Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih Baju Rajut…

7 Tips Memilih Baju Rajut Wanita Kekinian Yang Cocok Untuk Anda

Baju rajut wanita menjadi salah satu item fashion yang banyak dicari karena terbukti efektif untuk menghangatkan tubuh saat dingin dan memberikan kesan fashionable pada penampilan. Meski bisa dipilih secara bebas namun tetap saja dalam memilih baju rajut wanita ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Rajut

Baju rajut dapat dikategorikan ke dalam salah satu basic fashion item yang bisa diandalkan untuk tetap tampil stylish dan modis dalam berbagai kesempatan. Tidak hanya saat musim dingin saja, namun kini baju rajut wanita juga bisa dikenakan saat hangout bersama teman-teman.

  • Karakteristik bahannya yang tebal dan hangat menjadikan baju rajut sangat cocok diandalkan sebagai pakaian hangat saat cuaca dingin.
  • Dengan tampilannya yang sangat khas baju rajut juga terbukti nyaman dikenakan sebagai pelengkap gaya sehari-hari.

Tips Memilih Baju Rajut

Berencana untuk membeli baju rajut dalam waktu dekat?.  Biar tidak salah pilih, berikut kami bagikan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli baju berbahan rajut.

1. Model Baju Rajut

Utamakan untuk memilih baju rajut wanita kekinian yang simpel dan mudah dipadupadankan dengan outfit lain. Misal baju rajut yang dibuat dalam model cardigan, sweater, pullover, vest hingga capucon.

  • Cardigan Rajut

Cardigan merupakan sebuah outer yang diperoleh dari pengembangan model jaket lengan panjang tanpa kerah kemudian dihiasi dengan sejumlah kancing di bagian depannya.

Baju Rajut Wanita

Sumber : https://shopee.com.my/

  • Sweater Rajut

Sweater rajut dapat dikategorikan ke dalam jenis outerwear multifungsi yang dibuat tanpa kancing, resleting, maupun tudung kepala. Berdasarkan bentuk garis lehernya sweater rajut inipun bisa dibedakan lagi dalam berbagai macam model.

  • Sweater O Neck

Sweater O neck  merupakan model sweater yang memiliki lubang leher bulat sehingga tampilannya terkesan sangat simple.

Baju Rajut Wanita

Sumber : https://rabbitorparrotat.com/

  • Sweater V Neck

Sweater V neck merupakan model sweater yang memiliki lubang leher berbentuk huruf V dengan sudut siku di dada atas tengah.

Baju Rajut Wanita

Sumber : https://www.yarnspirations.com/

  • Sweater Turtleneck

Sweater turtleneck merupakan model sweater yang memiliki garis leher berbentuk bulat dengan ribs panjang mendekati kerongkongan.

Baju Rajut Wanita

Sumber : https://www.yarnspirations.com/

  • Vest Rajut

Vest rajut merupakan pakaian tanpa lengan yang biasa dihiasi dengan kerah model V rendah dan dilengkapi dengan kancing pada bagian depannya.

Baju Rajut Wanita

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Capuchon

Capuchon merupakan sejenis jaket dari bahan rajut yang dilengkapi topi atau kupluk pada bagian lingkar kerahnya.

2. Ukuran Baju Rajut

Salah memilih ukuran baju tidak hanya membuat tubuh jadi sulit bergerak, tapi juga dapat merusak penampilan secara keseluruhan. Maka dari itu usahakan untuk memilih baju rajut yang ukurannya pas dengan badan anda, dalam artian tidak terlalu longgar atau ketat.

Baju Rajut Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Khusus untuk anda yang suka memakai baju berukuran longgar, anda bisa juga memilih baju rajut oversized yang menawarkan banyak keunggulan.

  • Dengan desainnya yang longgar baju rajut oversized bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman.
  • Dengan desainnya yang longgar baju rajut oversized bisa dipakai untuk menyembunyikan bentuk atau lekukan tubuh yang kurang ideal.

3. Jenis Benang Rajut

Pastikan bahwa benang yang dipakai untuk membuat baju rajut dapat memberikan rasa nyaman dan tidak membuat gatal saat dikenakan. Dalam hal ini jenis benang rajut yang banyak dipakai bisa berupa benang rajut katun, benang wool dan benang rajut rayon.

  • Benang Rajut Katun

Benang rajut katun termasuk ke dalam jenis benang yang dibuat dari bahan dasar serat cotton. Benang ini memiliki karakteristik yang sangat khas yakni terkenal kuat, cenderung bertekstur padat dan dapat menyerap keringat dengan sangat mudah.

  • Benang Wool

Benang rajut wool merupakan benang rajut yang paling terkenal tahan lama, elastis dan bersifat anti kusut. Khusus untuk pembuatan baju rajut wanita kekinian terdapat dua jenis benang wool yang digunakan.

  • Benang wool besar yang memiliki diameter kira-kira 2 sampai 3 mm.
  • Benang wool lokal yang hampir mirip dengan benang wol besar tapi diameternya lebih kecil.
  • Benang Rayon

Benang rajut rayon termasuk ke dalam jenis benang yang memiliki kesan jatuh, halus, lembut di tangan dan sejuk saat dipakai.

4. Simpul Benang Rajut

Dalam memilih baju rajut perhatikan pula kerapian simpul benang yang terjalin pada permukaan baju rajut wanita.

  • Baju rajut wanita kekinian yang berkualitas harusnya memiliki simpul-simpul benang yang tertata rapi dan terjalin dengan baik.
  • Kalau simpul benangnya tidak terjalin dengan baik yang ada baju rajut akan cenderung mudah longgar dan cepat rusak.

5. Jenis Rajutan Baju

Berikutnya kenali jenis rajutan yang digunakan pada saat pembuatan baju, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada tebal tipisnya baju yang dihasilkan. Khusus untuk baju rajut wanita kekinian, jenis rajutan yang dipakai pun sangat beragam.

  • Single Knit

Single knit merupakan jenis rajutan yang penggunaannya tidak bisa dibolak balik. Rajutan ini menghasilkan bahan yang rapat tapi kurang lentur.

  • Double Knit

Double knit merupakan jenis rajutan yang memiliki tekstur dan juga corak, sehingga penggunannya bisa dibolak balik. Rajutan ini dapat menghasilkan bahan yang kenyal, lembut dan lentur.

  • Striper (Yarndye)

Striper (yarndye) merupakan jenis rajutan yang mengkombinasikan benang berwarna pada rajutannya. Striper (yarndye) bisa juga menggunakan single knitt dan juga double knitt.

6. Warna Benang Rajut

Selain kerapian simpul benang perhatikan juga kesatuan warna baju rajut yang hendak anda pilih untuk menghindari kemungkinan luntur. Baju rajut yang mudah luntur tampilannya akan terkesan kusam dan tidak menarik saat dikenakan.

7. Motif Baju Rajut

Jangan salah memilih motif baju rajut karena hal ini akan sangat berpengaruh pada tampilan akhir yang dihasilkan. Untuk anda yang bertubuh petite atau mungil misalnya, sebaiknya hindari motif lebar dan besar karena hanya akan membuat nda terlihat lebih pendek.

Baju Rajut Wanita

Sumber : https://www.ravelry.com/

Untuk anda yang memiliki tubuh cenderung berisi hindari pula baju rajut wanita motif stripe yang melebar ke samping karena bisa membuat anda terlihat makin gemuk. Sebagai gantinya pilih baju rajut yang cenderung polos atau bermotif vertikal.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih baju rajut wanita kekinian. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan baju rajut wanita yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Untuk mencegah kerusakan jangan lupa selalu cuci dan rawat baju rajut kesayangan anda dengan cara yang baik dan benar. Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 6 Cara Paling Mudah Merawat Baju Rajut.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.