Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Kebaya Kutu Baru…

8 Fakta Kebaya Kutu Baru : Dari Sejarah Hingga Penggunaannya Kini

Dikenal sebagai salah satu model kebaya wanita yang memiliki tampilan sangat khas yakni menggunakan bef di bagian tengah badan depan, ternyata kebaya kutu baru juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kebaya Kutu Baru

Kebaya kutu baru termasuk ke dalam salah satu model kebaya wanita yang mempunyai potongan sangat khas yakni dilengkapi dengan tambahan bef alias kain di bagian tengah muka untuk menghubungkan sisi kanan dan kiri kebaya (lipatan kebaya di bagian dada dan perut).

Kebaya Kutu Baru

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Seperti layaknya kemeja kartini, kebaya encim dan model kebaya wanita yang lainnya kebaya kutu baru sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah fakta unik yang mungkin jarang diketahui banyak orang lho.

Fakta Menarik Kebaya Kutu Baru

Mau tahu seperti apa sejarah awal terciptanya kebaya kutu baru dan penggunaannya di masa kini?. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut yuk.

1. Erat Kaitannya Dengan Ajaran Islam

Catatan sejarah menyebutkan, latar belakang terciptanya kebaya kutu baru ternyata memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan perkembangan ajaran Islam yang dianut oleh Kerajaan di Surakarta di masa lalu.

Dimana salah satu tujuan utama dibuatnya kebaya kutu baru pada masa itu adalah untuk melengkapi jarit dan kemben yang digunakan para wanita supaya terlihat lebih sopan dan tertutup sesuai dengan syariat Islam.

2. Menjadi Simbol Status Sosial

Kebaya kutu baru mulai populer di kalangan para kaum ningrat atau kaum bangsawan Jawa pada abad ke-19. Namun seiring berjalannya waktu, kebaya kutu baru juga menjadi populer di kalangan masyarakat biasa.

Perbedaan kelas sosial dari para pengguna kebaya kutu baru bisa dilihat dari bahan dasar serta asesoris yang digunakan dalam kebaya kutu baru itu sendiri.

  • Kebaya untuk kaum ningrat biasanya banyak menggunakan kombinasi dengan Kain Batik tulis, bahan sutra, brokat atau beludru.
  • Sedangkan kebaya untuk kaum biasa lebih sering menggunakan kain buatan pabrik dengan kualitas standart.

3. Dikenal Juga Dengan Kebaya Bef

Kebaya kutu baru dikenal pula dengan sebutan kebaya bef, karena kain yang dijahit di bagian tengah muka kebaya ini biasa disebut juga dengan istilah bef (lapisan tengah berbentuk segi empat di muka kebaya).

4. Menyiratkan Keanggunan Wanita

Ciri klasik kebaya kutu baru yang dilengkapi dengan bef, menyiratkan keanggunan hakiki seorang wanita. Untuk memberikan siluet yang menarik pada tampilan wanita, kebaya kutubaru biasanya dilengkapi pula dengan korset, longtorso atau kamisol.

5. Banyak Pilihan Modelnya

Berdasarkan ukuran befnya kebaya kutu baru dapat dibedakan dalam dua macam model yakni kebaya kutu baru pendek dan kebaya kutu baru panjang.

  • Kebaya kutu baru pendek memiliki bef yang dijahit hanya kira-kira diatas pusar, selebihnya bagian pusar ditutup dengan stagen.
  • Kebaya kutu baru panjang memiliki bef hingga batas bawah pusar, sehingga dalam pemakaiannya tidak dibutuhkan stagen.

Kebaya Kutu Baru

Sumber : https://fitinline.com/

Selain memiliki ukuran bef yang berbeda, terdapat pula beberapa model kebaya kutu baru ekstra panjang yang bagian badannya dibuat hingga sebatas lutut bahkan lebih panjang dari bagian lutut.

Kebaya Kutu Baru

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Berikutnya ada juga kebaya kutu baru model peplum yang memiliki aksen mengembang di bagian bawah dan kebaya kutu baru model asimetris (asimetris di bagian samping, depan dan belakang) yang cocok dipakai untuk memberi ilusi tubuh lebih tinggi dan ramping.

6. Pilihan Bahannya Bervariasi

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, kebaya kutu baru pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang cuku bervariasi. Beberapa diantaranya:

  • Kain lurik yang memiliki motif sangat khas yakni bergaris-garis tetapi kecil-kecil (ukuran garis tidak boleh lebih dari 1 cm).
  • Kain jumputan yang memiliki nilai seni cukup tinggi karena antara kain satu dengan lainnya pasti tidak akan dijumpai motif yang sama persis.
  • Kain sutra yang memiliki karakteristik halus, ringan, berkilau dan dapat menyerap keringat sehingga sangat cocok digunakan di udara yang hangat dan beriklim tropis.
  • Kain katun yang memiliki tekstur sangat lembut, mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai seharian.
  • Kain brokat yang memberikan kesan mewah, sehingga sangat cocok digunakan untuk memperlihatkan gaya yang lebih modern.

Untuk mempercantik tampilannya agar makin menarik, kebaya kutu baru wanita yang dibuat dari bahan brokat pun dapat pula dihias dengan manik-manik ataupun payet.

Kebaya Kutu Baru

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Mewakili Keanggunan Budaya Indonesia

Kebaya kutu baru menjadi salah satu simbol kebanggaan budaya Indonesia. Buktinya pada acara-acara resmi, seperti wisuda, pernikahan adat atau upacara keagamaan, kebaya kutu baru sering dipilih sebagai pakaian yang mewakili keindahan dan keanggunan budaya Indonesia.

8. Padupadannnya Sangatlah Mudah

Kebaya kutu baru tak hanya cocok dipaduapadankan dengan kain jarik, tapi bisa juga dipasangkan dengan berbagai model celana dan rok wanita yang simple. Sebut saja rok batik wiron, rok batik plisket, rok lilit dan berbagai model rok lain yang tidak kalah menarik.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang kebaya kutu baru yang memiliki bef di bagian tengah badan depan. Dengan mengetahui banyaknya fakta unik tentang kebaya kutu baru semoga pengetahuan kamu tentang kebaya jadi makin bertambah.

Ingin membuat kebaya kutu baru sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi kamu bisa mendownload pola kebaya kutu baru siap pakai dari kami.

Kalau kamu lebih tertarik untuk mempelajari cara pembuatan kebaya kutu baru secara langsung maka kamu bisa melihat video tutorial membuat kebaya berikut ini.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.