Article

Homepage Article Kain Tekstil 9 Jenis Bahan Yang Dapat…

9 Jenis Bahan Yang Dapat Digunakan Sebagai Pelapis Tas

Ingin membuat tas dari bahan kain biasa namun ragu jika hasilnya kurang bagus dan terkesan tidak menarik?. Sahabat Fitinline tidak perlu khwatir, anda bisa menambahkan beberapa bahan berikut untuk melapisi bagian dalam tas agar bentuknya terlihat lebih bagus dan tidak berubah-ubah.

Bahan pelapis yang dimaksud tersebut diantaranya berupa busa lapis, busa ati, busa teri, busa polyfoam, dakron lembaran, kain keras (T103), staplek, laken, dan pelon.

Busa Pelapis Tas

Sumber : http://craftalova.blogspot.co.id/

Busa Lapis

Busa lapis termasuk kedalam jenis busa pelapis kain yang memiliki tekstur rapat di salah satu sisinya sementara di sisi lain ada semacam tambahan lapisan atau kain. Busa lapis ini tersedia dalam berbagai ukuran ketebalan dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Sayangnya untuk pemakaian dalam jangka waktu lama busa ini bisa menjadi kempes. 

Busa Pelapis Tas

Sumber : http://id.pricepedia.org/

Busa Ati

Busa ati yang biasa digunakan sebagai pelapis tas umumnya memiliki tekstur yang sangat kenyal dan padat. Beberapa dijual dalam bentuk potongan dengan ukuran tertentu, namun ada juga yang dijual dalam bentuk gulungan atau meteran. Busa ati ini umumnya dapat dijumpai pada bagian badan tas, alas tas, flap (tutup), atau handle tas. 

Busa Pelapis Tas

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Busa Teri

Busa teri sebenarnya memiliki tekstur yang sangat mirip dengan busa lapis, bedanya busa teri ini cenderung lebih awet dari pada busa lapis. Busa teri ini juga dilengkapi dengan semacam lapisan kain di satu sisinya, sehingga sangat sesuai jika digunakan sebagai bantalan bagian punggung tas ransel atau pelapis tas laptop tanpa harus memakai lining lagi.

Busa Pelapis Tas

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Busa Polyfoam

Busa polyfoam yang biasa digunakan sebagai pelapis tas ini pada dasarnya memiliki permukaan yang mengkilat dan licin, bentuknya sedikit bergelombang seperti permukaan asbes namun tidak begitu terlihat. Busa polyfoam lebih kenyal dari pada busa ati dan biasa dipakai sebagai interlining handle tas ransel.

Busa Pelapis Tas

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Dakron Lembaran

Dakron lembaran atau yang biasa disebut dengan padding mempunyai berbagai macam fungsi, salah satunya untuk pelapis bagian dalam tas. Sebagai batting (bahan pelapis antara) dakron lembaran tersebut sangat sesuai jika diaplikasikan pada tas quilting. 

Busa Pelapis Tas

Sumber : http://ljfiber.com/

Namun untuk menghasilkan efek yang bagus dan sedikit bervolume bahan tersebut harus harus dijahit tindas dengan kain menggunakan Sepatu Quilting (Even-Feed Foot/Walking Foot), agar kain tidak tertarik dan berkerut saat dijahit.

Busa Pelapis Tas

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain Keras (T103)

T103 merupakan salah satu jenis bahan pelapis interlining yang memiliki serat seperti pulp. Meski teksturnya mirip kertas namun kain keras ini memiliki karakteristik sangat kuat dan tidak mudah sobek. Permukaannya kain keras T103 ini pada dasarnya sedikit bertekstur dengan serabut-serabut halus yang bermunculan disepanjang luasan bahan.

Staplek

Staplek termasuk kedalam salah satu jenis kain keras yang biasa digunakan untuk memberi efek tegak pada kerah pakaian. Beberapa dilengkapi dengan lem di satu sisinya tetapi ada juga yang tidak diberi dengan tambahan lem. Staplek yang bagus untuk pelapis tas yaitu berupa staplek yang dilengkapi dengan lem.

Busa Pelapis Tas

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Laken

Laken merupakan salah satu batting (bahan pelapis antara) yang biasa digunakan untuk memberikan efek lebih berisi dan agak berat pada tas handmade. Teksturnya seperti flanel namun agak berbulu, bagian bolak baliknya sama, dan daya elastisnya sangat rendah. Laken sendiri tersedia dalam berbagai macam jenis, mulai dari laken yang kasar sampai laken yang halus.

Pelon

Pelon yang biasa digunakan sebagai bahan pelapis tas umumnya cenderung lebih cepat lengket jika disetrika, harganya pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan staplek. Tekstur permukaan pelon yang ada lemnya agak kasar. 

Busa Pelapis Tas

Sumber : http://widya-nursita.blogspot.co.id/

Bila sahabat Fitinline memiliki referensi bahan lain yang dapat digunakan sebagai pelapis tas, share yaa...

Semoga bermanfaat.

Mencari kain kanvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat tas?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kanvas motif kami Di sini.

Kain Kanvas Motif

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.