Article

Homepage Article Kain Tekstil 8 Variasi Motif Stripe Pada…

8 Variasi Motif Stripe Pada Bahan Kain

Dalam dunia tekstil dikenal banyak sekali motif kain yang dapat diaplikasikan untuk membuat pakaian. Selain motif kotak-kotak ada juga motif kain berbentuk garis-garis yang biasa disebut dengan nama stripe. Bergantung pada kreatifitas anda dalam mengkreasikannya, kain bermotif garis-garis ini sebenarnya bisa diaplikasikan secara vertikal maupun horizontal.

Motif Stripe

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meski sama-sama bercorak stripe namun anda juga harus tahu jika setiap motif garis tersebut pada dasarnya memiliki jenis dan istilahnya sendiri sesuai dengan besar kecilnya garis. Untuk lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Motif Stripe

Sumber : http://www.newfoundlust.com/

Awning Stripe

Nama awning berasal dari pola garis yang biasa ditemukan pada tenda. Motif ini umumnya terdiri dari garis dengan warna solid dan background putih yang memiliki ukuran kurang lebih 1/4 inchi pada setiap garisnya. 

Motif Stripe

Sumber : https://shop.magnoliamarket.com/

Bengal

Tidak seperti awning stripe, motif bengal umumnya memiliki garis yang sedikit lebih tipis. Terdiri dari garis-garis dengan warna solid dengan latar berwarna putih.

Motif Stripe

Sumber : https://www.louisiishirts.com/

Candy Stripe

Motif stripe yang satu ini pada dasarnya memiliki corak yang cenderung lebih tipis dari motif bengal. Masing-masing garis yang terdapat pada motif candy stripe rata-rata memiliki ukuran lebar 1/8 inchi sehingga tampilannya cenderung lebih padat.

Motif Stripe

Sumber : http://www.ebay.co.uk/

Pencil Stripe

Motif pencil stripe memiliki pola garis yang lebih tipis dari candy stripe. Motif garisnya maksimal hanya sebesar guratan pada pensil dengan lebar antar garis bervariasi. 

Motif Stripe

Sumber : http://www.alexander-west.com/

Pin Stripe

Garis-garis yang terdapat pada motif pin stripe umumnya cenderung lebih tipis dari motif pencil stripe. Ukuran garisnya rata-rata hanya sebesar 1 atau 2 helai benang atau terkadang patah-patah dengan lebar yang bervariasi dalam pengaplikasiannya.

Motif Stripe

Sumber : http://finefabrics.com/

Hairline Stripe

Hairline stripe terbentuk dari garis-garis tipis yang memiliki lebar seperti rambut. Garis ini biasanya memiliki susunan yang sangat rapat sehingga efek yang dihasilkan cenderung solid dan berstektur. Motif ini sangat sesuai jika diaplikasikan pada kemeja.

Motif Stripe

Sumber : http://www.alexander-west.com/

Bar Code Stripe

Sesuai dengan namanya motif kain yang satu ini pada dasarnya memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan sebuah bar code. Pola ini terdiri dari dua warna garis atau lebih yang bervariasi dan berbeda ukuran satu sama lain.

Motif Stripe

Sumber : https://www.spoonflower.com/

Shadow Stripe

Shadow stripe memiliki pola garis yang menempel dengan garis lainnya sehingga menciptakan efek bayangan. Garis ini memiliki lebar yang bervariasi dan biasanya terdiri dari dua atau tiga warna yang berbeda.

Motif Stripe

Sumber : http://www.alexander-west.com/

Dari ke delapan motif kain yang telah disebutkan di atas? Sahabat Fitinline lebih sering menggunakan motif yang mana?.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.