Article

Homepage Article Fashion Design Alat dan Bahan Mendesain…

Alat dan Bahan Mendesain Fesyen

Sebelum mendesain busana ada baiknya siapkan alat dan bahan. Peralatan dan bahan yang menunjang akan menghasilkan rancangan desain yang baik. Peralatan gambar adalah bagian penting yang harus disediakan untuk kelancaran kerja. Peralatan yang bermutu baik juga akan meningkatkan mutu desain yang dihasilkan, karena akan memberikan kemudahan dalam bekerja sehingga mencapai hasil yang maksimal.

Keterampilan serta pengetahuan tentang alat gambar sangatlah penting. Kadang kala tidak semua fesyen desainer cocok dan mampu mempergunakan alat tertentu atau alat yang sama dalam mewujudkan desainnya seperti menggunakan cat air/aquarel, pensil warna, cat minyak, tinta, spidol dan lainnya. Pada dasarnya setiap jenis peralatan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan setiap alat-alat tersebut juga mempunyai efek yang berbeda pada hasil desain.

Untuk Sahabat Fitinline yang ingin belajar menjadi fesyen designer dianjurkan untuk berlatih bagaimana cara memakai semua alat-alat menggambar termasuk komputer khusus desain bila perlu karena masing-masing alat tersebut penting dan membutuhkan skill tertentu.

Alat dan bahan yang digunakan untuk mendesain yaitu pensil, pensil warna, penghapus, rol atau penggaris, kuas, cat air, kertas, file atau amplop.

Pensil, gunakan lead pensil yang terbuat dari graphite. Pensil ini sangat baik untuk digunakan dan tersedia dalam beberapa ukuran yang berbeda. Untuk goresan yang agak keras dengan kode H/HB, untuk menggambar sketsa busana sebaiknya menggunakan pensil B. Pensil B mempunyai ukuran dari 1 B sampai 9 B. Makin tinggi nomornya maka makin lunak pensilnya. Pensil yang lunak berguna untuk mengarsir atau memberikan bayangan pada desain.

Pensil

pensil

Sumber: http://richo-docs.blogspot.com

pensil

Sumber: http://richo-docs.blogspot.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Pensil warna (colored pencil) digunakan untuk menyempurnakan desain agar terlihat lebih menarik. Pensil ini juga dapat diruncingkan sehingga bisa menyempurnakan bagian-bagian yang rumit dan kecil seperti kantong, krah motif tekstil dan lain-lain.

Pensil Warna

Pensil Warna

Sumber: http://kfk.kompas.com

Penghapus (eraser), perlu disediakan sewaktu mendesain karena goresan awal belum tentu langsung bagus dan memuaskan, terutama bagi pemula.

Penghapus

penghapus

Sumber: http://monsterledge.blogspot.com

Rol/penggaris, berguna untuk memberi bingkai dari kertas gambar atau membuat bidang-bidang bergaris lurus.

Penggaris

Penggaris

Sumber: http://cindyangelica.blogspot.com

Kuas (brushes), berbentuk bulu-bulu halus yang terbuat dari bahan sintetis. Kuas mempunyai variasi bentuk dan ukuran yang banyak. Pilihlah kuas yang bermutu baik dan ukuran yang cocok untuk mendesain. Apabila kuas sudah selesai digunakan harus disimpan dalam keadaan bersih dan bulunya dihadapkan ke atas sehingga bulunya tidak mudah lepas atau patah.

Kuas

kuas

Sumber: http://id.wikipedia.org

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Cat air (water colour), tersedia dalam bentuk cake dan tube. Pilihlan cat yang bagus dan berkualitas baik. Apabila memilih bentuk tube tersedia warna yang bervariasi, jika memilih bentuk cake/botol maka biasanya kita yang mencampur sendiri sesuai dengan yang diinginkan.

Cat Air

Cat Air

Sumber: http://kfk.kompas.com

Kertas, tersedia dalam bermacam-macam bentuk dan ukuran. Pakailah kertas yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis-jenis kertas ini antara lain kertas photocopy, kertas transparan, dan kertas gambar/buku gambar.

Kertas

kertas

Sumber: http://iwowcrew.blogspot.com

Ukuran Kertas

Sumber: http://iwowcrew.blogspot.com

File atau amplop, berguna untuk menyimpan kliping-kliping mode, potongan-potongan bahan tekstil dan untuk penyimpanan desain yang sudah selesai. Kliping berguna untuk meningkatkan inspirasi dari desainer dalam mengembangkan idenya.

File

File

Sumber: http://www.chinatraderonline.com

Amplop

Amplop

Sumber: http://mutiarabarustationery.blogspot.com

Setelah alat dan bahan sudah tesedia, barulah kita akan belajar mendesain busana. Simak caranya pada artikel selanjutnya ya Sahabat Fitinline. Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.