Article

Homepage Article Fashion Design 6 Kesalahan Memilih Aksesoris…

6 Kesalahan Memilih Aksesoris Kebaya Kutu Baru Yang Wajib Dihindari

Kebaya akan semakin mempesona jika dipadukan dengan aksesori yang tepat. Meskipun tidak ada pakem khusus yang mengatur tentang cara padupadan aksesoris dan kebaya kutu baru, tetap saja dalam memilih aksesoris kebaya ada banyak sekali hal yang harus anda perhatikan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kebaya Kutu Baru

Kebaya kutu baru merupakan salah satu model kebaya tradisional yang sudah ada sejak dulu. Sebagai salah satu jenis busana yang bisa memberikan kesan etnik, anggun dan modern sekaligus kebaya kutu baru inipun dapat dibedakan dalam dua macam model.

  • Pertama yakni berupa kebaya kutu baru pendek memiliki bef yang dijahit hanya kira-kira diatas pusar, selebihnya bagian pusar ditutup dengan stagen.
  • Kedua yakni kebaya kutu baru panjang memiliki bef hingga batas bawah pusar, sehingga dalam pemakaiannya tidak dibutuhkan stagen.

Kesalahan Memilih Aksesoris Kebaya

Tertarik untuk mengenakan kebaya kutu baru tapi masih bingung harus memilih aksesoris seperti apa yang cocok dijadikan sebagai pelengkapnya?. Untuk memaksimalkan penampilan, berikut kami bagikan beberapa daftar kesalahan yang wajib anda hindari ketika memilih aksesoris kebaya.

1. Asal Pilih Ukuran Aksesoris

Pertama jangan pernah memilih aksesoris kebaya secara asal. Jika anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih elegan dan menarik pertimbangkan kesesuaian ukuran aksesoris dengan model dan motif kebaya kutu baru.

  • Jika kebaya kutu baru yang anda pakai memiliki motif atau detail yang sudah ramai ada baiknya pilih aksesoris yang simpel dan tidak terlalu besar.
  • Jika kebaya kutu baru yang anda pakai cenderung polos maka kenakan kalung model besar kemudian pasangkan dengan aksesoris lain yang berukuran minimalis.

Aksesoris Kebaya

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Aksesoris Yang Terlalu Ramai

Buat anda yang mau tampil cantik dalam balutan kebaya kebaya kutu baru hindari penggunaan aksesoris yang warnanya terlalu colorfull atau terlalu ramai. Pemilihan kombinasi warna yang sesuai bisa memberi kesan elegan dan tidak mencolok.

  • Untuk memberi sentuhan yang lebih glamor pada penampilan, pilih aksesoris kebaya kutu baru berwarna emas atau berwarna perak yang selalu mampu memberi pesona tambahan untuk setiap penampilan.
  • Untuk memberi sentuhan yang lebih eksotis pada penampilan, pilih aksesoris kebaya  kutu baru yang bernuansa etnik. Pilihan aksesoris etnik yang bisa anda sandingkan dengan kebayamu antara lain berupa kalung dan bros ala putri keraton.

Aksesoris Kebaya

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Memilih Kalung Terlalu Panjang

Pada kebaya kutu baru kalung memang bisa menjadi hiasan yang sangat cantik di leher, tapi ingat pemilihan kalung inipun tidak boleh sembarangan. Pilihan terbaik kenakan kalung dengan tali yang tidak terlalu panjang supaya jatuhnya pas di atas bef kebaya.

Tapi kalau anda ingin memakai aksesoris leher yang panjang sekaligus, pilihlah kalung bros yang didesain khusus untuk aksesoris kebaya. Sesuai namanya produk ini memang diperoleh  dari kombinasi kalung dan bros yang bisa disesuaikan dengan kebaya kutu baru.

Aksesoris Kebaya

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Memilih Anting Yang Menjuntai

Saat memakai kebaya kutu baru sebisa mungkin hindari anting yang menjuntai agar kesan simpel dan elegan dari kebaya kutu baru tidak hilang. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan giwang yang memiliki tampilan sangat simple agar penampilan anda tetap tampak ringan.

Selain memakai giwang, anda bisa juga memakai anting tindik, anting model hoop atau anting model cuff sebagai alternatifnya.

  • Anting Tindik

Anting tindik atau mismatched merupakan model anting yang akan membuat penampilan anda terlihat sederhana namun tetap elegant.

Aksesoris Kebaya

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Anting Hoop

Anting hoop merupakan jenis anting yang tergolong klasik. Walau desainnya terlihat biasa dan simple anting ini bisa memberikan kesan rahang lebih halus.

Aksesoris Kebaya

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Anting Cuff

Anting model ear climbing atau anting cuff merupakan anting yang memanjang dari ujung telinga bawah ke atas. Anda dapat menggunakannya pada sebelah telinga ataupun pada keduanya.

Aksesoris Kebaya

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Mengkombinasikan Kalung dan Bros

Kesalahan berikutnya yang harus anda hindari saat memilih aksesoris kebaya yaitu jangan terlalu banyak menggunakan aksesoris yang terfokus di satu bagian sekaligus. Misalnya saja kalung dan bros yang letaknya sama-sama menghiasi sekitar leher, pundak dan dada.

  • Kalau sudah memakai kalung lebih baik jangan menambahkan bros pada kebaya yang anda pakai.
  • Sebaliknya kalau sudah memakai bros jangan memakai kalung karena hal ini akan membuat penampilan anda tampak berlebihan.

6. Salah Memilih Bahan Aksesoris

Salah memilih material aksesoris bisa sangat berpengaruh pada keseluruhan penampilan bahkan, oleh karena itu sebisa mungkin pilihlah aksesoris yang paling cocok dengan kebutuhan anda.

Bagi anda yang mau mencari bros untuk kebaya kutu baru ada baiknya jika anda memilih bros yang dibuat dari alloy, stainless steel hingga perak.

  • Alloy

Alloy merupakan bahan bros dari golongan metal yang tidak mudah berkarat dan harganya juga cukup terjangkau.

  • Stainless steel

Stainless steel merupakan bahan bros yang mempunyai karakteristik lebih kuat dari pada bahan alloy tapi harganya relatif lebih tinggi.

  • Perak

Perak merupajan bahan bros yang tampak berkilau ketika dipakai dan warna juga tidak mudah pudar.

Sementara kalau anda yang ingin mencari kalung, gelang, cincin dan anting anda bisa memilih perhiasan yang terbuat dari perak, silver hingga emas. Tinggal sesuaikan saja mana yang paling cocok dengan selera anda.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah daftar kesalahan yang wajib anda hindari dalam memilih aksesoris kebaya kutu baru. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mendapatkan aksesoris kebaya yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Ingin membuat kebaya kutu baru sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola kebaya kutu baru dari kami.

Kalau anda lebih tertarik untuk mempelajari cara pembuatan kebaya kutu baru secara langsung maka anda bisa melihat video tutorial membuat kebaya berikut ini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.