Article

Homepage Article Kain 9 Negara Yang Memiliki Bendera…

9 Negara Yang Memiliki Bendera Merah Putih Selain Indonesia

Merasa sangat familiar dengan bendera merah putih milik Indonesia yang menjadi lambang keberanian dan juga simbol kesucian. Selain Indonesia ternyata ada juga lho beberapa negara lain yang menggunakan bendera berwarna merah putih sebagai bendera nasional. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Bendera Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang menggunakan bendera merah putih sebagai bendera nasional. Sebagai simbol negara yang menyimpan banyak nilai tersembunyi di dalamnya, bendera Indonesia sebenarnya juga memiliki sebutan lain berupa bendera pusaka dan sang saka merah putih.

  • Bendera merah putih merupakan sebutan untuk semua bendera Indonesia yang dikibarkan di sekolah, halaman rumah maupun negara lain.
    • Bendera Indonesia yang dikibarkan setiap hari senin saat upacara sekolah disebut bendera merah putih.
    • Bendera Indonesia yang dikibarkan di pagar atau halaman rumah saat perayaan 17 agustus disebut bendera merah putih.
    • Bendera Indonesia yang berkibar di negara lain juga disebut bendera merah putih.
  • Bendera pusaka merupakan bendera pertama yang dikibarkan pada saat kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 17 Agustus 1945. Bendera ini dulunya terus dikibarkan setap tanggal 17 Agustus sepanjang  tahun 1946 sampai tahun 1968 namun sekarang disimpan di Istana Merdeka.
  • Sang saka merah putih merupakan nama kehormatan untuk bendera merah putih. Pada awalnya, sang saka merah putih ditujukan untuk menyebut bendera pusaka, namun selanjutnya penyebutan ini digunakan untuk seluruh bendera Indonesia yang berkibar di seluruh penjuru dunia.

Pemilihan warna merah dan warna putih untuk bendera Indonesia sendiri konon terinspirasi dari warna panji kebesaran kerajaan Majapahit pada abad ke-13. Warna-warna ini kemudian dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal abad ke-20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda.

Berdasarkan kesepakatan para pendiri bangsa, warna merah dan warna putih yang terbagi menjadi dua secara horizontal (warna merah di bagian atas dan warna putih di bagian bawah) resmi dijadikan sebagai bendera negara pada tanggal 17 Agustus 1945 bertepatan dengan diumumkannya hari kemerdekaan.

  • Bendera Indonesia umumnya memiliki ciri yang sangat khas yakni berbentuk persegi panjang dengan perbandingan lebar dan panjang 2:3.
  • Bendera Indonesia merangkum nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme.
  • Bendera Indonesia juga mempunyai makna khusus, dimana keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan.
    • Warna merah yang melambangkan darah dipilih untuk menggambarkan keberanian bangsa dalam mengusir musuh selama masa penjajahan.
    • Warna putih yang berarti suci dipilih untuk melambangkan kesucian hati bangsa dalam setiap tindakannya.

Sebagai simbol kedaulatan bangsa, bendera merah putih milik Indonesia pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai macam ukuran yang berbeda. Kalau anda mau tahu standar ukuran bendera merah putih dan kegunaannya anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Ukuran Kegunaan
200 cm x 300 cm Untuk penggunaan di lapangan istana kepresidenan
120 cm x 180 cm Untuk penggunaan di lapangan umum
100 cm x 150 cm Untuk penggunaan di ruangan
36 cm x 54 cm Untuk penggunaan di mobil Presiden dan Wapres
30 cm x 45 cm Untuk penggunaan di mobil pejabat negara
20 cm x 30 cm Untuk penggunaan di kendaraan umum
100 cm x 150 cm Untuk penggunaan di kapal laut
100 cm x 150 cm Untuk penggunaan di kereta api
30 cm x 45 cm Untuk penggunaan di pesawat udara
10 cm x 15 cm Untuk penggunaan di meja

Selain digunakan untuk keperluan di atas, bendera yang merepresentasikan lambang negara Indonesia sebenarnya bisa saja dibuat dalam bentuk dan ukuran yang berbeda asal warnanya tetap sama yaitu merah dan putih.

Pengibaran bendera negara dapat dilakukan pada waktu antara matahari terbit hingga matahari terbenam, namun dalam keadaan tertentu dapat dilakukan pada malam hari.

Jika bendera berada dalam keadaan basah atau terendam maka bendera tersebut wajib dikeringkan terlebih dahulu.
Bila bendera yang hendak dikibarkan tanpa sengaja jatuh ke tanah, maka bendera tersebut semestinya harus dibersihkan dahulu sebelum dikibarkan kembali.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

Selain Indonesia berikut beberapa negara di dunia yang juga menggunakan bendera merah putih sebagai bendera nasional.

1. Monaco

Negara Monaco yang terletak di Eropa Barat, juga memiki bendera nasional yang secara visual terlihat persis dengan bendera Indonesia. Meski sama-sama berwarna merah putih, namun tetap saja bendera Monaco memiliki dimensi, makna dan sejarah yang berbeda dengan bendera Indonesia.

  • Dilihat dari segi dimensinya bendera milik Indonesia terlihat lebih panjang dan ramping dibandingkan dengan bendera negara Monaco yang cenderung lebih melebar mendekati bentuk persegi.
  • Bendera Indonesia memiliki perbandingan lebar dan panjang 2:3, sementara bendera negara Monaco memiliki perbandingan rasio 4:5.
  • Bila werah dan warna putih dalam bendera Indonesia melambangkan warna darah dan kesucian hati, maka warna merah dan putih dalam Bendera Monaco merupakan warna yang sangat identik dengan House of Grimaldi, sebuah dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya negara Monaco.
  • Bendera merah putih yang digunakan Monaco diklaim mencerminkan nilai-nilai positif seorang manusia.
    • Warna merah digunakan untuk mengasosiasikan daging dalam tubuh manusia.
    • Warna putih diartikan sebagai simbol kemurnian dalam berkehidupan spiritual.
  • Bendera merah putih milik Monaco pertama kali dipatenkan pada 4 April 1881 di masa pemerintahan Pangeran Charles III. Sementara bendera Indonesia secara resmi menjadi bendera negara pada 17 Agustus 1945.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

2. Singapura

Singapura memiliki bendera yang mirip dengan bendera Indonesia, hanya saja pada bagian merah dari bendera Singapura terdapat bulan sabit dan 5 bintang yang disusun bundar. Bendera ini diperkenalkan pada 3 Desember 1959 untuk menggantikan bendera Union Jack yang telah berkibar selama 140 tahun (1819-1959).

Sama halnya dengan bendera Indonesia dan bendera yang dipakai di negara lain, setiap elemen yang ada pada bendera Singapura secara umum juga mempunyai makna tersendiri.

  • Warna merah pada bendera Singapura bermakna persaudaraan dan kesamaan segala manusia sementara warna putih melambangkan kesucian dan kebaikan.
  • Bulan sabit melambangkan sebuah negara muda yang sedang maju.
  • Kelima bintang melambangkan lima prinsip yang dipegang oleh Singapura, mulai dari demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan kesaksamaan.

Selain makna yang tertera di atas, bendera Singapura yang dibuat berdasarkan ide mayoritas masyarakat melayu yang lekat dengan Islam sebenarnya juga mempunyai makna lain. Makna yang dimaksud yakni bulan sabit melambangkan kejayaan Islam dan bintang 5 melambangkan 5 rukun islam yang dijunjung tinggi.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

3. Polandia

Bebalikan dari bendera Indonesia dan Monako, negara Polandia justru memiliki bendera merah putih yang berwarna putih di bagian atas sementara bagian bawahnya berwarna merah. Negara ini juga memiliki sebuah lambang, yaitu burung elang putih yang kadang digabungkan ke bendera saat kunjungan ke luar negeri.

  • Polandia meresmikan bendera kebangsaan berwarna merah putih pada 1 Agustus 1919.
  • Negara ini memiliki bendera yang berwarna putih dan merah dengan rasio ukuran 5:8.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

4. Denmark

Denmark merupakan negara berdaulat yang dibentuk dalam bentuk kerajaan, monarki konstitusional. Negara ini diketahui memiliki bendera dengan warna dasar merah dan dilengkapi dengan salib Skandinavia putih. Garis vertikal salib tersebut berada di sisi tiang.

  • Bendera yang dipakai negara Denmark secara umum memiliki ciri yang sangat khas yakni berbentuk persegi panjang dengan perbandingan lebar dan panjang 2:3.
  • Bendera Denmark menampilkan warna latar belakang merah dengan motif salib putih horizontal.
    • Motif salib diperkirakan menjadi simbol agama Kristen, agama mayoritas penduduk Denmark.
    • Warna merah menyimbolkan darah atau pertempuran.
    • Sedangkan warna putih menyimbolkan misi suci dalam pertempuran untuk menyebarkan agama Kristen.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

5. Greenland

Greenland merupakan sebuah negara di Benua Amerika bagian utara yang sebagian besar wilayahnya tertutup oleh es. Seperti negara-negara yang sudah disebutkan sebelumnya, Greenland sebenarnya juga memiliki bendera merah putih namun ada sebuah lingkaran tambahan di bagian tengahnya.

  • Greenland meresmikan bendera mereka yang berwarna merah putih pada 21 Juni 1985. Bendera ini didesain oleh Thue Christiansen.
  • Bendera Greenland merupakan bendera dwiwarna horisontal putih merah dengan sebuah lingkaran di sebelah tiang bendera. Lingkaran bagian atas bewarna merah dan bagian bawah bewarna putih.
    • Warna putih pada latar bendera Greenland menyimbolkan tudung es.
    • Warna merah pada latar bendera Greenland menyimbolkann fyord (semacam teluk sempit yang menjorok jauh ke daratan).
    • Warna putih dalam lingkaran bendera Greenland menyimbolkan gunung es.
    • Warna merah dalam lingkaran yang sama menyimbolkan samudera.
  • Selain menjadi simbol gunung es dan samudera, lingkaran berwarna merah putih yang ada pada bendera Greenland juga bisa dianggap sebagai simbl matahari terbit dan tenggelam.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

6. Austria

Austria merupakan salah satu negara  di Eropa Tengah yang penuh sejarah. Negara ini memiliki bendera merah putih yang terdiri dari tiga garis horisontal dengan warna merah, putih dan merah lagi. Bendera ini secara resmi mulai digunakan pada 1918, saat Indonesia masih dijajah dan belum merdeka.

Tidak diketahui secara pasti makna dari bendera Austria, tapi yang pasti motif bendera merah putih yang digunakan Austria tersebut diambil dari warna bendera Dinasti Babenberg.

Selain bendera yang hanya menampilkan warna merah-putih-merah, Austria juga mengibarkan bendera dengan motif warna serupa, namun dengan tambahan gambar elang hitam di tengahnya. Gambar ini konon terinspirasi dari lambang elang Dinasti Habsburg, dinasti yang bertahta di Austria hingga akhir Perang Dunia I.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

7. Kanada

Kanada merupakan sebuah negara di Amerika Utara yang berdekatan dengan Greenland. Bendera yang dipakai negara Kanada diaebut-sebut merupakan kebalikan dari bendera Austria karena terdiri dari tiga garis vertikal yang berwarna merah, putih dan merah. Di bagian putih ada gambar daun maple berwarna merah.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

8. Swiss

Swiss atau disebut juga Switzerland adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang memiliki bendera berwarna merah dengan lambang palang atau tanda plus berwarna putih. Uniknya bendera ini memiliki rasio ukuran 1:1 yang artinya bendera ini bukan berbentuk persegi panjang, tetapi berbentuk persegi.

  • Bendera Swiss merupakan bendera yang terdiri dari palang putih yang berlatar belakang warna merah.
  • Bendera Swiss diperkenalkan sejak tahun 1889.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

9. Jepang

Jepang menjadi negara berikutnya yang memakai bendera nasional berwarna merah putih.  Hanya saja warna merahnya bukanlah warna merah yang mencolok, melainkan merah seperti crimson red atau merah lembayung. Bendera ini umumnya dibuat dalam bentuk persegi panjang dengan perbandingan lebar dan panjang 2:3.

Ciri paling khas yang membedakan bendera nasional Jepang dengan bendera lain yaitu bendera Jepang memiliki warna dasar putih dengan sebuah lingkaran merah di tengah bidang putih.

  • Warna putih dipilih sebagai warna bendera Jepang untuk melambangkan kejujuran dan integritas yang dianut oleh masyarakat Jepang.
  • Sedangkan lingkaran merah pada bendera melambangkan ketulusan dan mewakili Dewi Amaterasu, dewi matahari dalam mitologi Jepang.

Bendera Jepang secara resmi disebut Nisshōki dalam bahasa Jepang, namun secara umum dikenal sebagai Hinomaru. Bendera Nisshōki ini ditetapkan sebagai bendera nasional sesuai Aturan Tentang Bendera Nasional dan Lagu Kebangsaan Nasional, yang diumumkan dan berlaku sejak 13 Agustus 1999.

Bendera Merah Putih

Sumber : https://id.wikipedia.org/

Bahan Untuk Bendera

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, bendera sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai macam jenis bahan, mulai dari kain TC, TR, polyester, parasut dan satin super yang memiliki karakteristik berbeda satu sama lain.

1. Kain TC

Kain TC untuk bendera ada dua jenis yakni TC-1 dan TC-2, yang memiliki konstruk 60/40 sehingga sangat kuat, tahan lama dan tidak mudah robek.

  • Dengan konstruksi yang sedemikian rupa, bendera yang dihasilkan umumnya akan sangat kuat dan tidak mudah robek.  
  • Bahan TC biasanya paling banyak digunakan untuk pembuatan bendera merah putih.

2. Kain TR

Kain TR (tetoron rayon) adalah kain yang dibuat dari campuran polyester dan rayon.

3. Kain Polyester

Kain polyester merupakan jenis kain sintetis yang diproduksi dari serat buatan. Kain polyester banyak dipilih sebagai bahan bendera karena memiliki warna yang cerah dan tidak mudah kusam.

4. Kain Parasut Super

Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan kain yang memiliki karakteristik ringan, adapun jenis parasut yang sering dipakai untuk bendera dan umbul-umbul yaitu berupa Kain Parasut Super yang permukaannya mengkilap dan lebih tebal dari parasut tipis, tapi sama-sama tidak memiliki sifat anti air.

  • Kain parasut super terkenal akan durabilitas dan kekuatannya.
  • Kain parasut super juga bertekstur halus, licin dan mengkilap.
  • Walaupun bahan kain parasut lumayan tipis tapi kain ini umumnya terbilang awet dan tidak mudah sobek.
  • Bendera parasut bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya asal dirawat dengan cara yang tepat.
  • Kain parasut super memiliki tampilan yang senantiasa terlihat rapi karena karakteristik bahannya tidak mudah kusut walau sudah sering dipakai berkali-kali.
  • Kain parasut super terkenal terhadap terpaan angin kencang, jadi ketika digunakan tidak akan mudah sobek.
  • Kain parasut super sangat mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga cepat.

5. Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun dengan teknik serat filamen. Kain satin yang biasa dipakai untuk bendera kebanyakan berupa kain satin super yang memiliki karakteristik halus, mengkilap, licin dan kuat.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa dilihat bukan, bahwa selain Indonesia ternyata terdapat banyak sekali negara di dunia yang menggunakan bendera berwarna merah putih sebagai bendera nasional. Sekalipun dari segi warna memiliki sedikit kesamaan, namun tiap-tiap bendera tersebut tetap saja memiliki maknanya masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.