Tidak Membentuk Lekuk Tubuh

Karakteristik paling menonjol dari kain balotelli yang selanjutnya yaitu tidak melekat ke tubuh atau menampakkan lekuk tubuh jika sedang dipakai. Kain ini sangat cocok digunakan untuk pakaian muslim.

2. Mampu Menutup Tubuh Dengan Sempurna

Keunggulan lain dari kain balotelli yaitu mampu menutup tubuh dengan sempurna karena bahan kainnya cenderung tidak menerawang saat digunakan dan serat kainnya lebih rapat dibandingkan dengan jenis kain yang lain.

3. Tebal Tapi Ringan Saat Dikenakan

Beberapa kain yang tebal biasanya akan menjadi berat saat dikenakan namun hal ini tidak berlaku pada kain balotelli sebab jenis kain yang satu ini akan tetap terasa sangat ringan. Cocok dipakai untuk membuat jilbab, rok bahkan gamis.

4. Bersifat Adem Saat Digunakan

Dalam bentuk pakaian, kain balotelli akan memiliki kesan yang adem dan nyaman saat dipakai terlebih lagi untuk jenis kain balotelli yang gradenya paling tinggi.

5. Harganya Relatif Murah

Harga yang ditawarkan untuk kain balotelli biasanya tidak terlalu mahal. Hal ini kemudian juga menjadi keunggulan tersendiri mengingat kain balotelli ini punya banyak keistimewaan yang ditawarkan.

6. Kain Balotelli Tidak Mudah Kusut

Meski digunakan untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan banyak gerak, tampilan kain balotelli umumnya akan tetap rapi dan tertata. Bahan yang dimiliki juga tidak mudah kusut.

7. Kain Balotelli Mudah Diatur

Kain balotelli sangat mudah diatur dan ditata termasuk ketika digunakan untuk membuat hijab sebagai pelengkap gaya berpakaian pawa wanita muslim.

8. Ketersedian Bahannya Melimpah

Kain balotelli terkenal sebagai bahan kain yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Saking banyaknya bahkan tidak sedikit konveksi yang menggunakan bahan ini untuk produksi pakaian muslim, pakaian pria dan pakaian wanita secara masal.

9. Banyak Pilihan Warna dan Motifnya

Kain balotelli hadir dengan berbagai pilihan warna yang sangat beragam dan dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. Mulai dari warna yang polos, cerah hingga jenis kain yang bermotif.

Kekurangan Kain Balotelli

Sekalipun menawarkan banyak keunggulan, tidak dapat dipungkiri bahwa kain balotelli sebenarnya juga memiliki beberapa kekurangan tersendiri. Berikut daftar kekurangan dari kain balotelli yang sebaiknya anda tahu.

1. Kasar dan Agak Bergaris Saat Diraba

Kain Balotelli mempunyai struktur yang sedikit kasar karena motifnya bergaris dan kotak-kotak. Meski demikian kekurangan ini tidak begitu berpengaruh karena tetap banyak yang menjadikannya untuk pakaian muslim, pakaian pria maupun pakaian wanita.

2. Terasa Panas saat Digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa kain balotelli jenisnya ada banyak dan antara satu grade dengan yang lain memiliki kualitas berbeda.

  • Kain balotelli dengan grade yang paling bawah terkadang terasa panas saat digunakan.
  • Karena panas secara otomatis kain ini akan menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri ketika dipakai untuk pakaian muslim, pakaian pria maupun pakaian wanita.

3. Jatuhnya Tidak Sebaik Wolfis

Kain balotelli jatuhnya tidak sebaik kain wolfis. Karena itulah untuk membuat model pakaian yang terkesan jatuh penggunaan kain ini akan jadi kurang maksimal.

4. Saat Digunakan Terasa Kaku

Beberapa jenis kain balotelli terkadang akan terasa kaku saat digunakan. Meski demikian, kekurangan ini biasanya sudah dianggap suatu hal yang wajar dan bukan berarti jenis kain tersebut tidak bagus.

Pemanfaatan Kain Balotelli

Dengan berbagai kelebihan dan sifat yang dimilikinya kain balotelli sudah jelas akan terlihat sangat bagus bila dijadikan sebagai bahan utama berbagai macam pakaian. Bagi anda yang suka bereksperimen anda bisa menamfaatkan kain ini untuk bahan gamis, hijab, jubah, celana, rok dan masih banyak lagi.

1. Gamis

Gamis menjadi salah satu model pakaian wanita yang banyak dibuat dari kain balotelli. Selain lebih nyaman, bahan kainnya yang tidak menerawang juga memungkinkan anda untuk tetap tampil gaya tanpa perlu khawatir tubuh anda akan tampak dari luar.

Beberapa model gamis yang bisa anda buat dari bahan kain balotelli ini diantaranya:

  • Gamis ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depannya untuk memudahkan pemakainya saat menyusui.
  • Gamis full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depannya.
  • Gamis peplum yang simple dan sederhana. Gamis model ini bisa memberikan ilusi lebih ramping pada tubuh saat dikenakan.
  • Gamis cape yang memiliki detail cukup unik karena dilengkapi dengan sebuah cape pada badan bagian atasnya.
  • Gamis layering yang memiliki aksen bertumpuk pada bagian badannya.
  • Gamis wanita model lurus dan gamis wanita model berpinggang yang memiliki potongan simple.

2. Hijab

Selain diburu oleh para muslimah untuk bahan gamis karena dianggap memenuhi standard bahan busana yang sesuai syariat yaitu tidak menerawang, dingin dan tidak mencetak lekuk tubuh kain balotelli belakangan juga banyak dimanfaatkan untuk hijab.

3. Blouse Wanita

Blouse wanita belakangan juga termasuk ke dalam jenis pakaian yang banyak memanfaatkan kain balotelli sebagi bahan utamanya. Untuk mendukung penampilan agar terlihat lebih menarik, kini blouse banyak diciptakan dalam berbagai desain dan varian sehingga tampilannya tidak monoton.

Kain Balotelli

Sumber : https://pikdo.net/

4. Long Cardigan

Long cardigan yang memiliki desain dan potongannya simple dengan panjang hingga ke betis bahkan mencapai mata kaki menjadi model pakaian berikutnya yang juga bagus bila dibuat dengan bahan balotelli.

Untuk menyempurkan penampilan anda agar terlihat lebih modis dan stylish anda bisa memadupadankan long cardigan dengan item fashion lain seperti jeans, rok dan juga maxi dress.

  • Padupadankan long cardigan dengan jeans dan juga kaos polos untuk pelengkap gaya casual.
  • Bagi anda yang suka berpenampilan feminim padupadankan long cardigan dengan rok pensil atau rok dengan aksen lipit berpotongan A-line.
  • Khusus untuk pelengkap gaya busana muslim kenakan maxi dress kesayangan anda dengan long cardigan.

Kain Balotelli

Sumber : http://www.instazu.com/

5. Rok

Rok merupakan pakaian wanita yang penggunaannya dimulai dari bagian pinggul kebawah menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki. Model rok yang bisa anda buat dari bahan balotelli pun bermacam-macam bisa berupa rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi atau model rok floor.

Kain Balotelli

Sumber : http://www.soganbatik.com/

6. Kemeja

Tidak kalah menarik dari item fashion sebelumnya, kemeja yang sangat identik dengan gaya pria pada perkembangannya juga mulai banyak dibuat dari kain balotelli. Baik itu dalam bentukslim fit maupun regular fit, kemeja akan membuat penampilan anda jadi terkesan rapi dan menarik.

Ingin membuat kemeja sendiri tapi bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola kemeja kasual slim fit dan pola kemeja kasual reguler dari kami.

7. Baju Koko

Baju koko merupakan baju dengan kerah tegak di leher yang dilengkapi dengan sejumlah kancing dibawahnya. Model baju semacam ini biasanya sering dipakai oleh para pria muslim saat beribadah ke masjid namun kini juga banyak masyarakat umum yang memakainya untukkeperluan kerja atau sekedar hangout. 

Kain Balotelli

Sumber : http://myzaleera.com/

Bagi anda yang ingin membuat baju koko sendiri anda bisa mendownload pola baju koko dari kami Di Sini.

8. Celana Panjang

Memenuhi kebutuhan pria dan wanita akan pakaian yang berkualitas, kain balotelli yang memiliki karakteristik tebal dan kuat pada prinsipnya juga akan terlihat sangat bagus bila dibuat dari kain balotelli. Untuk model celananya sendiri anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Kain Balotelli

Sumber : https://m.tokopedia.com/

Temukan pola celana pria dan pola celana wanita dari kami Di Sini. Untuk anda yang ingin membuat celana model kulot, anda bisa mendownload polanya Di Sini.

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan bahan kain balotelli lengkap dengan karakteristik dan penggunananya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis kain yang bagus untuk pakaian anda simak terus artikel dari kami ya.

Mencari kain balotelli berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria maupun pakaian wanita?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi kain balotelli kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.