Article

Homepage Article Kain 3 Hal Yang Harus Diperhatikan…

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Sprei Waterproof

Berencana untuk membeli sprei waterproof tapi masih bingung harus memilih bahan kain yang seperti apa?. Untuk lebih memudahkan anda dalam menemukan sprei yang tepat berikut kami bagikan tiga hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sprei waterproof.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sprei Waterproof

Sprei waterproof dapat dikategorikan ke dalam salah satu produk inovasi modern yang dapat digunakan untuk melindungi kasur dan springbed dari keringat, ompol bayi, muntah atau tumpahan cairan sehingga noda tersebut tidak tembus ke bawah kasur.

  • Sprei waterproof aman digunakan untuk bayi, anak dan orang tua karena terbuat dari bahan kain yang dilengkapi dengan lapisan anti air.
  • Sprei waterproof bisa menjadi solusi yang ideal untuk menjaga kebersihan dan ketahanan kasur, sehingga umur kasur akan menjadi lebih panjang.
  • Sprei waterproof berperan penting untuk melindungi kasur dari tungau dan debu yang berbahaya untuk kulit dan saluran pernafasan.
  • Sprei waterproof bisa dipakai untuk menekan penggunaan pampers pada saat balita tertidur sehingga dapat mengurangi pengeluaran bulanan.
  • Selain itu sprei waterproof  juga dapat meringankan beban para ibu dalam mengganti sprei.

Sprei Waterproof

Sumber : https://www.elitestore.pk/

Tips Memilih Sprei Waterproof

Berencana untuk membeli sprei waterproof dalam waktu dekat?. Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa hal penting yang layak dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sprei waterproof yang sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Lapisan Sprei

Pastikan sprei waterproof yang hendak anda pilih terbuat dari bahan yang berkualitas. Sprei waterproof sendiri umumnya memiliki lapisan yang mencegah air tembus ke kasur, dalam hal ini lapisan yang paling sering digunakan adalah vinyl dan polyurethane.

  • Lapisan Vinyl

Bahan vinyl bersifat non-permeabel dan memiliki sirkulasi udara yang kurang baik di permukaan sprei. Jadi ketika digunakan untuk tidur, suhu panas tubuh akan dipantulkan ke pengguna dan membuat tubuh  merasa gerah.

  • Lapisan Polyurethane

Polyurethane merupakan material yang memiliki sifat elastis seperti material karet. Meski demikian polyurethane memiliki kekuatan serta daya tahan yang lebih dari pada karet.

  • Sprei dengan lapisan polyurethane umumnya cenderung ringan dan sangat tahan lama.
  • Polyurethane bersifat breathable dan mampu menyerap panas tubuh, jadi permukaannya lebih dingin dan nyaman.
  • Dari segi harga sprei waterproof dari polyurethane juga memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan sprei vinyl.
  • Meskipun sama-sama kedap air, namun kedua material tersebut pada dasarnya memiliki sifat yang sangat berbeda. Jadi sebelum anda membelinya, selalu baca deskripsi produk untuk mengetahui jenis lapisan yang ada pada sprei tersebut.

Selain vinyl dan polyurethane, terdapat pula sprei waterproof yang dilaminasi latex pada permukaan bagian bawah kain, sehingga semua pori kain tertutup dan tidak mampu meneruskan cairan. Jadi sekalipun basah cairan hanya akan tergenang di atas sprei.

  • Latex sendiri merupakan bahan alami yang asalnya dari getah pohon karet.
  • Sprei dengan lapisan latex terbilang lebih sejuk saat digunakan karena terbuat dari bahan karet alam.
  • Sprei dengan lapisan latex sangat minim bahan kimia, jadi aman bagi orang yang memiliki kulit sensitif termasuk bayi.

2. Daya Serap

Selain lapisan hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih produk sprei waterproof adalah daya serap sprei terhadap cairan.

  • Umumnya sprei waterproof mempunyai kemampuan untuk menyerap dan menahan hingga 6 gelas cairan.  
  • Semakin tebal bahan sprei kemampuan untuk menahan airnya juga akan semakin besar.
  • Semakin bagus daya serap sprei anti air maka akan semakin nyaman juga sprei tersebut ketika digunakan untuk tidur.

Sprei Waterproof

Sumber : https://www.buyon.pk/

3. Cara Perawatan

Meskipun dibuat untuk melindungi dan menjaga kasur tetap bersih, sprei waterproof pada dasarnya juga perlu dirawat dengan cara yang tepat agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Jadi sebelum membelinya pastikan anda paham cara perawatan yang harus dilakukan untuk merawat sprei tersebut.

  • Untuk membersihkan sprei waterproof dengan lapisan vinyl anda hanya perlu mengelapnya dengan kain lap basah kemudian dilap ulang dengan kain kering.
  • Tapi untuk membersihkan sprei waterproof dengan lapisan polyurethane dan juga latex, sprei perlu dicuci secara reguler.
  • Segera bersihkan sprei anti air bila terpapar noda terutama noda ompol, karena ompol sendiri merupakan cairan asam yang tajam.
  • Rendam sprei dengan detergent secukupnya (jangan terlalu banyak dan jangan terlalu lama).
  • Kucek sprei dengan menggunakan tangan terutama pada area yang terkena noda.
  • Bilas sprei sampai bersih kemudian jemur ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, bisa juga diangin-anginkan saja.

Untuk menjaga sprei waterproof anda tetap awet dan tidak mudah rusak, anda bisa melapisi bagian atasnya dengan sprei berbahan kain biasa saat digunakan. Dengan cara ini setidaknya debu dan noda membandel akan menempel pada sprei biasa yang bisa dicuci dengan mudah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih sprei waterproof atau sprei anti air. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan sprai waterproof yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Kalau anda lebih tertarik untuk membuat sprei anti air sendiri dibanding membeli sprai yang sudah jadi maka langkah pertama siapkan bahan untuk sprei lebih dulu, mesin jahit dan peralatan jahit lainnya.

  • Setelah semua peralatan untuk membuat sprei selesai disiapkan langkah selanjutnya buat pola sprei sesuai ukuran kasur yang anda miliki.
  • Selesai membuat pola selanjutnya pemotong bahan sprei sesuai dengan pola yang dibuat kemudian jahit seluruh sisi sprei agar terlihat lebih rapi.
  • Sampai di sini sprei waterproof sudah siap untuk digunakan untuk melindungi kasur anda agar senantiasa terjaga kebersihannya.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat sprai anti air tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan sprei yang kami miliki.

Kain sprei waterproof polos termasuk ke dalam jenis bahan sprei anti air yang memiliki karakteristik lembut dan tidak panas. Lapisan anti airnya di bagian bawah kain menahan air supaya tidak rembes.

Sprei Waterproof

Sumber : https://fitinline.com/

Kain sprei waterproof motif merupakan jenis kain waterproof dengan motif klasik yang dapat digunakan untuk membuat sprei anti air. Permukaannya yang lembut dan tidak panas sangat nyaman dipakai sebagai sprei.

Sprei Waterproof

Sumber : https://fitinline.com/

Semoga bermanfaaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.