Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Menarik Tentang…

8 Fakta Menarik Tentang Jaket Harrington

Jaket harrington dikenal sebagai salah satu jenis jaket yang dapat dikenakan dalam berbagai macam aktifitas mulai dari kuliah, ke kantor atau sekedar hangout. Dibaik tampilannya yang terkesan sangat eksklusif jaket ini ternyata juga menyimpan banyak fakta teresmbunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Harrington

Jaket harrington dapat dikategorikan kedalam jenis jaket bergaya klasik yang diperoleh dari perpaduan antara jaket semi formal dan jaket casual. Sebagai pelengkap gaya penampilan yang fashionable, jaket ini umumnya banyak dibuat dalam ukuran panjang hingga sebatas pinggang dan memiliki motif kotak-kotak di bagian dalamnya.

Jaket Harrington

Sumber : https://deeceestyle.ch/

Fakta Menarik Jaket Harrington

Berbicara mengenai jaket harrington, lantas bagaimana asal mula terciptanya jaket tersebut hingga digunakan oleh kaum pria untuk menambah style dalam berpakaian?. Untuk menjawab rasa penasaran anda simak pembahasan berikut yuk.

1. Diciptakan Brand Asal Inggris

Sebagian besar sumber menyatakan bahwa jaket Harrington pertama kali dirancang di Inggris pada tahun 1937 oleh John Miller dan Isaac Miller, pendiri brand Baracuta dari Kota Stockport, Greater Manchester.

Pada saat yang sama perusahaan asal Inggris “British Grenfell” yang berkantor di Burnley, Lancashire juga mengklaim membuat gaya jaket yang sama pada awal tahun 1930-an.

Di antara keduanya, jaket yang dibuat oleh Baracuta sendiri dikenal sebagai original tipe jaket harrington yang mempelopori lahirnya versi jaket harrington modern. Sampai tahun 2012 infonya Baracuta masih membuat jaket harrington dengan tipe yang sama dengan jaket dari jaman dulu.

Jaket Harrington

Sumber : https://deeceestyle.ch/

2. Identik Dengan Furing Kotak-Kotak

Jaket harrington memiliki ciri yang sangat khas yakni memakai kain bermotif kotak-kotak yang iconic di bagian furringnya. Dalam hal ini kain furing yang dipakai bisa berupa kain katun flanel yang bertekstur lembut dan halus karena dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan.

Jaket Harrington

Sumber : https://deeceestyle.ch/

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain katun flanel diantaranya:

  • Kain katun flanel dibuat dengan teknik tenun plain weave dan pada salah satu sisinya dilakukan proses penyikatan (brushed) sehingga menghasilkan permukaan yang lembut.
  • Selain lembut kain katun flanel teksturnya juga lebih tebal dan agak berbulu sehingga mampu memberikan rasa hangat kepada pemakainya.
  • Kain katun flanel sangat cocok digunakan sebagai bahan pelapis jaket harrington karena tampilannya terkesan sangat eksklusif.

Butuh bahan kain katun flanel berkualitas untuk furing jaket harrington?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun Flanel yang kami miliki.

3. Asal Mula Nama Harrington

Pada tahun 1958 Elvis Presley sempat mempopulerkan jenis jaket Harrington model Baracuta G9 di film King Creole. Sayangnya nama jaket Harrington tidak berevolusi sampai pada tahun 1964.

Nama harrington sendiri mulai muncul setelah jaket Baracuta G9 dikenakan oleh Rodney Harrington karakter yang dimainkan oleh Ryan O’Neal dalam acara TV, Peyton Place.

4. Dipopulerkan Oleh Artis Legendaris

Jaket harrington menjadi semakin populer setelah dikenakan oleh sejumlah artis legendaris seperti Steve McQueen dan Christopher Reeve.

  • Jaket harrington semakin populer di Amerika ketika dikenakan oleh Steve McQueen untuk pemotretan cover Life Magazine (1963) dan film The Crown Affair Thomas pada tahun 1968.
  • Christopher Reeve diketahui pernah mengenakan jaket Harrington pada film Superman di tahun 1980.

Selain itu jaket Harrington dikenakan juga oleh banyak nama-nama terkenal termasuk Frank Sinatra, Gregory Peck sampai James Dean.

5. Banyak Dipakai Kaum Buruh Inggris

Banyak para buruh di Inggris yang memakai jaket Harrington sebagai item fashion andalan mereka sewaktu sedang bekerja, nongkrong di bar atau nonton bareng pertandingan sepak bola.

  • Kondisi perekonomian yang sedang kurang baik saat itu mendorong para kaum buruh di Inggris untuk tetap eksis dengan gaya busana yang diberi nama mods.
  • Tujuan mereka sangatlah sederhana, yakni agar tetap terlihat rapi, modis, dan smart meskipun sedang mengalami kondisi ekonomi yang kurang baik.

6. Menjadi Bagian Komunitas Subkultur

Pada tahun 1960-an jaket harrington menjadi salah satu jenis jaket yang modis di antara komunitas Mods dan Skinhead Inggris. Berawal dari situlah jaket harrington dianggap sebagai bagian ikonik dari penampilan British.

Jaket Harrington

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Subkultur mods sendiri lahir pertama kali di Inggris pada akhir tahun 50-an.

  • Mods style ini juga identik dengan scooter atau vespa.
  • Mods style memasuki puncak kejayaannya pada tahun 1962
  • Sampai akhir tahun 70-an mods style mulai menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Lain halnya dengan mods, sub kultur skinhead lahir di London, Inggris pada akhir tahun 1960-an.

  • Nama skinhead merujuk kepada para pengikut budaya yang rambutnya dipangkas botak.
  • Skinhead juga bisa merujuk pada fans musik streetpunk dan juga punk.

7. Terdaftar di Perancis Tahun 1985

Harrington telah menjadi merek dagang terdaftar di Perancis sejak tahun 1985.

8. Perkembangan Jaket Harrington Modern

Dengan tetap mempertahankan ciri khasnya yakni memakai unsur motif kotak-kotak, jaket harrington modern yang berkembang masa kini kebanyakan juga masih menggunakan kain katun flanel sebagai furingnya hanya saja material yang dipakai untuk bagian luar lebih bervariasi.

Jaket Harrington

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa jenis bahan kain yang banyak digunakan untuk bagian luar jaket harrington modern antara lain berupa:

  • Kain Kanvas

Kain kanvas yang memiliki krakteristik sangat kuat dan  serat benang yang terlihat sangat jelas pada permukaan kainnya.

  • Kain Drill

Kain drill merupakan sejenis bahan kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat.

  • Kain Taslan

Kain taslan dikenal sebagai salah satu bahan jaket yang bagus dan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi.

  • Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap.

  • Kain Parasut

Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus karena terbilang awet dan ringan walau sebenarnya cenderung tipis.

  • Kain Micro

Kain micro merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai.

Tertarik untuk membuat jaket harrington sendiri tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkan bahan yang berkualitas?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang jaket harrington yang dapat kami bagikan untuk anda. Bila melihat fungsinya maka jaket harrington ini pada dasarnya lebih cocok digunakan untuk mendukung penampilan dibanding dikenakan pada cuaca yang sangat dingin.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.