Article

Homepage Article Kain 8 Fakta Menarik Serat Spandex…

8 Fakta Menarik Serat Spandex Yang Memiliki Elastisitas Tinggi

Dikenal sebagai salah satu jenis serat sintetis yang memiliki elastisitas tinggi dan dapat kembali ke bentuk semula setelah direntangkan, serat spandex / serat spandek di baju yang kamu pakai ternyata juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri loh.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Serat Spandex

Serat spandex / serat spandek merupakan salah satu jenis serat sintetis berbasis poliuretan yang sering digunakan dalam pembuatan kaos olahraga, kaos jersey dan pakaian renang karena memiliki elastisitas yang cukup tinggi dan dapat kembali ke bentuknya semula setelah direntangkan.

Serat Spandek Serat Spandek

Sumber : https://textilevaluechain.in/, https://fitinline.com/

Fakta Menarik Serat Spandex

Layaknya serat lain yang digunakan untuk membuat bahan kain, serat spandex / serat spandek ini juga menyimpan banyak fakta yang menarik untuk ditelusuri lho. Berikut beberapa fakta menarik tentang serat spandex / serat spandek yang penting untuk kamu ketahui.

1. Ditemukan Tahun 1947

Serat spandex / serat spandek pertama kali ditemukan pada tahun 1947 oleh ahli kimia dan industrialis Prancis-Amerika, Éleuthère Irénée du Pont de Nemours yang bekerja sebagai bagian dari tim peneliti di perusahaan kimia Du Pont.

  • Du Pont sendiri merupakan perusahaan asal Amerika yang didirikan pada bulan Juli 1802 di Wilmington, Delaware.
  • Adapun serat spandex yang kita kenal hingga kini merupakan hasil pengembangan serat sintetis baru yang memiliki sifat elastis.

2. Nama Awalnya Fiber K

Serat spandex / serat spandek yang dibuat oleh perusahaan Du Pont pertama kali diperkenalkan dengan sebutan “fiber K”. Serat temuan Du Pont tersebut selanjutnya terus dikembangkan sebagai bahan pengganti karet yang diberi nama “lycra”.

  • Patent pertama untuk serat spandek atau elastan diajukan oleh DuPont pada tahun 1962 dengan nama Lycra.
  • Sejak itu serat elastan telah menjadi bahan yang sangat populer dalam industri tekstil dan digunakan oleh banyak produsen pakaian di seluruh dunia.

3. Dibuat Dari Poliuretan

Dilihat dari bahan utamanya serat spandex / serat spandek sebenarnya berasal dari polimer poliuretan, karena alasan itu juga serat spandex / serat spandek ini sering disebut sebagai serat elastomer atau serat poliuretan.

Untuk proses produksinya sendiri, serat spandex / serat spandek secara umum dapat diproduksi dengan empat cara, yakni ekstrusi leleh, pemintalan reaksi, pemintalan kering larutan dan pemintalan basah larutan.

Dari keempat metode yang ada, secara keseluruhan semua dimulai dengan mereaksikan monomer untuk menghasilkan prepolimer, baru kemudian prepolimer tersebut direaksikan dalam berbagai cara dan ditarik keluar untuk menghasilkan spandek.

4. Punya Banyak Nama Lain

Serat spandex / serat spandek juga punya sebutan yang berbeda-beda di berbagai belahan dunia. Beberapa istilah yang umum dipakai untuk menyebutkan serat spandex / serat spandek diantaranya:

  • Elasthanne (Prancis).
  • Elastan (Jerman dan Swedia).
  • Elastano (Spanyol).
  • Elastam (Italia).
  • Elastaan (Belanda).
  • Lycra di Britania Raya, Irlandia, Portugal, Spanyol, Amerika Latin, Australia, Selandia Baru dan Israel.

5. Karakteristiknya Sangat Khas

Serat spandex / serat spandek termasuk ke dalam jenis serat sintetis yang sangat khas dan punya banyak keunggulan. Berikut beberapa karakteristik paling khas dari serat spandex / serat spandek yang penting untuk kamu ketahui.

  • Daya Serap

Serat spandex bersifat hidrofob dengan moisture regain sebesar 0.5 sampai dengan 1.5 %.

  • Sifat Terhadap Panas

Serat spandex / serat spandek mampu tahan terhadap panas hingga 180 derajat celcius dan akan meleh pada suhu 230 derajat celcius.

  • Elastisitas

Serat spandex / serat spandek memiliki elastisitas sangat baik dapat di tarik hingga 500%.

  • Sifat Terhadap Bahan Kimia

Serat spandex / serat spandek ini akan tahan pada setiap bahan kimia terkecuali hipoklorit karena bisa menyebabkan warnanya jadi kuning.

  • Sifat Terhadap Pembakaran

Serat spandex / serat spandek bersifat tidak mudah terbakar dan tidak meneruskan pembakaran

  • Stabilitas

Serat spandex / serat spandek memiliki stabilitas dimensi yang sangat baik dan dapat di cuci berulang kali tanpa mengkerut.

  • Kekuatan

Kekuatan serat spandex / serat spandek dalam keadaan kering maupun basah tidak terlalu jauh berbeda.

5. Memiliki Elastisitas Tinggi

Serat spandex / serat spandek termasuk ke dalam salah satu jenis serat sintetis yang terkenal karena elastisitasnya. Saking elastisnya serat spandex / serat spandek ini bahkan bisa melar hingga 500% dari ukuran normalnya.

  • Serat spandex / serat spandek memiliki daya elastisitas yang tinggi dan dapat kembali lagi panjang normalnya setelah tekanan atau beban di hilangkan.
  • Serat spandex / serat spandek benar-benar mirip dengan karet dan tentu saja akan mengikuti bentuk tubuh dengan sangat sempurna.
  • Serat spandex / serat spandek yang fleksibel juga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan busana untuk kegiatan yang membutuhkan fisik nan aktif.

6. Bisa Dicampur Serat Lain

Dalam pembuatan kain, serat spandek atau elastan sering dicampur dengan serat lain untuk mendapatkan keunggulan dari kombinasi kedua serat tersebut. Beberapa serat yang umum dicampur dengan spandek antara lain berupa serat kapas, serat poliester, serat rayon, wol dan juga nylon.

7. Aplikasinya Sangat Luas

Serat spandex / serat spandek memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Contoh pengaplikasiannya dalam dunia tektil yaitu untuk pembuatan pakaian dalam, kaos kaki, ikat pinggang dan juga berbagai pakaian olahraga.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang serat spandex / serat spandek yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya fakta unik dan menarik tentang serat spandex / serat spandek yang sudah disebutkan di atas, semoga pengetahuan kamu tentang serat kain jadi makin bertambah ya.

Butuh bahan kain spandex / kain spandek berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi bahan kain yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.