Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih Kebaya Kutu…

7 Tips Memilih Kebaya Kutu Baru Hijab Yang Cocok Untuk Anda

Ingin terlihat cantik dan anggun dalam balutan kebaya kutu baru hijab saat menghadiri acara wisuda, lamaran ataupun kondangan. Biar tidak salah pilih, ada baiknya simak dulu pembahasan mengenai hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih kebaya kutu baru hijab berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kebaya Kutu Baru

Kebaya kutu baru dapat dikategorikan ke dalam jenis kebaya yang memiliki potongan sangat khas yakni memiliki tambahan kain di bagian tengah muka yang disebut dengan nama bef. Fungsi utama kain tersebut tidak lain adalah untuk menghubungkan sisi kanan dan kiri kebaya (lipatan kebaya di bagian dada dan perut).

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai salah jenis busana yang simpel dan mudah dikenakan, kebaya kutu baru ini pada prinsipnya juga sangat cocok dipakai untuk pelengkap gaya berhijab lho. Sebab dengan desainnya yang begitu elegan, kebaya ini akan membuat pemakainya terlihat cantik dan anggun dalam balutan baju tradisional khas Indonesia.

Memilih Kebaya Kutu Baru Hijab

Tertarik untuk mengenakan kebaya kutu baru sebagai pelengkap gaya penampilan anda saat wisuda, lamaran ataupun kondangan?. Khusus untuk pelengkap gaya berhijab cari tahu dulu yuk apa saja hal terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih kebaya kutu baru hijab.

1. Pilih Yang Tidak Menerawang

Hindari kebaya kutu baru dengan bahan yang menerawang dan dapat memperlihatkan bagian kulit. Dalam hal ini anda bisa memilih kebaya yang bahannya agak tebal tapi tetap nyaman digunakan seperti halnya kain lurik, kain jumputan, kain sutra, kain katun, kain embos dan kain balotelli.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://www.instagram.com/lauramoerad/

Khusus untuk anda yang ingin memakai kebaya kutu baru berbahan brokat, anda bisa membeli atau membuat kebaya kutu baru dengan full furing. Tapi ingat tetap hindari furing kebaya kutu baru brokat dengan warna kulit karena jadinya akan tampak seperti anda tidak menggunakan kain furing sama sekali.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain memilih kebaya full furing anda juga bisa mensiasati bahan kebaya kebaya kutu baru brokat yang menerawang dengan manset yang tepat. Sebab pemakaian manset yang kurang tepat hanya akan membuat lekuk tubuh terlihat kurang pas dengan siluet kebaya kutu baru brokat.

  • Sesuaikan warna manset dengan kebaya kutu baru brokat yang hendak anda kenakan.
  • Hindari pemakaian manset dengan warna terlalu terang atau berukuran ketat agar lekuk tubuh anda tidak terlihat jelas.
  • Untuk menyamarkan lipatan lemak gunakan body shaper yang tepat ketika memakai manset.

2. Pilih Kebaya Sesuai Ukuran

Hindari kebaya kutu baru yang berukuran ketat atau terlalu pas badan. Sebagai gantinya anda bisa memilih kebaya kutu baru yang ukurannya sedikit longgar atau paling tidak sesuai dengan bentuk badan.

  • Pastikan bagian panggul dan dada kebaya kutu baru tidak terlalu lekat dengan tubuh.
  • Dengan mengenakan kebaya yang sesuai ukuran anda pun bisa tetap beraktifitas dengan lebih leluasa.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Pilih Yang Berlengan Panjang

Utamakan untuk memilih kebaya kutu baru yang dilengkapi dengan lengan panjang hingga pergelangan tangan, ketimbang memilih kebaya kutu baru yang memiliki lengan lebih pendek dari itu. Misal kebaya kutu baru modern dengan lengan 3/4 atau model lainnya.

Sekalipun masih bisa disiasati dengan manset lengan kaos berlengan panjang, penggunaan kebaya kutu baru yang memiliki lengan lebih pendek justru akan membuat penampilan anda tampak aneh dan kurang menarik.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Pilih Model Kebaya Yang Tepat

Pilih model kebaya kutu baru hijab yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain memakai kebaya kutu baru klasik yang dibuat dalam model simple, anda juga bisa memilih model kebaya kutu baru modern hijab lainnya yang tidak kalah menarik.

  • Kebaya Kutu Baru Klasik

Kebaya kutu baru  klasik merupakan salah satu model kebaya kutu baru hijab yang sudah ada sejak dulu.  Berdasarkan ukuran befnya, kebaya kutu baru klasik inipun dapat dibedakan lagi menjadi kutu baru panjang dan kutu baru pendek.

  • Kebaya kutu baru pendek memiliki bef yang dijahit hanya kira-kira diatas pusar, selebihnya bagian pusar ditutup dengan stagen.
  • Kebaya kutu baru panjang memiliki bef hingga batas bawah pusar, sehingga dalam pemakaiannya tidak dibutuhkan stagen.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Kebaya Kutu Baru Peplum

Berikutnya ada kebaya kutu baru model peplum yang memiliki aksen mengembang di bagian bawah. Model kebaya kutu baru modern hijab yang satu ini sangat cocok dipakai untuk menyamarkan bentuk pinggul yang besar agar terlihat lebih proporsioal.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kebaya Kutu Baru Asimetris

Tak kalah menarik dari model kebaya kutu baru modern hijab lainnya, ada juga kebaya kutu baru yang dibuat dalam model asimetris. Kebaya ini sangat cocok dipakai untuk memberi ilusi lebih tinggi dan ramping pada pemakainya.

Berdasarkan desain dan potongannya, kebaya kutu baru asimetris inipun dapat dibedakan lagi menjadi beberapa jenis yakni asimetris di bagian samping, depan dan belakang.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Kebaya Kutu Baru Ekstra Panjang

Berikutnya ada kebaya kutu baru dengan bef panjang yang bagian badannya juga dibuat sangat panjang. Beberapa ada yang memiliki panjang hingga sebatas betis namun ada juga yang sampai mendekati mata kaki.  

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Pilih Warna Sesuai Skin Tone

Memilih warna kebaya sesuai dengan skin tone juga menjadi salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan jika anda ingin mendapatkan kebaya yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Tapi kalau anda masih ragu sebaiknya pilih saja kebaya kutu baru modern yang berwarna netral.

6. Padukan Dengan Hijab Yang Sesuai

Untuk menyempurnakan kebaya kutu baru, pilih hijab yang berwarna senada dengan keseluruhan outfit. Untuk modelnya anda bisa memilih hijab model segi empat atupun hijab pashmina yang berukuran lebar.

  • Pilihlah material hijab yang ringan agar nyaman dikenakan seharian.
  • Ciptakan tampilan yang serasi antara kebaya kutu baru dan hijab yang anda pakai.
  • Hindari aksesori yang berlebihan agar tampilan yang dihasilkan tetap terlihat elegan.

Dengan menambahkan hijab yang berwarna senada dengan warna kebaya anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih elegan. Selain itu hijab yang berwarna sama dengan warna kebaya kutu baru juga bisa membuat ilusi tubuh lebih panjang dan lebih langsing.

Tapi kalau anda yang ingin tampil lebih syar’i saat memakai kebaya kutu baru, maka mengenakan hijab yang menutupi bagian dada bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

7. Kenakan Dengan Rok Yang Tepat

Buat anda yang mau tampil lebih modis dan stylish saat memakai kebaya kutu baru, anda bisa memadupadankannya dengan berbagai macam model rok wanita yang simple. 

  • Kebaya Kutu Baru dan Kain Batik Wiron

Pertama cukup kenakan kebaya kutu baru dengan detail dan potongan sederhana dengan kain batik wiron yang memiliki ukuran cukup panjang hingga batas mata kaki.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://www.instagram.com/kebayaoutfit/

  • Kebaya Kutu Baru dan Kain Batik Lilit

Berikutnya pasangkan kebaya kutu baru hijab dengan  kain batik lilit yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas mata kaki.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kebaya Kutu Baru dan Rok Batik Plisket

Kombinasi antara model kebaya kutu baru modern hijab dengan rok plisket juga dapat diandalkan untuk wisuda, lamaran ataupun kondanga. Terlebih lagi kebaya kutu baru modern yang berkembang saat ini bentuk dan motifnya sangat beragam.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Kebaya Kutu Baru dan Kain Songket

Opsi lain padupadankan kebaya kutu baru hijab dengan kain songket sebagai bawahannya. Asal pemilihan warnanya sudah tepat kebaya kutu baru dan kain songket pasti akan membuat penampilan anda terlihat makin cantik.

Kebaya Kutu Baru Hijab

Sumber : https://id.carousell.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih dan memadupadankan kebaya kutu baru hijab untuk keperluan wisuda, lamaran ataupun kondangan yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan kebaya kutu baru hijab yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda ya.

Ingin membuat kebaya kutu baru sendiri tapi masih bingung memilirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola kebaya kutu baru yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.