Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Menarik Warna Merah…

8 Fakta Menarik Warna Merah dan Aplikasinya Dalam Dunia Fashion

Tahukah kamu kalau warna merah yang biasa diidentikkan dengan keberanian dan ketegasan, ternyata juga memiliki makna lain yang bertentangan lho. Dalam budaya yang berkembang di Afrika Selatan misalnya warna merah justru dianggap sebagai warna yang menyimbolkan kedukaan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Warna Merah

Warna merah merupakan salah satu warna yang paling menarik perhatian dan paling mudah dikenali di antara semua warna. Tidak jauh beda dengan unsur warna lainnya yang biasa diaplikasikan dalam dunia fashion, warna merah ternyata juga memiliki sejumlah fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Fakta Menarik Warna Merah

Mau tau apa saja fakta menarik yang dimiliki warna merah?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu simak yuk ulasan mengenai beberapa fakta unik dan menarik tentang warna merah yang perlu kamu ketahui.

1. Termasuk Kedalam Warna Panas

Warna merah termasuk ke dalam jenis warna yang sangat panas, karenanya warna merah ini kerap ini dihubungkan dengan api, kekuatan, cinta dan gairah. Selain itu warna merah juga mempunyai pengaruh pada tubuh manusia seperti meningkatkan tekanan darah dan metabolisme tubuh manusia.

Warna Merah

Sumber : https://www.walmart.com/

2. Sumber Alami Warna Merah

Warna merah dapat dihasilkan dari berbagai jenis tanaman, misalnya saja tanaman secang, tanaman kesumba dan tanaman pinang.

  • Tanaman Secang

Tanaman secang (Caesalpinia sappan) termasuk kedalam jenis tanaman perdu yang banyak ditemukan di Indonesia. Warna merah pada tanaman secang ini bisa didapat dari rebusan kayunya.

  • Tanaman Kesumba

Tanaman kesumba juga dapat diekstrak menjadi bahan pewarna alami. Dalam hal ini bagian yang kerap dijadikan sebagai pewarna yaitu berupa bijinya.

  • Tanaman Pinang

Tanaman pinang merupakan sejenis tanaman yang memiliki nama ilmiah Areca Cathecu. Untuk menghasilkan warna merah bagian tanaman yang diekstrak yaitu bagian biji buah pinang yang sudah tua.

Warna Merah

Sumber : https://botanicalcolors.com/

Untuk kamu yang membutuhkan bahan pewarna sintetis untuk batik kamu bisa melihat-lihat koleksi Bahan Pewarna Sintetis yang kami miliki.

3. Menjadi Dasar Warna Lain

Seperti layaknya warna warna kuning dan warna hijau, warna merah pada prinsipnya juga bisa menjadi dasar dari warna-warna lain.

  • Dengan mencampurkan warna merah dan warna biru, kamu bisa mendapatkan warna ungu.
  • Dengan mencampurkan warna merah dan warna kuning, kamu bisa mendapatkan warna oranye atau jingga.

4. Punya Banyak Turunan Warna

Warna merah sebenarnya memiliki beberapa macam warna turunan seperti merah muda dan maroon. Setiap turunan warna itupun juga memiliki nama-nama khusus tergantung dari proporsi warna yang dimilikinya.

Warna Merah

Sumber : https://maiwa.com/

Berikut beberapa turunan warna merah yang wajib kamu ketahui.

  • Merah marun (maroon red) yang didapat dari campuran antara warna merah dan ungu atau biru.
  • Merah delima (ruby red) yang diadaptasi dari warna batu kristal ruby. Warna ini juga serupa dengan isi buah delima merah.
  • Merah darah (blood red) yang terlihat gelap seperti warna darah manusia, tetapi masih terlihat lebih cerah jika dibandingkan dengan merah marun.
  • Merah cabai (chili red) yang menyala tetapi sedikit gelap.
  • Merah lembayung (red crimson) yang bisa didapatkan dari campuran warna merah dan biru dengan perbandingan 4:1.
  • Warna merah muda (pink) yang diperoleh dari campuran warna merah dan putih dengan perbandingan 1:1.
  • Warna merah cherry yang segar seperti buah cherry. Warna ini dapat dihasilkan dari campuran warna merah, hitam, dan putih dengan perbandingan 2:1:1.
  • Merah coral (coral red) yang terlihat mirip dengan warna pink atau merah muda, tetapi sedikit lebih pucat dan gelap.
  • Merah salmon (salmon red) yang terlihat muda dan sedikit kejingga-jinggaan.
  • Kirmizi (scarlet) yang terlihat cerah, kuat, dan mempunyai kesan sedikit oranye.

5. Punya Banyak Makna Berbeda

Warna merah yang identik dengan keberanian dan ketegasan punya banyak makna yang berbeda dalam beberapa budaya yang berkembang di berbagai belahan dunia.

  • Peradaban Mesir kuno menghubungkan warna merah dengan darah dan kekuatan, namun disi lain warna merah juga melambangkan kematian.
  • Peradaban Yunani kuno menggunakan warna merah untuk mewakili dewa perang, yang berarti menunjukkan kekuatan dan kekuasaan.
  • Warna merah di Cina kerap digunakan sebagai simbol kemakmuran, kebahagiaan dan keberuntungan.
  • Dalam budaya India, warna merah merupakan perlambang kemurnian, kekayaan dan kekuasaan, godaan, cinta, api, kesuburan, takut dan keindahan.
  • Di Afrika Selatan, warna merah merupakan warna yang menyimbolkan kedukaan.
  • Sementara dalam tradisi Thailand, warna merah biasa dipakai untuk memberikan penghormatan untuk Dewa Matahari.

Warna Merah

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Warna Merah Dalam Fashion

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia fashion, warna merah sendiri dapat diaplikasikan pada berbagai jenis busana, baik itu busana pria, busana wanita dan busana anak. Kelebihan busana yang dibuat dalam warna merah yaitu:

  • Busana warna merah bikin tampilan jadi standout.
  • Busana warna merah dapat menciptakan kesan yang seksi.
  • Busana warna merah dapat meningkatkan rasa percaya diri.
  • Busana warna merah bisa membuatmu jadi lebih semangat.
  • Busana warna merah juga dapat membuatmu kelihatan fokus.

Warna Merah

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik, dalam berbusana warna merah bahkan kerap dipilih  oleh banyak orang jika mereka ingin menarik perhatian orang-orang di sekitarnya.

7. Populer Untuk Warna Bendera

Warna merah merupakan warna yang paling populer digunakan untuk warna bendera nasional di sejumlah negara di dunia. Dalam filosofi bendera Indonesia, warna merah sendiri menjadi lambang keberanian sedangkan warna putih menjadi lambang kesucian.

Warna Merah

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga :

8. Jadi Tanda Untuk Berhenti

Selain itu warna merah juga disepakati di dunia internasional sebagai tanda untuk berhenti. Penggunaan warna merah sebagai tanda untuk berhenti ini berasal dari aturan larangan berperang pada zaman dulu.

Padupadan Outfit Warna Merah

Untuk kamu yang ingin tampil enerjik, kuat dan elegan dalam balutan busana yang berwarna merah kamu bisa memadupadankannya dengan beberapa warna berikut.

  • Warna Hitam

Pertama coba padupadankan busana yang berwarna merah dengan warna hitam Kombinasi keduanga akan memberikan kesan kuat dan mewah.

  • Warna Putih dan Abu-abu

Untuk kesan elegan dan profesional, kamu dapat memadukan warna merah gelap dengan warna putih atau abu-abu.

Kesimpulan

Itu dia sejumlah fakta unik dan menarik tentang warna merah yang mungkin tidak banyak orang awam ketahui. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan kamu tentang unsur warna jadi semakin bertambah ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.