Article

Homepage Article Kain Tekstil Mengenal Karakteristik Kain…

Mengenal Karakteristik Kain Supernova dan Aplikasinya Pada Pakaian Pria Maupun Wanita

Mencari bahan kain yang bagus digunakan untuk membuat kemeja pria, baju koko, gamis, hijab, tunik, rok dan juga long cardigan?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih bahan kain katun supernova yang memiliki karakteristik ringan, adem lembut dan halus sehingga sangat cocok dipakai di daerah yang beriklim tropis.

Pengertian Bahan Kain Supernova

Bahan katun supernova dapat dikaterorikan ke dalam jenis kain yang berasal dari keluarga kain katun. Kain ini sangat mudah dikenali karena memiliki karakteristik yang khas yakni terdapat serabut-serabut kecil dari serat kain di atas permukaan kainnya, berwarna agak kusam dan bertekstur misty (seperti motif gerimis).

Kain Supernova

Sumber : https://fitinline.com/

Tekstur misty yang terdapat pada kain katun supernova bisa dilihat secara jelas dari foto close up yang diambil dari kain supernova warna black atau mocca. Dalam satu lembar kain supernova bisa dijumpai adanya 2 warna secara bersamaan. Bila warnanya biru dongker ada campuran abu (muda/tua) dalam warna dongkernya.

Kain Supernova

Sumber : https://olympics30.com/

Karakteristik Bahan Kain Supernova

Sebagai salah satu jenis bahan kain yang berasal dari keluarga kain katun, kain supernova jelas memiliki karakteristik yang cukup unik dan berbeda dengan bahan kain pada umumnya. Beberapa ciri khas yang membedakan bahan katun supernova dengan bahan yang lain yaitu:

  1. Bahannya halus, lembut, adem dan tidak tembus pandang (kecuali yang berwarna putih). Inilah ciri khas yang dimiliki semua jenis kain katun murni termasuk kain supernova.
  2. Penggunaan serat kapas alami sebagai bahan dasar supernova, menjadikan kain ini sangat halus, lembut dan tidak menyebabkan alergi.
  3. Kerena serat kapas yang menjadi bahan dasar kain supernova terkenal cukup kuat maka kain yang dihasilkan pun tidak mudah robek, cenderung tidak mudah luntur atau pudar warnanya, meskipun sering dicuci.
  4. Jika diamati secara detail, pada permukaan bahan kain supernova sebenarnya terdapat serabut-serabut kecil yang berasal dari serat kain.
  5. Kain katun supernova bersifat sejuk dan mudah menyerap keringat karena memiliki rongga yang memungkinkan kulit untuk bernapas dengan baik.
  6. Kain katun supernova cenderung ringan sehingga sangat cocok digunakan di negara Indoesia bahkan saat cuaca panas sekalipun.

Kelebihan Bahan Kain Supernova

Dengan melihat sejumlah karakteristik yang dimilikinya, bahan katun supernova pada dasarnya juga menawarkan sejumlah kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan jenis pakaian yang lainnya. Beberapa kelebihan dari kain supernova yang paling mencolok diantaranya:

  1. Bahan kain supernova cenderung mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok dan nyaman digunakan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.
  2. Karakteristik bahannya yang lembut, menjadikan kain katun supernova begitu mudah dikreasikan menjadi berbagai produk pelengkap kebutuhan fashion.  
  3. Kain supernova memiliki tingkat ketebalan yang bervariasi mulai dari yang sedang namun ada juga yang cukup tebal sehingga bisa dengan bebas dipilih sesuai kebutuhan.

Kekurangan Bahan Kain Supernova

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya bahan katun supernova ternyata juga tidak luput dari kekurangan lho. Beberapa kekurangan dari kainsupernova diantaranya:

  1. Sifat mudah kusut sebenarnya menjadi salah satu ciri sekaligus kelemahan kain katun secara umum dan bahan supernova adalah salah satu di antaranya.
  2. Karena bahan katun supernova tergolong mudah kusut jadi anda harus rajin-rajin menyetrikanya agar tetap rapi dan licin.
  3. Khusus untuk kain katun supernova yang berwarna putih bahannya cenderung tembus pandang sehingga membutuhkan tambahan furing ketika digunakan sebagai bahan pakaian.
  4. Sekalipun bahan katun supernova terbilang mudah kusut tapi ada juga lho yang menganggap bahwa sifat kusut pada bahan ini justru membuatnya tampak natural dan keren. Semua kembli lagi pada penilaian masing-masing orang yang memakainya.

Butuh Bahan Kain Supernova berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju koko, gamis, tunik dan juga long cardigan?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu katalog kain kami Di Sini.

Pemanfaatan Bahan Kain Supernova

Sebagai bahan dasar pembuatan produk pakaian, kain supernova sendiri setidaknya dapat dijumpai dalam dua macam varian, yakni kain supernova sedang yang memiliki karakter agak jatuh dan kain supernova tebal yang memiliki tekstur sedikit kaku.

  • Kain yang tebalnya sedang sangat cocok digunakan untuk membuat kemeja pria, baju koko, gamis, hijab, tunik, rok dan juga long cardigan.
  • Sementara kain yang lebih tebal dan sifatnya sedikit lebih kaku lebih cocok digunakan untuk membuat celana panjang.

1. Kemeja Pria

Kemeja merupakan sejenis pakaian pria yang dilengkapi dengan kerah, saku dan kancing pada bagian depannya. Selain memiliki desain dan tampilannya yang cukup beragam, jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kemeja rupanya juga sangat bervariasi salah satunya kain katun supernova.

Kain Supernova

Sumber : https://shopee.co.id/

Berdasarkan desain dan variasinya kemeja yang dapat digunakan untuk pelengkap gaya penampilan pria sendiri juga sangat beragam ada yang dibuat dengan model reguler ada juga yang dibuat model slim fit mengikuti bentuk tubuh penggunanya.

  • Hal paling menonjol yang membedakan kemeja slim fit dengan jenis kemeja lainnya yaitu terletak pada ukurannya.
  • Jika kemeja slim fit lebih banyak dibuat pas badan, maka kemeja casual atau kemeja pria standar umumnya relatif lebih longgar.

Ingin membuat kemeja sendiri dengan cara yang lebih praktis?. Kalau mau anda bisa mendownload pola kemeja dari kami. Beberapa contoh pola kemeja yang bisa anda pakai diantaranya:

2. Baju Koko

Baju koko merupakan baju dengan kerah tegak di leher yang dilengkapi dengan sejumlah kancing dibawahnya. Dari yang awalnya hanya dibuat dalam satu model, kini baju koko pria  juga mulai banyak mengalami perubahan desain menjadi lebih beragam. Beberapa model baju koko yang dimaksud yakni:

  • Baju koko pria dengan leher berbentuk O atau V yang sangat cocok dikenakan untuk mereka yang berleher besar.
  • Baju koko lengan panjang yang sangat cocok digunakan sebagai pelangkap gaya penampilan saat beribadah ke masjid atau menghadiri acara keagamaan lainnya.
  • Baju koko lengan pendek yang keren dan trendy sebagai identitas diri maupun sebagai baju sehari-hari.
  • Baju koko dengan panjang hingga ke mata kaki. Beberapa ada pula yang menyebut baju koko panjang dengan sebutan gamis.
    • Khusus untuk baju koko panjang yang berkerah rapat biasa disebut jubbas dan thobes (tawb).
    • Sedangkan baju koko panjang yang berkerah bulat biasa dinamakan galabiyya.
  • Model baju koko berikutnya yang tidak kalah unik yaitu baju koko 3/4 yang memiliki panjang hingga ke lutut.

Kain Supernova

Sumber : https://www.instagram.com/

Tertarik untuk menjahit baju koko sendiri tapi bingung bagaimana cara membuat polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Baju Koko Pria siap pakai dari kami Di Sini.

3. Gamis Wanita

Gamis wanita merupakan pakaian muslim yang banyak diciptakan dalam bentuk terusan lurus, panjang dan longgar hingga menutupi seluruh badan pemakainya. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita gamis yang dibuat dari kain supernova akan terasa sangat nyaman dan sejuk dipakai seharian.

Kain Supernova

Sumber : https://hijabenka.com/

Tertarik untuk membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis ada bisa mendownload pola gamis wanita dari kami.

  • Pola Baju Gamis Wanita Model Lurus

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

  • Pola Baju Gamis Wanita Model Berpinggang

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

4. Hijab

Hijab dapat didefinisikan sebagai sepotong yang digunakan untuk menutup bagian kepala perempuan. Bergantung pada desain dan tujuan pemakaiannya jilbab yang ada sampai sekarang ini pada prinsipnya banyak dibuat dari bahan kain yang berbeda-beda salah satunya yakni berupa kain supernova.

Kain Supernova

Sumber : https://id.carousell.com/

5. Tunik

Tunik merupakan sepotong pakaian longgar yang menutupi dada, bahu dan punggung dengan panjang hingga sebatas lutut maupun betis. Di masa lalu tunik untuk wanita sebagian besar banyak diciptakan dari kain linen namun seiring berjalannya waktu banyak juga yang dibuat dari kain supernova.

Kain Supernova

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beberapa contoh model tunik modern yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Simple tunik yang memiliki potongan sederhana dan tidak terlalu banyak detail. Selain itu ukuran tunik inipun biasanya juga tidak terlalu panjang.
  • Tunik ala peplum yang memiliki efek lebih mengembang dan penuh pada bagian bawahnya sehingga sangat cocok digunakan dalam acara formal maupun casual.
  • Tunik vest atau tunik rompi yang sangat trend di Korea dan Jepang. Tunik ini biasanya sering dipakai sebagai outer ketika memakai kaos maupun kemeja.
  • Tunik abaya yang diperoleh dari perpaduan antara tunik dan abaya. Untuk keperluan lebaran baju tunik abaya tinggal kombinasikan dengan jilbab yang sesuai.
  • Berikutnya ada tunik dengan potongan asimetris yang bisa anda pakai sebagai pakaian lebaran, kondangan maupun pakaian harian.
  • Untuk anda yang aktif dan memiliki kegiatan cukup padat coba kenakan tunik yang memiliki bentuk seperti layaknya dress tetapi sebenarnya adalah tunik.

6. Rok

Rok merupakan sejenis busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Model pakaian wanita yang satu ini umumnya dapat dikenakan mulai dari pinggang melewati panggul sampai batas bawah tertentu sesuai dengan keinginan.

  • Berdasarkan bentuk dan ukuran panjangnya, model rok yang dapat dikenakan oleh para wanita secara keseluruhan dapat dibedakan menjadi rok micro, rok mini, knee length skirt, rok midi, rok maxi dan rok floor.
  • Selain dibedakan berdasarkan ukuran panjangnya rok wanita sebenarnya juga dapat dibedakan berdasarkan siluetnya., yakni rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit serta rok bertingkat.

Kain Supernova

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga pembahasan mengenai Cara Praktis Membuat Berbagai Model Rok Untuk Penjahit Pemula kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi mengenai tips dan trik yang dapat dilakukan untuk membuat rok wanita.

7. Long Cardigan

Long cardigan merupakan sejenis pakaian terusan yang memiliki potongan cukup panjang hingga betis bahkan ada yang mencapai mata kaki. Dengan tampilannya yang terlesan classy long cardigan ini sangat cocok dikenakan pada berbagai kesempatan casual maupun acara lain yang bersifat formal.

Kain Supernova

Sumber : https://ninanugroho.com/

Beberapa contoh ide padupadan long cardigan yang paling ideal dan bisa anda terapkan ke dalam gaya penampilan diantaranya:

  • Padupadankan long cardigan dengan gamis yang berwarna senada untuk mendapatkan tampilan yang fresh dan lain dari biasanya.
  • Kenakan long cardigan sebagai outer dari busana penutup tubuh bagian atas dan bawah yang didesain dalam bentuk terpisah, misal kaos polos dan celana panjang.
  • Selain dipadukan dengan celana panjang, long cardigan sebenarnya juga dapat dikombinasikan dengan rok lipit maupun rok A-line yang didesain dalam ukuran panjang.
  • Khusus untuk anda yang bosan mengenakan dress panjang atau gamis, anda bisa memadukan maxi dress dengan long cardigan.

8. Celana

Celana merupakan busana penutup tubuh bagian bawah berbentuk pipa yang dapat dibuat dari bahan kain supernova tebal dan dipakai mulai dari pinggang melewati panggul sesuai panjang yang diinginkan. Celana untuk wanita biasa disebut dengan slack sedangkan celana untuk pria biasa disebut pantalon.

Kain Supernova

Sumber :  https://shopee.co.id/

Berkeinginan untuk membuat celana formal sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Celana Pria dan Pola Celana Wanita dari kami.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan pakaian, kain katun supernova sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sarung bantal maupun produk pelengkap rumah tangga yang lain karena seratnya sangat mirip dengan katun linen lho.

Cara Merawat Bahan Kain Supernova

Terkait dengan prosedur perawatan yang harus diterapkan pada produk pakaian berbahan kain supernova, sebenarnya cara pencuciannya tidaklah terlalu sulit. Perhatian ekstra dibutuhkan hanya pada saat proses menyetrika, sedangkan cara mencuci dan menjemur relatif mudah.

  1. Sebelum melakukan pencucian pisahkan pakaian berbahan supernova dari bahan lain yang berpotensi luntur.
  2. Untuk mendapatkan hasil terbaik cuci pakaian berbahan supernova secara manual dengan menggunakan tangan.
    • Pilih detergen yang berbahan lembut untuk mencuci pakaian berbahan supernova.
    • Jangan merendam pakaian terlalu lama agar bahan kainnya tetap awet.
    • Hindari penggunaan sikat untuk membersihkan noda yang menempel pada pakaian karena penyikatan akan membuat seratnya rusak dan berantakan.
    • Setelah proses pencucian selesai dilakukan, segera jemur cucian anda agar tidak berbau.
  3. Keringkan pakaian berbahan supernova di tempat yang bersih, teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  4. Karena mudah kusut produk berbahan supernova perlu disetrika agar lebih rapi saat dikenakan tetapi tidak perlu menggunakan suhu terlalu panas, cukup yang sedang saja.
    • Pastikan anda menyetrika pakaian berbahan supernova bila kainnya memang sudah benar-benar kering.
    • Untuk menyetrika pakaian yang dibuat dari kain supernova memang dibutuhkan kesabaran karena sifat kainnya sulit dirapikan.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengenalan karakteristik kain supenova, kelebihan dan kekurangan kain supernova, pemanfaatan kain supernova serta cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau mau tahu informasi penting terkait  dengan jenis bahan yang lain simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.