Article

Homepage Article Fashion Design 10 Aturan Menonton Fashion…

10 Aturan Menonton Fashion Show Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Berkesempatan untuk menghadiri acara fashion show di ajang pekan mode?. Untuk anda yang baru pertama kali mengikuti acara fashion show atau peragaan busana ada baiknya cari tahu dulu apa saja aturan tidak tertulis atau etika yang harus dipatuhi ketika menonton acara tersebut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Show

Fashion show adalah suatu acara peragaan busana yang juga dikenal dengan nama défilé de mode dalam bahasa Perancis. Acara ini biasanya diadakan atau diselenggarakan sebagai wadah untuk memperkenalkan koleksi rancangan busana terbaru yang diperagakan di atas runway oleh para model fashion show.

Sebagai salah satu acara yang dianggap eksklusif dulu fashion show alias peregaan busana ini hanya diperuntukkan bagi fashion buyer, pers, eksekutif industri fashion dan retail, serta beberapa klien setia desainer. Namun seiring berjalannya waktu kini sudah menjadi suatu acara yang terbuka bagi banyak orang.

Pekan mode yang paling terkemuka diadakan di empat kota mode dunia yakni New York City, London, Milan dan Paris. Sementara kota-kota lain yang juga terkenal akan pekan modenya yakni Kopenhagen, Australia, Bangalore, Berlin, Buenos Aires, Dallas, Dubai, Jakarta, Los Angeles, Madrid, São Paulo Toronto, dan Lahore.

Tujuan dari diselenggarakannya fashion show sendiri diantaranya:

  • Memamerkan karya terbaiknya dari para desainer ataupun produk terbaru dari perusahaan tekstil, kosmetik, aksesori, serta garmen.
  • Sebagai ajang untuk memasarkan dan mempromosikan suatu produk fashion yang dikenakan model fashion show.
  • Memberikan alternatif gaya berpakaian sesuai trend yang sedang berkembang bagi para penggemar fashion.

Fashion Show

Sumber : https://www.luxuo.com/

Aturan Menonton Fashion Show

Tidak peduli seperti apa gelaran dan modelnya, fashion show merupakan sebuah acara yang memiliki berbagai elemen penting di dalamnya. Maka dari itu, untuk mendukung kelancaran acara tersebut penting bagi anda untuk memahami peraturan tidak tertulis atau etika yang harus dipatuhi ketika menonton fashion show.

1. Berpakaian Sesuai Dress Code

Ketika memenuhi undangan fashion show penting bagi anda untuk berpakaian sesuai dress code yang tetera pada undangan. Jadi kalau anda harus menghadiri berbagai fashion show dalam sehari ada baiknya siapkan busana apa yang akan anda kenakan di fashion show tersebut jauh-jauh hari.

Fashion Show

Sumber : https://koboo.co.uk/

Setiap fashion show atau peragaan busana biasanya punya dress code yang berbeda-beda. Agar terhindar dari insiden salah kostum, sebaiknya perhatikan undangan fashion show dengan seksama.

  • Untuk menghadiri peragaan busana ready-to-wear jangan pakai pakaian haute couture.
  • Sebaliknya untuk menghadiri peragaan busana haute couture sesuaikan outfit dengan tema cara.

Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai Jenis-Jenis Dress Code dan Makna Yang Tersembunyi Didalamnya.

2. Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu ke acara pekan mode menjadi salah satu aturan wajib yang berlaku bagi siapapun baik itu pemegang undangan VIP yang mendapatkan front row maupun penonton reguler yang duduk dibarisan kedua, ketiga hingga ke tribun belakang.

  • Biasanya pengunjung masih diperbolehkan masuk ke acara fashion show ketika lampu ruangan masih menyala.
  • Ketika lampu dimatikan pengunjung dianggap terlambat dan tidak diperbolehkan masuk ke acara fashion show terlebih ketika lampu runway sudah menyala.

Fashion Show

Sumber : https://luxe.digital/

3. Jangan Melewati Runway

Ketika memasuki ruangan fashion show jangan sekali-kali berjalan melintasi runway model fashion show meskipun panggung fashion show ini biasa ditutupi kain untuk menjaganya tetap bersih. Hal ini perlu dihindari terutama saat lampu sudah dimatikan dan ruangan dalam kondisi gelap.

4. Tonton Hingga Acara Selesai

Jangan meninggalkan ruangan fashion show ketika acara tersebut belum selesai, apalagi jika anda ditempatkan di bagian front row.

  • Ketika lampu ruangan fashion show dimatikan, pengunjung tidak diperbolehkan untuk keluar ruangan sekalipun untuk ke toilet.
  • Penonton baru dapat keluar saat fashion show telah selesai dan lampu sudah dinyalakan.

Fashion Show

Sumber : https://ceoworld.biz/

Bila anda memang tidak berniat untuk menonton acara fashion show hingga selesai, lebih baik tidak usah hadir sejak awal. Apalagi jika acara peragaan busana tersebut belum dimulai tapi anda sudah tergesa-gesa untuk keluar dari dalam ruangan.

  • Meninggalkan acara fashion show akan menyinggung para tamu undangan yang lain.
  • Meninggalkan acara fashion show dapat menganggu jalannya fashion show terutama bagi fotografer dan videografer yang memotret para model fashion show.

5. Hindari Aktifitas Menelfon

Ketika menonton fashion show di pekan mode, wajib bagi anda untuk menghentikan aktivitas menelpon selama acara berlangsung. Untuk mengantisipasi masuknya panggilan yang tidak diinginkan anda bisa menonaktifkan ponsel atau mengaktifkan mode senyap agar tidak mengganggu jalannya acara.

6. Dilarang Memberikan Standing Applause

Standing applause juga bukanlah hal yang wajar dalam fashion show, tapi hal ini sering kali terjadi karena masih banyak orang yang menganggap fashion show sebagai sebuah pertunjukkan. Jadi kalau anda ingin mengapresiasi desainer melalui tepuk tangan cukup lakukan sambil duduk.

Fashion Show

Sumber : https://www.nytimes.com/

7. Jangan Menyalakan Lampu Flash

Menyalakan lampu flash kamera juga menjadi suatu hal yang dilarang saat menonton acara fashion show karena hal ini hanya akan menganggu konsentrasi model fashion show dan penonton fashion show yang lain.

  • Jika anda ingin mendapatkan foto dengan angle yang bagus anda dapat mengambilnya dari tribun fotografer sehingga tidak menganggu para tamu undangan.
  • Tapi jika terpaksa mengambil dari tempat duduk kamu, pastikan gerakan tubuh anda tidak menganggu penonton lain terutama yang duduk bersebelahan dengan anda.

8. Dilarang Makan dan Minum

Makan dan minum di ajang pekan mode sebenarnya diperbolehkan, selama masih di luar ruangan fashion show. Namun begitu masuk ke ruangan fashion show atau peragaan busana pengunjung yang membawa makanan dan minuman wajib menyimpannya ke dalam tas.

Pengungung fashion show dilarang membuka apalagi memakan makanan yang dibawanya dalam ruangan selama pertunjukan berlangsung.

  • Kegiatan makan dan minum dikhawatirkan dapat mengotori ruangan fashion show.
  • Selain mengotori ruangan hal ini juga bisa membuat nilai fesyen di dalamnya jadi hilang.

9. Duduk Sesuai Tempat Yang Ditentukan

Dalam setiap fashion show umumnya terdapat aturan mengenai tempat duduk untuk para tamu undangan, jadi usahakan untuk duduk sesuai tempat yang ditentukan oleh penyelenggara acara dan jangan sampai mencuri tempat duduk orang lain.

  • Mencuri tempat duduk orang lain merupakan attitude yang buruk dan tidak disukai dalam dunia fashion
  • Mencuri tempat duduk orang lain akan mengganggu kenyamanan selama pagelaran fashion show berlangsung.

Fashion Show

Sumber : https://ceoworld.biz/

Tapi jika saat lampu sudah dimatikan ternyata bagian front row ada yang kosong, maka penonton yang duduk di deretan belakang harus mengisi penuh bagian tersebut. Posisi front row atau second row yang termasuk VIP ini biasanya ditentukan oleh desainer atau sponsor.

10. Sadar Diri

Untuk dapat masuk dan menyaksikan acara fashion show penonton diharuskan memiliki undangan.

  • Hal terpenting yang perlu dipahami adalah satu undangan hanya berlaku selama acara yang dicantumkan bukan acara lainnya.
  • Begitu acara selesai semua penonton harus keluar dari ruangan fashion show, lalu mengantre lagi untuk acara selanjutnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah aturan menonton fashion show di ajang pekan mode yang wajib anda ketahui. Intinya saat menonton pertunjukan fashion show, jangan sampai tingkah laku anda mengganggu banyak orang seperti stage manager dan fotografer yang sedang menjalankan tugas mereka.

Tertarik untuk menekuni dunia fashion desain tapi merasa tidak punya cukup banyak waktu luang untuk mengikuti kursus desain atau sekolah desain?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mendownload E-Book Mendesain, E-Book Menjahit dan E-Book Membatik dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.