Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Mencuci Jaket Waterproof…

8 Cara Mencuci Jaket Waterproof Supaya Tidak Gampang Rusak

Sudah tahu bagaimana cara terbaik untuk mencuci jaket waterproof agar bersih maksimal dan lapisan anti air yang dimilikinya juga ga gampang rusak?. Kalau belum simak dulu yuk pembahasan berikut.

Beberpa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Waterproof

Jaket waterproof merupakan sejenis jaket yang terbuat dari bahan khusus yakni memiliki sifat tahan air, sehingga sangat berguna untuk kegiatan luar ruangan seperti mendaki, bersepeda atau berjalan-jalan di tengah hujan. Selain dibuat dari bahan anti air jaket waterproof biasaya juga biasanya memiliki fitur-fitur tambahan seperti:

  • Jahitan yang ditutup dengan pita khusus (Seam Sealer Tape) untuk mencegah air masuk melalui lubang jahitan.
  • Ventilasi untuk meningkatkan sirkulasi udara dan mengurangi kelembaban dari dalam.
  • Fitur seperti elastis, tali serut, velcro atau kancing untuk menyesuaikan jaket agar pas dan menghalangi masuknya air.

Jaket Waterproof

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Dengan menggunakan jaket waterproof pada saat berkegiatan di luar ruangan kamu pun akan mendapat banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama yang bisa kamu dapatkan ketika memakai jaket waterproof.

  • Jaket waterproof akam membuat tubuh kamu akan tetap kering dan terlindung dari basah saat hujan.  
  • Jaket waterproof dapat menjaga suhu tubuh kamu agar tetap stabil dan terlindung dari angin kencang.
  • Jaket waterproof memungkinkan kamu bergerak dengan leluasa saat beraktivitas di alam bebas saat hujan.
  • Jaket waterproof akan membuat tampilan kamu lebih stylish meski berada di tengah hujan.

Jaket Waterproof

Sumber : https://dk.montane.com/

Tapi karena jaket waterproof memang memiliki sifat yang berbeda dengan bahan jaket yang lainnya, maka kamu juga harus merawatnya dengan cara yang tepat agar jaket tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Jaket Waterproof

Sumber : https://alpkit.com/

Cara Mencuci Jaket Waterproof

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk mencuci jaket waterproof?. Sebagai referensi berikut kami bagikan panduan umum untuk mencuci jaket waterproof yang bisa kamu coba.

1. Periksa Label Pada Jaket

Selalu baca dan ikuti petunjuk perawatan yang terdapat pada label jaket untuk mengetahui informasi penting tentang bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencuci jaket tanpa merusak bahan atau lapisan tahan airnya.

Jaket Waterproof

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Gunakan Deterjen Yang Tepat

Hindari deterjen biasa yang mengandung pelembut atau pemutih karena dapat merusak lapisan tahan air yang ada pada jaket waterproof. Sebagai gantinya kamu bisa memakai deterjen yang dirancang khusus untuk mencuci pakaian waterproof.

3. Tutup Resleting dan Velcro

Tutup semua resleting dan velcro yang ada pada jaket agar tidak merusak bahan atau lapisan anti air yang mungkin terjadi selama proses pencucian berlangsung.

Jaket Waterproof

Sumber : https://www.ridestore.com/

4. Balik Jaket Sebelum Dicuci

Balik jaket supaya bagian dalamnya berada di luar dan bagian luarnya berada di dalam untuk melindungi lapisan anti air yang ada pada luar jaket.

  • Membalik jaket dapat melindungi lapisan terluar jaket yang sensitif terhadap gesekan dan kerusakan selama proses pencucian.
  • Membalik jaket dapat membantu menjaga keutuhan lapisan anti air yang diterapkan pada permukaan luar kain.
  • Membalik jaket juga melindungi ritsleting, kancing dan elemen lainnya dari kerusakan akibat gesekan dan benturan selama pencucian.

Jaket Waterproof

Sumber : https://www.fransboonestore.com/

5. Cuci Dengan Menggunakan Tangan

Utamakan untuk mencuci jaket waterproof secara manual dengan menggunakan tangan. Cara paling mudah yaitu:

  • Isi bak atau ember dengan air dingin atau suam-suam kuku.
  • Tambahkan deterjen dan aduk hingga tercampur rata dengan air.
  • Masukkan jaket dan cuci dengan lembut menggunakan tangan terutama pada area yang kotor.

6. Bilas Jaket Sampai Bersih

Bilas jaket hingga bersih untuk menghilangkan semua sisa deterjen. Jika perlu bilas ulang jaket beberapa kali untuk memastikan bahwa tidak ada residu deterjen yang tertinggal pada jaket.

7. Keringkan Dengan Cara Digantung

Hindari sinar matahari langsung dan sumber panas yang kuat untuk mengeringkan jaket waterproof karena dapat merusak lapisan tahan air atau material jaket. Sebagai gantinya kamu bisa mengeringkan jaket waterproof dengan cara digantung di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Jaket Waterproof

Sumber : https://www.blibli.com/

8. Pulihkan Lapisan Tahan Air

Setelah beberapa kali pencucian, lapisan tahan air pada jaket yang telah berumur lama mungkin perlu diperbarui. Untuk memulihkannya kamu bisa mengaplikasikan produk reproofing dengan cara wash-in dan spray-in.

  • Wash-in dapat dipakai untuk mencuci jaket sedangkan spray-in cukup dengan menyemprotkannya secara merata ke permukaan bagian luar jaket.
  • Spray-in akan lebih efektif jika jaket dalam kondisi bersih, jadi sebaiknya cucilah dahulu jaket baru kemudian semprotkan secukupnya secara merata di seluruh permukaan jaket.

Jaket Waterproof

Sumber : https://www.amazon.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat jaket waterproof agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Perawatan yang tepat akan memperpanjang umur jaket dan memastikan performanya optimal dalam melindungi tubuh dari cuaca buruk.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket waterproof?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Parasut, Kain Taslan dan Bahan Jaket terbaik lainnya yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.