Article

Homepage Article Kain 4 Jenis Bahan Yang Banyak…

4 Jenis Bahan Yang Banyak Digunakan Untuk Headboard

Menambahkan headboard di bagian atas tempat tidur menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat suasana kamar makin cantik. Terlebih jenis bahan yang bisa digunakan sebagai headboard  bed / headboard tempat tidur inipun sangat beragam dan desainnya juga bisa disesuaikan dengan tema ruangan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Headboard

Headboard bad yang dikenal juga dengan nama sandaran kasur merupakan sejenis perabot atau elemen yang biasa dipasang menjadi satu dengan tempat tidur, lebih tepatnya di bagian kepala tempat tidur. Selain memberikan nilai estetika pada ruangan kamar, headboard  bed / headboard tempat tidur sendiri juga memiliki banyak manfaat lain lho.

Headboard Bed

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa manfaat penting dari headboard bed yang perlu kamu ketahui diantaranya:

  • Headboard bed berfungsi sebagai sandaran yang mampu menopang punggung dan kepala saat seseorang duduk di atas tempat tidur.
  • Headboard bed berperan penting untuk mencegah terjadinya benturan kepala ke dinding saat sedang tidur.
  • Headboard bed berfungsi untuk memberikan rasa aman dan nyaman sehinga kamu pun bisa tidur lebih nyenyak.
  • Headboard bed berguna untuk menciptakan dekorasi yang menarik di dalam kamar tidur minimalis.
  • Headboard bed dapat dimanfaatkan sebagai proteksi tembok yang menempel dengan tempat tidur biar ga lembab dan rentan terkena jamur.
  • Headboard bed berguna untuk menahan bantal dan meminimalisir insiden jatuhnya bantal dari atas kasur.

Headboard Bed

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bahan Untuk Headboard

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, headboard bed / headboard tempat tidur sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai bahan yang cukup bervariasi. Beberapa diantaranya:

1. Upholstery

Pertama ada headboard bed / headboard tempat tidur dari busa tebal yang kemudian dilapisi dengan upholstery berbahan kain ataupun bahan kulit. Bahan headboard yang satu ini sangat cocok digunakan buat kamu yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam kamar tidur.

  • Bahan Kain

Untuk alasan kenyamanan, headboard dari busa tebal bisa dilapisi dengan sejumlah bahan kain yang berkualitas seperti kain kanvas, kain beludru, kain chenille, kain linen dan berbagai jenis bahan lain yang tidak kalah menarik.

Kelebihan headboard bed / headboard tempat tidur yang dilapisi dengan upholstery dari bahan kain yaitu:

  • Dapat bertahan selama bertahun-tahun.
  • Tersedia dalam berbagai warna dan pola.
  • Lembut dan terasa nyaman saat digunakan untuk sandaran kepala.

Sementara beberapa kelemahan headboard bed / headboard tempat tidur yang dilapisi bahan ini antara lain:

  • Cenderung menyerap noda dan membutuhkan perawatan yang ekstra.
  • Rentan mengalami kerusakan jika terpapar sinar matahari dan lebih mudah lembab.

Headboard Bed

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Bahan Kulit

Berikutnya ada bahan kulit yang dapat dipakai untuk memberi kesan mewah dan elegan pada tampilan kamar tidur. Dalam hal ini kamu bebas mau menggunakan kulit asli ataupun kulit sintetis.

  • Bahan kulit banyak dipilih untuk membuat headboard karena memiliki sifat kedap air dan mudah sekali untuk membersihkannya.
  • Selain membuat hunian jadi lebih mewah, penggunaan headboard dari kulit juga dipercaya mampu memberikan kesan dingin dan sejuk.

Headboard Bed

Sumber : https://www.the-citizenry.com/

Untuk mempercantik tampilan headboard bed / headboard tempat tidur biar makin elegan, permukaan upholstery tersebut dapat juga dihias dengan menggunakan berbagai tambahan kancing, jahitan ataupun padding.

2. Bahan Kayu

Kedua ada bahan kayu yang paling sering digunakan pada rumah berkonsep pedesaan atau country. Penggunaan headboard bed / headboard tempat tidur bahan kayu mampu memberikan kesan natural, sekaligus kesan hangat pada interior kamar tidur.

  • Bahan kayu banyak dipilih sebagai material headboard bed karena dikenal lebih kuat, awet dan tahan lama.
  • Selain awet, headboard bed yang dibuat dari material kayu cenderung mudah untuk dibersihkan.
  • Headboard bed yang dibuat dengan material kayu akan terlihat lebih mewah dari pada headboard yang dibuat menggunakan material besi.

Headboard Bed

Sumber : https://www.etsy.com/

3. Bahan Besi

Ketiga ada bahan metal atau besi yang cocok digunakan untuk menambahkan estetika ruangan pada hunian rumah yang berkonsep minimalis atau industrial.

  • Bahan besi memiliki kekuatan dan ketahanan yang hampir sama dengan bahan kayu.
  • Bahan besi cenderung lebih kuat sehingga masa pakainya bisa lebih lama bila dirawat dengan baik.
  • Bahan besi memiliki bobot yang ringan dan mudah dipindahkan.

Headboard Bed

Sumber : https://www.walmart.com/

4. Bahan Rotan

Keempat ada bahan rotan yang dapat memberikan nuansa kasual pada ruang tidur. Karena terbilang fleksibel dalam pembentukannya kamu bisa dengan mudah menemukan banyak variasi desain dari headboard bed berbahan rotan.

Headboard Bed

Sumber : https://www.alibaba.com/

Terkait dengan aplikasinya pada tempat tidur instalasi headboard bed / headboard tempat tidur sendiri pada prinsipnya dapat dilakukan dengan tiga cara.

  • Membebankan Headboard Pada Tembok

Cara yang pertama bebankan headboard bed pada tembok jika kamu kesulitan untuk menemukan headboard yang cocok dengan rangka tempat tidur.

  • Dalam hal ini kamu hanya perlu mengukur dan menyesuaikan headboard dengan tempat tidur kita.
  • Setelah melakukan pengukuran sekalang pasang headboaord pada area yang sudah ditandai.
  • Pasang Pada Rangka Tempat Tidur

Untuk tempat tidur yang sudah dilengkapi dengan rangka kamu bisa menerapkan headboard bed langsung di rangkanya. Kalau belum maka kamu bisa mencari dan mengaplikasikannya sendiri secara terpisah.

  • Freestanding

Alternatif lain pasang headboard bed tanpa harus bertumpu pada barang tertentu di ruangan selain lantai. Jadi kamu tidak perlu membuat lubang-lubang dalam pengaplikasiannya. Headboard yang dipasang dengan cara ini bisa juga disebut dengan headboard freestanding.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan headboard lengkap dengan rekomendasi bahan yang dipakai untuk membuatnya. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kamu ga lagi bingung untuk memilih bahan pelapis headboard yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Bila kamu ingin mencitakan nuansa yang alami pada kamar tidur kamu dapat menggunakan headboard bed / headboard tempat tidur dari kayu atau rotan. Kalau kamu ingin mendapatkan headboard bed yang nyaman dan membuat tampilan kamar jadi lebih elegan kamu bisa menggunakan headboard bed berbahan busa yang dilapisi kulit atau kain.

Butuh bahan upholstery berkualitas dengan harga murah untuk melapisi headboard bed / headboard tempat tidur?. Sebagai referensi kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Kanvas dan Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.