Article

Homepage Article Fesyen Muslim 8 Model Gamis Terpopuler…

8 Model Gamis Terpopuler Lengkap Dengan Bahan Kain Untuk Membuatnya

Suka berpenampilan fenimim dalam keseharian anda?. Khusus untuk anda yang berhijab sesekali anda wajib mencoba memakai gamis yang memiliki desain cukup unik dan menarik. Selain modelnya sangat bervariasi gamis itu sendiri ternyata juga bisa dibuat dari berbagai jenis kain yang berbeda lho.

Pengertian Gamis

Gamis merupakan pakaian muslim wanita asal Timur Tengah yang sebenarnya sudah ada sekitar 4000 tahun yang lalu. Meski sudah ada sejak lama tapi perkembangan gamis ini baru mulai tampak ketika islam berjaya sekitar abad ke-7, disusul dengan lahirnya berbagai macam model gamis modern seperti yang ada saat ini. 

Model Gamis

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Sebagai pakaian muslim yang kini semakin eksis di dunia fashion, secara umum gamis banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Beberapa ada juga yang dilengkapi dengan detail tertentu untuk mempercantik tampilannya. 

Model Gamis

Sumber : https://www.blibli.com/

Khusus di Indonesia sendiri baju gamis yang diproduksi di sejumlah butik maupun garment umumnya memiliki sedikit perbedaan dengan gamis di Timur tengah yang didominasi warna hitam dan putih. Gamis di Indonesia rata-rata warnanya relatif lebih beragam bahkan ada juga yang divariasikan dengan kain bermotif batik. 

Model Gamis

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Tips Memilih Gamis

Tertarik untuk menjadikan gamis sebagai busana andalan sehari-hari?. Supaya tidak salah pilih simak dulu yuk pembahasan mengenai beberapa hal penting yang wajib anda pertimbangkan ketika memilih gamis.

  1. Dalam memilih gamis usahakan untuk selalu memilih model gamis yang sesuai dengan bentuk tubuh terutama bagian badan dan lengannya.
  2. Untuk alasan kenyamanan pilih bahan gamis yang memiliki karakteristik lembut dan tidak panas ketika digunakan untuk waktu lama.
  3. Pilih ukuran gamis yang sesuai dengan ukuran tubuh. Baik itu dari segi ukuran panjangnya, lingkar lengannya maupun lingkar badannya.

Model Gamis

Sumber : https://fashionmuslim.info/

Simak juga 6 Tips Memilih Model Gamis Sesuai Bentuk Tubuh kalau anda masih menemukan sedikit kesulitan ketika harus memilih gamis.

Model Gamis Wanita

Mencari model gamis kekinian yang dapat dipakai untuk keperluan formal maupun casual?. Berikut kami rekomendasikan beberapa model gamis wanita yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya sehari-hari.

Gamis Ruffle

Model gamis pertama yang bisa anda coba yaitu berupa gamis yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya. Ukuran ruffle yang ditambahkan pada gamis ini pun bisa dibuat besar atau kecil sesuai kebutuhan pemakainya.

Keberadaan aksen rimpel yang khas pada gamis ruffle tidak hanya membuat tampilan anda terkesan feminim tapi juga makin trendy dan stylish dalam waktu bersamaan. Kalau anda ingin menghadiri acara yang bersifat formal gamis ruffle ini juga bisa dijadikan alternatif pilihan model baju yang tepat lho. 

Model Gamis

Sumber : https://www.debusana.com/

Buat anda yang ingin tahu lebih banyak tentang teknik pembuatan detail ruffle simak juga pembahasan mengenai 3 Cara Mudah Membuat Ruffle : Dengan Tangan, Mesin Jahit Biasa dan Sepatu Jahit Khusus.

Gamis Lengan Lonceng

Gamis lengan lonceng merupakan salah satu model gamis wanita yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng. Berdasarkan desain dasarnya lengan lonceng sendiri sebenarnya diperoleh dari pengembangan lengan licin yang kemudian bentuk bagian bawahnya dibuat membesar.

Model Gamis

Sumber : https://hijabenka.com/

Untuk membuat gamis lengan lonceng, bagian badan dari model gamis ini sebenarnya bisa dibuat dalam bentuk yang sama dengan badan gamis biasa atau diberi tambahan variasi seperti misalnya tali atau draperi agar lebih manis. Pemilihan aksen untuk gamis ini bebas asal penggunanya merasa nyaman tidak jadi masalah. 

Model Gamis

Sumber : https://www.debusana.com/

Mau tahu bagaimana cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk membuat lengan lonceng?. Anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai cara Membuat Lengan Lonceng (Bell Sleeve) pada artikel Fitinline terdahulu.

Gamis Busui

Gamis busui merupakan model gamis yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depannya. Tujuan utama mengapa model gamis wanita ini dilengkapi dengan kancing atau ritsleting yakni untuk memudahkan pemakainya untuk menyusui buah hati ketika sedang beraktifitas diluar rumah. 

Model Gamis

Sumber : https://www.instahats.com/

Gamis Full Kancing

Gamis full kancing merupakan jenis gamis yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depannya. Jika dilihat sekilas gamis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan blouse wanita atau kemeja wanita yang memiliki bukaan kancing depan hanya saja ukurannya dibuat sangat panjang mencapai bagian mata kaki.

Sekalipun model gamis wanita ini memiliki banyak kancing tapi gamis ini tetap bisa menjaga aurat dengan baik lho. Desainnya yang istimewa dan sederhana sangat cocok dipakai untuk menemani aktifitas anda sehari-hari. Misal untuk kuliah, untuk kerja ataupun untuk keperluan lain seperti hangout.

Model Gamis

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Gamis Peplum

Gamis peplum termasuk ke dalam model gamis wanita yang simple dan sederhana. Detail peplum yang ada pada gamis ini sangat sesuai jika digunakan untuk memberikan ilusi lebih ramping sehingga kesan yang terlihat pada tubuh pemakainya akan menjadi sedikit lebih panjang dan jenjang. 

Model Gamis

Sumber : https://www.debusana.com/

Gamis Cape

Gamis cape termasuk ke dalam model gamis wanita yang memiliki detail cukup unik karena dilengkapi dengan sebuah cape pada badan bagian atasnya. Desain dan potongan cape yang cukup longgar memungkinkan lekuk bagian tubuh anda tetap tersembunyi saat memakai gamis model ini.

Model Gamis

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat gamis wanita model terbaru dengan pola baju yang sudah jadi?. Sahabat fitinline bisa mendapatkan polanya Di Sini.

Gamis Ikat

Gamis wanita model ikat sebenarnya diperoleh dari pengembangan gamis biasa yakni pada sisi kiri dan kanannya di beri tambahan draperi. Untuk memberikan kesan yang lebih manis, draperi pada gamis tersebut biasanya dapat dikatkan di bagian badan depan sesuai kebutuhan pemakainya.

Model Gamis

Sumber : https://www.debusana.com/

Gamis Layering

Gamis layering merupakan salah satu model gamis yang memiliki aksen bertumpuk pada bagian badannya. Sepintas gamis ini tampak seperti layaknya tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal sebenarnya bukan. Gamis layering ini sangat cocok digunakan untuk acara yang special seperti layaknya pesta.

Model Gamis

Sumber : https://www.baronytavern.com/

Bahan Untuk Membuat Gamis

Setelah menyimak penjelasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan kalau model gamis itu sangat bervariasi. Selain modelnya lumayan banyak, jenis bahan kain yang bisa digunakan untuk gamis pada prinsipnya juga sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya lho.

Kain Satin

Kain satin merupakan jenis bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat gamis. Kain satin ini sebenarnya merupakan versi sintesis dari kain sutra yang dibuat dari serat buatan seperti polyester. Di pasaran kain satin ini sebenarnya punya banyak sekali varian tapi yang paling banyak dipakai untuk gamis yaitu berupa kain satin sutra hermes, kain satin bridal jepang, kain satin silk serta kain satin velvet.

Beberapa ciri paling khas dari kain satin yang biasa dipakai untuk gamis diantaranya:

  1. Permukaannya cenderung licin dan mengkilap di bagian luar.
  2. Kain satin umumnya ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga teksturnya menjadi sangat halus.
  3. Bahan satin banyak dipilih untuk membuat gamis terutama gamis pesta karena memberikan kesan glamour, feminim dan anggun kepada penggunanya. 

Model Gamis

Sumber : https://gamismodelbaru.com/

Menemukan kesulitan saat menjahit kain satin?. Sahabat Fitinline bisa menyimak kembali pembahasan tentang Tips Menjahit Kain Satin pada artikel Fitinline terdahulu.

Kain Roberto Cavali

Kain roberto cavali pada umumnya cenderung lebih halus, lebih lembut, tidak terlalu mengkilap jika dibanding kain satin velvet. Kain ini juga dikenal lebih menyerap keringat sehingga akan terasa sangat nyaman saat digunakan untuk membuat gamis yang dipakai di negara tropis.

Model Gamis

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain Katun

Kain katun dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis kain berkualitas yang umumnya terbuat dari serat kapas. Sebagai bahan gamis kain katun ini ada yang dibuat dalam bentuk polos ataupun bermotif. Ciri paling khas dari kain katun yang biasa dipakai untuk bahan gamis diantaranya:

  1. Kainnya terasa dingin.
  2. Mudah menyerap keringat.
  3. Nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  4. Tidak mudah kusut.
  5. Warna kain katun tidak luntur.
  6. Harga kain katun relatif terjangkau.

Dibalik sejumlah kelebihannya, kain katun untuk gamis ini sebenarnya juga punya kelemahan tersendiri lho. Salah satunya yakni bahan kain katun ini cenderung agak sedikit kaku dan rentan terhadap jamur. 

Model Gamis

Sumber : https://indo.bestpriceupdate.com/

Kain Shantung

Kain shantung dikenal sebagai bahan kain yang bersifat kaku namun cukup lembut, halus dan juga dingin. Bahan ini pada umumnya digunakan untuk pembuatan batik cap dan batik printing yang diimplementasikan kedalam berbagai model baju wanita termasuk gamis. Sifat kain shantung itu yang dingin sangat cocok digunakan untuk membuat pakaian harian. 

Model Gamis

Sumber : http://modelmu.com/

Kain Chambray

Kain chambray dikenal sebagai salah satu jenis kain tekstil yang diciptakan dari serat alami berupa kapas. Sekalipun tampilan fisik kain cambray ini lebih menyerupai bahan denim, namun kain chambray yang diciptakan dalam berbagai macam warna tetap nyaman dan dingin saat dikenakan untuk membuat gamis casual. 

Model Gamis

Sumber : https://cibungur.web.id/

Kain Linen

kain linen dapat diklasifikasikan kedalam jenis bahan gamis yang memiliki karakteristik cukup unik dan istimewa karena dibuat dari serat alami tumbuhan rami.  Ciri yang paling khas yakni bahan linen akan terasa sangat sejuk saat dikenakan didaerah yang bersuhu panas dan akan bersifat menghangatkan ketika cuaca dingin.

Model Gamis

Sumber : https://estrellashop.id/

Kain Katun Rayon

Diantara sekian banyak bahan gamis yang ada terdapat satu jenis kain yang memiliki karakteristik cukup unik, bahan kain yang dimaksud yaitu berupa kain katun rayon. Keunggulan dari kain katun rayon yaitu memiliki sifat yang lebih tahan lama dari katun, lembut di kulit namun mudah kusut.

Kain Sutra Cina (Icewash)

Kain sutra cina merupakan bahan gamis yang dibuat dari tenunan sederhana serat sutra.  Secara umum kain ini memiliki karakteristik ringan meski cukup tebal dan tidak bertekstur sehingga sangat lembut ketika disentuh. Kain sutra cina kebanyakan diproduksi dengan lebar 1.2 meter meski ada juga yang lebarnya 1.5 meter.

Kain Saudi

Kain saudi merupakan salah satu jenis kain yang bersifat sangat halus bahkan lebih halus dan dingin jika dibandingkan dengan sutra cina. Kain saudi yang dijual di pasaran umumnya diproduksi dengan lebar 1.5 meter dan tersedia dalam berbagai variasi warna. Warna yang dimaksud yakni berupa warna hijau toska, hitam, pink susu, coklat tua serta ungu tua.

Kain Serena

Kain serena merupakan jenis kain yang memiliki tekstur lembut dan padat dengan berat jenis sekitar 0.21 kg/m2 sehingga nyaman dipakai dan dikenal memiliki karakter lembut dan dingin.

Kain Jetblack

Kain jetblack termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki permukaan polos. Jenis kain ini umumnya diproduksi dengan lebar 1.15 meter dan hanya tersedia dalam satu warna saja yaitu warna hitam.

Ciri paling khas dari kain jetblack yang membedakannya dengan jenis kain lain yaitu:

  1. Kain jetblack hanya dibuat dalam satu warna saja, warna yang dimaksud adalah warna hitam.
  2. Kain jetblack memilili karakteristik ringan, lembut, dingin, dan tidak transparan. 

Model Gamis

Sumber : http://jubahakhwat.com/

Kain Wolly Crepe

Kain wolly crepe merupakan salah satu bahan kain yang biasa disebut juga sebagai kain arab seperti halnya kain wolvis dan juga kain torino. Sesuai dengan namanya kain wolly crepe  ini umumnya  mempunyai tekstur berpasir atau keriput.

Karakteristik paling menonjol dari bahan kain wolly crepe yaitu:

  1. Bahan kain wolly crepe agak sedikit panas tetapi cenderung ringan
  2. Kain wolly crepe tidak terlalu tebal, halus dan lembut namun tidak begitu licin karena wolly crepe memiliki tekstur yang khas seperti berpasir. 

Model Gamis

Sumber : https://www.blanja.com/

Kain Thaisilk

Kain thaisilk merupakan jenis kain yang memiliki karakteristik mengkilat, tipis, lembut, tidak kaku sehingga nyaman dipakai dan berkesan mewah ketika diaplikasikan pada gamis. Selain dipakai untuk gamis kain thaisilk ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk membuat aneka jenis pakaian seperti celana, blouse, bustier, dan masih banyak lagi.

Kain Balotelli

Kain balotelli termasuk ke dalam jenis kain yang masih satu kerabat dengan kain katun. Sebagai salah satu bagian penting dalam industri garment dan konveksi kain balotelli umumnya banyak digunakan untuk membuat gamis kerja, gamis casual, blouse formal, celana panjang, kemeja.

Ciri-ciri umum bahan balotelli yang paling khas yaitu:

  1. Kain balotelli bahannya lumayan jatuh.
  2. Memiliki daya serap keringat yang cukup baik sehingga sangat adem
  3. Kain balotelli cenderung tebal tapi masih sangat lembut, tidak menerawang, lemas dan bertekstur jadi sangat bagus digunakan untuk bahan gamis.

Model Gamis

Sumber : https://www.hijabimall.com/

Kain Wolvis

Kain wolvis merupakan jenis kain yang biasa dipakai untuk membuat gamis serta model busana muslim lainnya karena sifat kainnya yang lembut dan tidak menerawang. Beberapa karakteristik istimewa dari bahan wolvis yaitu:

  1. Kain wolvis memiliki susunan serat yang halus dan rapat.    
  2. Kain wolvis tidak menerawang atau transparan.
  3. Permukaan kain wolvis tidak terlalu licin namun terbilang cukup lembut dan juga tidak mudah kusut.
  4. Tekstur kain wolvis sedikit tebal namun cenderung ringan.
  5. Karakteristik bahannya tidak panas sehingga akan terasa sangat nyaman ketika digunakan sebagai bahan pakaian maupun jilbab.
  6. Harga kain wolvis relatif terjangkau.
  7. Ketersediaan warna kain wolvis lumayan banyak di pasaran.
  8. Gamis yang dibuat dari bahan kain wolvis sangat mudah untuk disetrika meski sebenarnya tidak terlalu tahan jika terkena suhu tinggi.

Model Gamis

Sumber : https://shopee.co.id/

Demikian pembahasan singkat mengenai model gamis dan rekomendasi bahan kain yang dapat dipakai untuk membuatnya. Kalau sahabat Fitinline kebetulan sedang mencari bahan kain yang berkualitas untuk membuat gamis, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.