Article

Homepage Article Fashion Design Tips Membuat Foto Produk…

Tips Membuat Foto Produk Baju Yang Keren Dengan Efek Ghost Mannequin

Butuh referensi cara yang keren untuk membuat foto produk baju tanpa harus pusing mencari model sungguhan?. Jika anda ingin membuat contoh foto produk baju yang lebih realistis seperti sedang dipakai oleh model tidak ada salahnya bila anda mencoba menerapkan ghost mannequin photography yang menawarkan banyak keunggulan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Ghost Mannequin Photography

Ghost mannequin photography dapat diktegorikan ke dalam salah satu cara foto produk baju yang cukup populer dalam dunia mode. Prinsip pembuatannya sendiri bisa dilakukan dengan menghilangkan bagian manekin menggunakan bantuan aplikasi edit foto agar konsumen lebih fokus ke baju, bukan ke manekin yang menjadi alat peraga baju.

Ghost Mannequin Photography

Sumber : https://www.pinterest.com.au/

Kelebihan dan Kekurangan

Sama halnya dengan teknik pembuatan foto produk yang lainnya, ghost mannequin photography pada prinsipnya juga menawarkan banyak kelebihan dan kekurangan tersendiri. Beberapa kelebihan foto produk dengan ghost mannequin diantaranya:

  • Ghost mannequin cocok diaplikasikan pada hampir semua jenis pakaian, bahkan untuk pakaian dalam sekalipun.
  • Tidak perlu memikirkan tentang kriteria model.
  • Lebih murah dibandingkan foto model karena tidak menggunakan model yang sesungguhnya.
  • Tidak menimbulkan keindahan semu, sehingga pelanggan bisa memberikan penilaian yang lebih objektif mengenai suatu produk.
  • Contoh foto produk baju terlihat lebih realistis seperti sedang dipakai oleh model.
  • Mengeliminasi kesan tabu (porno) pada setiap foto karena tidak ada model manusia yang ditampilkan pada foto.
  • Memudahkan konsumen untuk membayangkan bagaimana bagusnya sebuah produk pakaian ketika mereka gunakan.

Ghost Mannequin Photography

Sumber : https://fixthephoto.com/

Sementara kekurangan foto produk baju dengan ghost mannequin diantaranya:

  • Ghost mannequin photography membutuhkan imajinasi yang kuat oleh stylish dan editor untuk memberikan bentuk realistis pada suatu baju.
  • Proses pengerjaannya relatif sulit dan lama terutama bagian pasca produksi.

Cara Foto Produk Baju

Tertarik untuk membuat contoh foto produk baju yang keren dengan menggunakan teknik ghost mannequin photography. Untuk membuat efek ghost mannequin sendiri setidaknya diperlukan dua gambar yang digabungkan dengan teknik composite image (proses digital dalam menggabungkan beberapa gambar).

  • Foto pertama yakni berupa foto baju yang dikenakan pada patung manekin.
  • Foto kedua yakni berupa foto baju yang diambil dengan background berwarna putih.

Gambaran singkat mengenai cara foto produk baju dengan efek ghost mannequin secara sederhana bisa anda lihat pada penjelasan berikut.

1. Siapkan Manekin

Untuk membuat efek ghost mannequin pertama-tama siapkan manekin sebagai alat peraganya. Manekin yang pilih untuk pembuatan ghost manekin pun bebas bisa berupa manekin full body ataupun manekin setengah badan, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Ghost Mannequin Photography

Sumber : https://www.indigostudio.pt/

2. Pilih Background Yang Tepat

Untuk memudahkan proses editing utamakan untuk memilih background foto yang berwarna putih. Sebab jika anda menggunakan background berwarna warnai, yang ada background tersebut akan memantulkan warna lain pada produk (color cast) dan mengubah warna asli produk pada foto.

3. Atur Pencahayaan

Berikutnya atur pencahayaan dengan cara yang tepat agar foto produk baju yang dihasilkan nantinya juga terlihat lebih bagus. Dalam proses pembuatan ghost manekin anda bisa memilih untuk menggunakan sumber cahaya alami atapun menggunakan lampu studio.

  • Jika anda ingin menggunakan sumber cahaya alami maka anda bisa melakukan pemotretan saat pagi hingga siang hari.
  • Tapi kalau anda ingin menggunakan sumber cahaya dari lampu studio tidak masalah bila anda melakukan pemotretan pada sore atau malam hari sekalipun.

Ghost Mannequin Photography

Sumber : https://www.spyne.ai/

4. Gunakan Kamera Terbaik

Untuk membuat contoh foto produk yang lebih berkualitas pilih kamera yang benar-benar bagus, lalu  gunakan tripod sebagai penyangganya agar foto yang dihasilkan tetap stabil. Biasanya semakin tinggi kualitas kamera hasilnya pun akan semakin memukau.

5. Lakukan Pemotretan

Lakukan pemotretan secara bertahap mulai dari bagian depan produk baru kemudian bagian kerah yang tadi tertutup oleh leher manekin.

  • Posisikan kamera agar sama tinggi dengan obyek yang anda foto, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Supaya foto yang dihasilkan lebih konsisten tandai juga tempat untuk manekin sehingga anda bisa mengambil gambar di tempat yang sama untuk foto-foto berikutnya.

Untuk memotret bagian depan produk baju, mula-mula pasangkan baju pada manekin lalu foto dengan kamera yang sudah ada siapkan. Pastikan foto yang anda dapatkan tampak simetris antara bagian kanan dan kirinya.

Sementara jika anda ingin memotret bagian kerah baju yang tadi tertutup manekin anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

  • Balik baju agar bagian buruknya berada di luar lalu pasangkan pada manekin yang sama. Jika sudah foto bagian kerah baju yang terpasang pada belakang manekin.
  • Letakkan baju dilantai lalu foto bagian kerahnya saja.
  • Balik baju agar bagian buruknya berada di luar lalu gantung dengan menggunakan hanger. Setelahnya anda bisa memotret bagian kerahnya saja.

6. Editing Foto Produk

Selesai melakukan pemotretan, lakukan proses editing sederhana dengan cara menggabungkan semua elemen foto menjadi satu kesatuan yang utuh (mulai dari baju bagian depan dan kerah), termasuk menghilangkan semua kerutan di baju.

  • Mulailah untuk menghilangkan bagian leher manekin kemudian tutupi dengan gambar bagian dalam leher pakaian yang telah anda siapkan.
  • Jika diperlukan tambahkan efek berupa bayangan untuk menghasilkan foto produk yang tampak lebih nyata dan realistis.

Ghost Mannequin Photography

Sumber : http://jobsworldbd.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai cara foto produk baju dengan efek ghost mannequin yang dapat kami bagikan untuk anda. Selain menggunakan cara sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas anda juga bisa membuat efek ghost mannequin dengan menggunakan yang namanya invisible mannequin lho.

  • Invisible mannequin sendiri merupakan sejenis mannequin yang didesain secara khusus untuk keperluan ghost mannequin photography.
  • Dengan menggunakan invisible mannequin proses editing foto bisa lebih mudah karena anda tidak perlu melakukan banyak retouch pada contoh foto produk baju.

Ghost Mannequin Photography

Sumber : https://mannequinmall.com/

Ghost Mannequin Photography

Sumber : https://mannequinmall.com/

Dibandingkan dengan cara manual, proses pembuatan efek ghost mannequin dengan menggunakan invisible mannequin ini pada prinsipnya memang lebih cepat dan mudah. Hanya saja jika dilihat dari segi biaya, dana yang harus dikeluarkan untuk membeli invisible mannequin juga lebih banyak.

Ghost Mannequin Photography

Sumber : https://www.mannequins-shopping.com/

Kesimpulan

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan bagaimana cara membuat foto produk yang keren tanpa bantuan model sungguhan. Yang pasti untuk membuat efek ghost mannequin anda perlu memfoto masing-masing produk secara terpisah kemudian mengedit dan menggabungkannya agar terlihat lebih menarik.

Mau belajar mendesain dan membuat baju sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book dan Video Tutorial yang kami miliki.

Khusus untuk anda yang ingin membuat foto produk dengan memakai alat peraga berupa dressform anda juga bisa memesannya di Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.