Article

Homepage Article Kain 7 Fakta Menarik Teknologi…

7 Fakta Menarik Teknologi Quick Dry Yang Membuat Kain Jadi Cepat Kering

Butuh rekomendasi outfit yang cocok dipakai untuk mendaki gunung atau berolahraga?. Untuk alasan kenyamanan bahkan keselamatan ada baiknya jika anda menggunakan pakaian yang dilengkapi dengan teknologi quick dry alias teknologi yang membuat kain lebih cepat kering.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Teknologi Quick Dry

Quick dry dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang menjadikan kain lebih cepat kering ketika basah. Selain itu kain yang dilengkapi dengan teknologi quick dry juga bersifat mudah menyerap suhu panas tubuh dan kemudian dibebaskan ke udara sehingga akan terasa sejuk dan nyaman ketika digunakan.

Quick Dry

Sumber : https://www.awarestyle.com/

Fakta Menarik Teknologi Quick Dry

Sebagai salah satu temuan baru / inovasi baru dalam dunia tekstil, teknologi quick dry yang mmbuat kain jadi lebih cepat kering ini pada prinspinya juga memiliki sejumlah fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

1. Membuat Kain Lebih Nyaman Dipakai

Teknologi quick dry yang ditanamkan pada suatu bahan kain, menawarkan tingkat kenyamanan yang lebih baik. Sebab bahan kain yang diproses dengan teknologi tersebut umumnya akan cenderung lebih cepat kering bila basah (baik itu basah setelah terkena air atau keringat).

2. Mempercepat Proses Penguapan Air

Teknologi quick dry biasanya dicapai dengan mengintegrasikan serat atau bahan yang dapat mengalirkan kelembapan dengan mudah melalui jaringan serat, sehingga mempercepat proses pengeringan.

Jadi ketika tubuh anda berkeringat, maka keringat tersebut akan mudah diserap kain dan disebarkan di sekitar daerah tetesan. Setelah itu keringat akan menguap dengan cepat dan jadi lebih mudah kering.

Quick Dry

Sumber : https://www.sungodtech.com/

3. Dapat Menyerap Suhu Tubuh Yang Panas

Teknologi quick dry juga dapat menyerap suhu panas tubuh kemudian membebaskannya ke udara, sehingga kain dan produk pakaian yang dilengkapi dengan teknologi quick dry akan terasa sejuk dan nyaman ketika dikenakan.

4. Punya Banyak Manfaat dan Keunggulan

Teknologi quick dry punya banyak keunggulan tersendiri, beberapa diantaranya:

  • Membantu orang menyembunyikan bekas keringat.
  • Memungkinkan pakaian tetap kering ketika cuaca ekstrem dan tetap nyaman dipakai selama melakukan aktivitas fisik yang berat.
  • Mengatur suhu tubuh dalam situasi di mana penurunan dan lonjakan suhu tubuh biasa terjadi saat beraktifitas (sifat termoregulasi).
  • Melindungi tubuh dari tingkat kelembaban yang tinggi.
  • Menghindarkan tubuh dari risiko hipotermia akibat terpapar suhu dingin yang ekstrem ketika mendaki gunung.
  • Mengurangi iritasi kulit dan biang keringat (mencegah kulit basah yang dapat menyebabkan iritasi).
  • Mengurangi bau tidak sedap yang mungkin timbul akibat kelembaban yang terperangkap di dalam pakaian.

Quick Dry

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Memudahkan Proses Perawatan Pakaian

Teknologi quick dry juga memudahkan perawatan pakaian, karena pakaian yang dilengkapi dengan teknologi quick dry umumnya tidak memerlukan waktu lama untuk kering, sehingga dapat dicuci dan digunakan kembali dengan cepat.

Quick Dry

Sumber : https://www.owayo.co.uk/

6. Meningkatkan Kinerja dan Melindungi Otot

Dalam beberapa kasus, seperti alet dan orang-orang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, kain yang dilengkapi dengan teknologi quick dry dan bisa menyerap keringat dengan cepat juga dapat meningkatkan kinerja dan melindungi otot dari panas dan tenaga yang ekstrem.

7. Bisa Diaplikasikan Pada Banyak Produk

Dengan semakin beragamnya jenis garmen dan sifat kain di pasaran, aplikasi teknologi quick dry saat ini bisa dibilang semakin meningkat. Beberapa kegunaan paling umum dari teknologi quick dry yaitu:

  • Pakaian outdor yang biasa digunakan oleh para wisatawan dan backpacker sehingga memungkinkan mereka untuk menjelajah sepanjang hari tanpa khawatir baju yang dipakainya basah atau terdapat bercak keringat.
  • Pakaian olahraga yang biasa digunakan oleh para atlet. Karena selama latihan faktanya keringat yang dihasilkan tubuh bisa 10-20% lebih tinggi dari biasanya dan bisa mencapai 3-4 liter kelembapan per jam.
  • Berikutnya ada handuk dan pakaian dalam yang pastinya nyaman dipakai untuk keperluan sehari-hari.
  • Handuk dan pakaian dalam yang cepat kering akan tetap bersih dan higienis meski digunakan dari waktu ke waktu.
  • Pada handuk dan pakaian dalam teknologi quick dry dapat melindungi kulit dan mencegah ruam, iritasi atau infeksi akibat keringat.
  • Untuk pelengkap gaya berhijab, bahan kain yang dilengkapi dengan fitur quick dry juga sangat populer untuk membuat hijab olahraga.

Quick Dry

Sumber : https://meowprint.sg/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik seputar teknologi quick dry yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi quick dry secara permanen akan memberikan kemampuan kain untuk merespon panas tubuh, mengatur suhu, serta mengeringkan keringat dengan cepat.

  • Teknologi quick dry bisa membuat kain menjadi lebih cepat kering serta mampu merespon panas untuk menyesuaikan suhu.
  • Teknologi quick dry membuat kain mampu menyerap keringat sekaligus mengeringkannya kembali dengan cepat.
  • Teknologi quick dry memungkinkan seseorang tetap bergerak dengan nyaman meskipun berkeringat.
  • Teknologi quick dry juga memungkinkan tubuh tetap terasa sejuk saat berolahraga dan melakukan aktifitas outdoor lainnya.

Tapi sekalipun teknologi quick dry bisa membuat kain jadi lebih cepat kering, penting untuk diingat juga bahwa waktu pengeringan kain seringkali tergantung pada bagaimana kain digunakan, seberapa basahnya dan di mana letaknya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah yang dilengkapi dengan teknologi quick dry / fast dry?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.