Article

Homepage Article Jahit Menjahit Sejarah Singkat dan Perkembangan…

Sejarah Singkat dan Perkembangan Seni Kerajinan Kristik

Sudahkah anda mengenal kerajinan kristik?. Kristik (Crosstitch / Point de croix) sebenarnya merupakan salah satu teknik menyulam yang mudah diwujudkan dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Prinsip utamanya adalah membuat dua garis yang menyilang secara diagonal membentuk huruf “x” di atas kain tenunan sejajar.

Kristik

Sumber : https://photo.femmeactuelle.fr/

Misalnya sebuah pola memiliki ukuran 101w x 52h, artinya pola tersebut membutuhkan pengerjaan seluas 101 stitches dimana w adalah wide (lebar) dan 52 stiches dimana h adalah height (tinggi). Jadi pola tersebut membutuhkan daerah pengerjaan sebesar lebar 101 silangan dan tinggi 52 silangan, bukan cm.

Kristik

Sumber : https://www.youtube.com/

Seni pembuatan kristik yang dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan ini termasuk ke dalam kategori seni yang telah lama dikenal oleh manusia. Peninggalan arkeologi di Mesir kuno membuktikan bahwa kerajinan tangan ini telah dikembangkan sekitar dua ribuan tahun yang lalu. 

Kristik

Sumber : https://photo.femmeactuelle.fr/

Hasil kerajinan kristik tertua yang diketahui orang di Amerika Serikat adalah sulaman kristik asal tahun 1653 yang disimpan di Pilgrim Hall, Plymouth, Massachusetts. Sulaman tersebut adalah hasil karya Loara Standish, anak perempuan dari Kapten Myles Standish.

Kristik

Sumber : https://www.pinterest.fr/

Kerajinan sulam kristik juga sangat populer di kalangan rakyat Eropa Timur dan Eropa Tengah. Ciri khas kerajinan sulam mereka adalah pola geometris dan tusuk silang dua dimensi (bayang-bayang benda tidak dibuat) dengan benang hitam dan merah di atas kain linen.

Kristik

Sumber: http://bulleetvous.com/

Khusus di Indonesia sendiri sulaman kristik dulunya sangat populer dan menjadi favorit para ibu-ibu serta remaja putri pada masa penjajahan Belanda. Dimana hasil dari kerajinan kristik tersebut biasanya lebih banyak digunakan sebagai hiasan di berbagai pernak-pernik rumah dan busana. 

Kristik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Meski popularitas kristik sempat tenggelam namun sekarang ini untunglah masih ada cukup banyak orang yang gemar membuat atau mempelajari teknik pembuatan kristik sekalipun kristik sendiri memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Kristik

Sumber :  http://www.lesbrodeusesparisiennes.com/

Tertarik untuk membuat kreasi sulaman kristik?. Sahabat Fitinline bisa mengaplikasikan produk kristik tersebut untuk hiasan pakaian, perabot rumah tangga, atau hiasan dinding. Desain gambar kruistik dapat dicontoh dari buku motif atau bisa juga mendesain sendiri.

Kristik

Sumber : https://www.pinterest.pt/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.