Article

Homepage Article Kain 7 Model Gorden Yang Bisa…

7 Model Gorden Yang Bisa Diandalkan Untuk Hunian Berkonsep Minimalis

Menyukai desain rumah berkonsep minimalis yang memiliki banyak jendela kaca?. Untuk mempercantik tampilan rumah agar tidak terkesan monoton penting bagi anda untuk memilih model gorden minimalis yang tepat dan bisa diandalkan untuk menghalangi cahaya serta menambah nilai estetik sebuah ruangan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Gorden

Gorden dapat didefinisikan sebagai potongan kain atau tekstil yang biasanya dipasang dengan cara digantung di bagian dalam jendela suatu bangunan. Tujuan utama digunakannya gorden ini tidak lain adalah untuk menghalangi pancaran cahaya dari luar rumah serta menjaga privasi pemilik rumah dengan cara menahan akses pandangan orang dari arah luar.

Model Gorden

Sumber : http://www.curtainsmarket.com

Selain difungsikan untuk menghalangi masuknya cahaya dari luar ruangan dan juga menutup jendela, gorden sebenarnya juga bisa diandalkan sebagai salah satu ornamen yang menambah nilai estetik sebuah hunian lho. Untuk rumah yang berkonsep minimalis misalnya anda bisa memilih model gorden sederhana yang disesuaikan dengan warna cat.

Model Gorden

Sumber : https://www.tuffarm.com/

Model Gorden

Beberapa contoh model gorden minimalis yang bisa anda pilih untuk menutup jendela sekaligus pelengkap dekorasi rumah diantaranya ada gorden ripple fold, tailored plaid, pinch pleat, inverted pleat, grommet, goblet dan rod pocket.

1. Gorden Ripple Fold

Gorden ripple fold merupakan salah satu jenis model gorden minimalis yang memiliki tampilan sangat indah karena didesain dengan lengkungan yang lebih dinamis.

  • Gorden ripple fold memiliki bentuk yang lebih rapi dibandingan dengan jenis lainnya.
  • Gorden ripple fold biasanya sering dipilih karena memiliki lipatan yang tampak lembut dan terkesan jatuh.
  • Gorden ripple fold paling cocok diterapkan pada ruangan yang bertema santai.

Model Gorden

Sumber : https://www.etsy.com/

2. Tailored Pleat

Tailored pleat merupakan model gorden jendela minimalis yang tiap tiga lipatan dijahit ujung atasnya sehingga mengerucut. Tiap jepitan pada gorden inipun umumnya memiliki jarak tertentu sehingga membuat tampilannya tampak lebih rapi namun tetap terkesan santai.

Model Gorden

Sumber : https://rh.com/

3. Pinch Pleat

Gorden model pinch pleat juga termasuk ke dalam model gorden minimalis yang didesain dalam bentuk lipatan kemudian “dijepit”. Kalau tailored pleat yang dijepit di bagian atas, maka gorden pinch pleat dijepit pada 5 cm atau lebih dari atas gorden.

  • Seperti gorden jenis tailored, gorden pinch pleat umumnya juga menjepit dua atau tiga lipatan sekaligus.
  • Jarak antar lipatan pada gorden pinch pleat dibuat sama sehingga bentuknya tetap seimbang.
  • Semakin banyak lipatan berarti semakin banyak kain yang diperlukan untuk membuat gorden.

Model Gorden

Sumber : https://www.bedbathandbeyond.com/

4. Inverted Pleat

Inverted pleat merupakan model gorden jendela minimalis yang dilipat dengan satu lipatan kanan kiri kemudian dijahit rapi pada bagian atasnya. Tumpukan yang ada di setiap lipatan gorden ini mampu memberi kesan lebih formal sekaligus cantik pada tampilan jendela.

  • Gorden model inverted pleat sepintas tampak seperti layaknya rok dengan rimpel cantik yang rapi.
  • Gorden model inverted pleat lebih cocok digunakan untuk menutupi area jendela yang ukurannya tidak begitu besar agar tidak terlihat ramai.

Model Gorden

Sumber : https://www.helloalva.com/

5. Grommet

Grommet merupakan jenis gorden jendela minimalis yang memiliki kemiripan dengan gorden ripple namun cara pemasangannya berbeda. Karena pada bagian atasnya terdapat ring-ring besi maka gorden ini tidak membutuhkan pengait khusus ketika dipasang pada jendela.

  • Grommet memiliki jarak antar lipatan yang sedikit lebih rapat dibanding ripple fold namun lebih bergelombang.
  • Grommet sangat cocok dipasang pada ruangan yang berkonsep santai atau pada jendela dengan ukuran kecil hingga sedang.
  • Selain itu gorden ini juga dapat digunakan pada ruang tamu untuk memberikan kesan yang ramah dan terbuka.

Grommet yang terbuat dari kain berbahan ringan sangat cocok jika dipasang pada kamar tidur anak. Grommet dengan bahan yang lebih berat cocok untuk kamar tidur bergaya modern atau ruang keluarga.

Model Gorden

Sumber : https://www.westelm.com/

6. Goblet

Gorden jendela minimalis model goblet secara umum memiliki bentuk yang unik dengan filing pada bagian atas gorden. Gorden ini dapat dipakai untuk memberikan kesan yang lebih formal dan rapi tanpa menghilangkan kesan minimalis dalam ruang tamu.

Model Gorden

Sumber : https://www.blinds-curtains-and-more.co.za/

7. Rod Pocket

Gorden rod pocket termasuk ke dalam model gorden minimalis yang memiliki bentuk lipatan lebih rapat lipatan dan cenderung mengkerut. Cara pemasangannya pun terbilang sangat sederhana yakni cukup digantung pada tiang horizontal.

  • Bagian atas dari gorden rod pocket biasanya telah dibuat tempat untuk memasukan besi penahan gorden.
  • Dengan tampilannya yang sangat sederhana dan minimalis gorden ini sangat cocok dipakai dipakai pada ruang tamu maupun kamar tidur.

Model Gorden

Sumber : https://www.etsy.com/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya gorden jendela minimalis secara umum dapat dibuat dari berbagai macam jenis kain yang berbeda, beberapa diantaranya:

  • Kain blackout yang memiliki kemampuan cukup sempurna untuk menghalangi masuknya cahaya matahari kedalam sebuah ruangan.
  • Kain chenille yang memiliki susunan serat kain cukup rapat sehingga tidak mudah robek saat digunakan sebagai gorden rumah.
  • Kain blacu (kain greige) yang belum melalui proses finishing atau belum mengalami proses celup warna sehingga tampilannya lebih natural.
  • Kain katun Jepang yang terbuat dari 100% bahan organik tanpa ada campuran bahan sintetis lainya.  Kain katun Jepang dengan kualitas terbaik biasanya dilengkapi dengan watermark “Japan Design” beserta kode warna kain pada bagian sisi ujungnya.
  • Kain katun rayon yang diperoleh dari kombinasi serat kapas dan rayon sehingga memiliki tampilan yang lebih bercahaya dan berkilau.
  • Kain katun rayon tekstur bahannya cenderung agak licin dan ringan.
  • Kain linen holland yang memiliki karakteristik sangat khas dibanding bahan linen lainnya.
    • Linen holland merupakan bentuk variasi lain dari kain linen yang tenunannya sengaja dibuat longgar.
    • Kain ini dibuat dengan mencampur minyak dan pati sehingga menghasilkan kain yang cenderung buram dan sulit ditembus oleh sinar matahari.

Kesimpulan

Sampai disini dulu pembahasan singkat mengenai tipe-tipe gorden jendela untuk hunian berkonsep minimalis yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui berbagai tipe gorden yang ada, semoga kedepannya anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih model gorden yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.