Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Anda Wajib…

10 Alasan Mengapa Anda Wajib Memiliki Sepatu Berbahan Canvas

Mencari sepatu yang nyaman dan tidak mudah membuat kaki terasa gerah saat beraktifitas. Sahabat Fitinline mungkin bisa memilih sepatu berbahan canvas yang menawarkan banyak keunggulan. Selain bagus dipakai untuk kesempatan casual, sepatu canvas sendiri sebenarnya juga bisa dipakai untuk pelengkap gaya formal.

Pengertian Sepatu Canvas

Sepatu canvas merupakan salah satu jenis sepatu berbahan canvas yang memiliki penggemar cukup tinggi di kalangan masyarakat terutama anak muda. Bahkan untuk memenuhi permintaan pasar, merk sepatu terkenal seperti Converse dan TOMS konsisten menggunakan bahan canvas dalam produksi produk sepatunya. 

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.endclothing.com/

Dilihat dari sejarahnya, sepatu canvas yang dikenal luas oleh masyarakat sendiri konon pertama kali ditemukan pada tahun 1917 tepatnya pada waktu Perang Dunia I. Penemu sepatu canvas yang asli awalnya hanya mencoba berbagai metode yang rumit dan membingungkan untuk menyatukan canvas dan karet.

Sepatu Canvas

Sumber : https://shopee.co.id/

Karena metode yang digunakannya tidak berhasil, sang penemu tersebut kemudian melemparkan canvas dan karet ke dalam kompor. Dari kejadian tersebut ternyata karet yang semula akan disatukan dengan kain canvas justru tanpa sengaja tervulkanisir (mencair) dalam kompor dan menempel sempurna dengan canvas.

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.exportersindia.com/

Terinspirasi dari sepatu canvas yang lahir di masa lalu, para produsen sepatu kemudian mulai mengembangkan model sepatu canvas kedalam bentuk yang lebih bagus. Berangkat dari situlah sepatu canvas kemudian mulai mengalami perluasan fungsi seiring dengan berkembangnya kegiatan olahraga dan selera fashion masyarakat.

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Dengan semakin banyaknya peminat sepatu canvas kini berkembang pula sepatu canvas yang dimodifikasi menjadi painted canvas shoes (sepatu canvas lukis). Tidak berhenti sampai disitu saja, kini ada pula sepatu canvas yang mulai di hias dengan sablon bahkan dibordir sehingga tampilannya jadi makin menarik.

Kelebihan Sepatu Canvas

Tertarik untuk menjadikan sepatu canvas sebagai item fashion andalan anda dalam berbagai macam gaya penampilan?. Berikut beberapa kelebihan sepatu canvas yang juga menjadi alasan mengapa anda wajib memiliki jenis sepatu yang satu ini.

1. Bahannya Sangat Kuat

Sepatu canvas umumnya memiliki karakteristik yang kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Dengan bahan yang tidak muda rusak, anda bahkan bisa menggunakan sepatu canvas secara berulang-ulang sebagai kantung belanja sehingga dapat meminimalisir penggunaan sepatu plastik yang merusak lingkungan.

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya, jadi pada dasarnya hampir semua jenis kain canvas baik itu yang dibuat dari bahan dasar katun maupun poliester bisa digunakan untuk membuat sepatu meski ada level kualitasnya.

  • Kain Canvas PE

Kain canvas PE adalah sejenis bahan kain yang terbuat dari serat poliester. Berdasarkan desain dan kegunaannya kain canvas PE ini masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa macam varian.

Kain canvas doubling atau disebut juga canvas 12 oz memiliki memiliki tekstur yang cukup tebal.

Kain canvas infinity merupakan jenis kain canvas yang sering digunakan untuk keperluan upholstery namun pada perkembangannya juga mulai digunakan sebagai bahan sepatu.

Kain canvas waterproof merupakan jenis kain canvas dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan anti air.

Kain canvas motif adalah jenis canvas yang cukup tebal dan kuat sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat sepatu walau tidak memiliki sifat anti air.

Kain canvas SR-10 adalah jenis canvas yang biasa digunakan untuk keperluan outdoor, yang mempunyai sifat anti air, tahan noda dan kuat (tahan sobek).

  • Kain Canvas Katun

Kain canvas katun merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat katun. Khusus untuk pembuatan sepatu bahan canvas yang dapat dipakai yakni berupa Kain Canvas Terpal yang memiliki karakteristik tebal, kuat, tidak mudah robek.

2. Modelnya Bervariasi

Bergantung pada desain dan kegunaannya sepat canvas sendiri sebenarnya dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan varian, yang paling populer yakni berupa sepatu slip on dan sepatu kets.

  • Sepatu Slip On

Sepatu slip on merupakan sejenis sepatu yang desainnya sangat sederhana dan mudah dipakai, karena anda hanya tinggal menyelipkan kaki anda ke dalam sepatu dengan gerakan yang minimal.

  • Sepatu slip on yang klasik kebanyakan memiliki konstruksi moccasin dan fitur sol karet dari depan hingga ke tumit.
  • Sepatu slip on sangat cocok digunakan untuk acara-acara smart casual maupun acara lain yang sifatnya lebih formal asal padupadannya juga sudah tepat.

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Sepatu Kets

Sepatu kets merupakan sepatu dengan sol karet yang dirancang untuk kegiatan di luar ruangan seperti olahraga atau rekreasi namun kini juga bisa dipakai untuk keperluan lain.

  • Ciri paling khas yang membedakan sepatu kets dengan jenis sepatu yang lain yaitu sepatu kets kebanyakan dibuat dari kavas dengan sol karet.
  • Kets awalnya direncanakan bernama peds yang berarti kaki dalam bahasa Latin. Namun karena sudah dipakai sebagai merek dagang perusahaan lain maka digunakanlah nama kets sebagai alternatifnya.
  • Sepatu kets akan jadi sepatu yang tidak mengenal tren dan tak lekang oleh waktu jadi sepatu ini bisa dijadikan barang koleksi yang memiliki keistimewaan tersendiri. 

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.aliexpress.com/

3. Pilihan Warnanya Sangat Banyak

Sepatu canvas pada prinsipnya juga tersedia dalam banyak varian warna, mulai dari warna warna  netral, warna gelap, warna terang dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya pilihan warna yang ditawarkan, sepatu canvas bisa dengan mudah dipilih dan dipadupadankan dengan berbagai macam item fashion.

  • Untuk menghindari kesan terlalu berlebihan anda bisa memilih sepatu canvas dengan warna netral seperti hitam putih.
  • Tapi kalau anda mau tampil lebih ramai anda bisa memakai sepatu canvas yang dilukis atau sepatu yang sesuai dengan warna baju.

Sepatu Canvas

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Fleksible dan Tahan Lama

Sepatu canvas biasanya mempunyai sifat fleksibel dan tahan lama, sehingga nyaman digunakan untuk alas kaki. Sepatu berbahan canvas bahkan sudah terbukti mempunyai daya tahan yang tinggi karena  tidak akan mudah rusak ataupun retak meski sudah berumur lama.

Beberapa karakteristik paling khas dari sepatu canvas yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Sepatu canvas umumnya memiliki permukaan bahan yang agak kasar namun tetap nyaman saat digunakan.
  • Sepatu canvas tidak mudah robek dan bersifat sangat kuat walaupun tekstur kainnya sedikit kaku.
  • Sepatu canvas sangat tahan dalam segala kondisi bahkan hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan.

5. Bersifat Breathable

Sepatu canvas pada umumnya terbuat dari bahan kain yang ringan dan berpori banyak sehingga sangat nyaman di pakai seharian. Selain itu sepatu canvas juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak akan mudah berbau meski digunakan dalam waktu lama.

  • Sepatu umumnya bersifat ringan dan breathable sehingga tidak akan membuat bagian kaki cepat berkeringat meski melakukan aktifitas yang padat sekalipun.
  • Dengan adanya sirkulasi udara yang baik maka keringat yang keluar dari dalam tubuh akan langsung diuapkan dan tidak menimbulkan bau.
  • Sepatu canvas yang ringan dan breathable sangat cocok dibawa untuk jalan-jalan maupun traveling.
  • Sepatu canvas yang bersifat ringan dan santai bisa membuat kaki anda lebih rileks saat mengenakannya.

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.brightontheday.com/

6. Bersifat Multifungsi

Sebagai salah satu jenis sepatu yang bersifat multifungsi sepatu canvas umumnya dapat digunakan untuk berbagai macam kesempatan, baik itu kesempatan casual, semi formal, hingga kesempatan formal sekalipun. 

  • Khusus di Indonesia sendiri, sepatu canvas sempat menjadi trend tersendiri di kalangan remaja dan mahasiswa karena memiliki gaya kasual yang cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
  • Bahkan di zaman yang serba modern ini sepatu canvas juga sangat cocok jika dipadupadankan dengan gaya busana formal.
  • Sepatu berbahan kain canvas bisa digunakan untuk acara casual seperti jalan-jalan dan liburan maupun acara lain yang bersifat semi formal. Untuk sepatu canvas warna hitam misalnya, sepatu ini masih bisa digunakan untuk menghadiri acara sifatnya semi formal.

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.facebook.com/girlsootdshop.ph/

7. Mudah Dipadupadankan

Sepatu canvas mudah untuk dipadupadankan dengan item fashion lainnya. Mulai dari dress casual, rok wanita, celana pendek, celana jeans, celana chinos, celana kulot, hingga celana bahan untuk pelengkap gaya yang lebih formal.

  • Buat anda yang lebih suka tampil simple anda bisa mencoba untuk memadupadankan sepatu canvas berwarna hitam atau putih dengan pakaian apapun yang ingin anda kenakan.
  • Sepatu canvas dengan motif yang mencolok dapat anda padupadankan dengan pakaian yang tidak terlalu banyak warna dan motif.
  • Bila anda ingin mendapatkan tampilan yang terkesan profesional saat ke kantor, kenakan setelan blazer atau coat dengan sepatu canvas yang warnanya tidak terlalu terang.

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.superdelivery.com/

8. Bisa Dijadikan Media Lukis

Sepatu canvas umumnya dapat dijadikan sebagai media lukis. Yang lebih kerennya lagi sepatu canvas lukis ini juga bisa dijadikan identitas dalam gaya berpakaian anda.

  • Sepatu lukis yang dibuat dari bahan canvas bisa membuat penampilan jadi makin beda dari orang lain.
  • Sepatu canvas lukis memungkinkan anda untuk tampil dengan produk fashion yang eksklusif.
  • Sepatu canvas yang di desain secara handmade kebanyakan memiliki kualitas yang sangat bagus, baik dari segi desain maupun kombinasi warnanya.

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.storenvy.com/

Tertarik untuk membuat kreasi sepatu lukis dengan alat dan bahan sederhana?. Untuk mulai membuat sepatu lukis siapkan terlebih dahulu sepatu kanvas, kuas, pensil, cat lukis (biasanya cat akrilik) dan juga pallet sebagai tempat mencampurkan warna.

Selesai menyiapkan semua alat dan bahan selanjutnya anda tinggal membuat sketsa gambar dan mewarnainya dengan cat lukis.

  • Buat sketsa atau pola pada sepatu canvas yang masih polos dengan menggunakan pensil.
  • Campurkan cat lukis pada palet kemudian aplikasikan pada pola yang sudah anda gambar dengan menggunakan kuas.
  • Setelah proses pewarnaan selesai dilakukan sekarang anda tinggal mengeringkannya dengan sinar matahari atau hair dyer.
  • Sampai di sini proses pembuatan sepatu lukis sebenarnya sudah selesai dilakukan dan dapat langsung menggunakannya untuk beraktifitas.
  • Jika anda ingin mendapatkan sepatu yang lebih sempurna lagi anda dapat menyemprotkan waterproof spray pada sepatu lukis yang sudah berhasil anda buat.

9. Bisa Dijadikan Koleksi

Sepatu canvas cocok juga dijadikan untuk koleksi karena bahannya lumayan awet dan dapat digunakan dalam waktu lama asal dirawat dengan cara yang tepat. Jika anda suka mengoleksi sepatu yang lucu-lucu maka anda bisa mengoleksi sepatu kanvas lukis dan sepatu yang dihias dengan teknik marble.

  • Sepatu canvas menjadi salah satu jenis sepatu yang layak dikoleksi karena bersifat timeless dan bisa membuat penampilan tetap fashionable tanpa takut ketinggalan zaman.
  • Sepatu canvas cocok dijadikan koleksi karena dapat digunakan dalam berbagai macam gaya. Mulai dari gaya cacual, semi formal hingga gaya formal sekalipun.
  • Sepatu kanvas punya banyak motif yang bikin penampilan makin keren.
  • Sepatu canvas kebanyakan juga diproduksi untuk berbagai kalangan, baik wanita maupun pria dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Sepatu canvas ada juga yang bisa dipesan secara custom jadi bisa memberi kesan lebih unik pada penampilan anda.

Sepatu Canvas

Sumber : https://www.cuteshoeswear.com/

10. Cara Perawatannya Mudah

Sepatu canvas umumnya memiliki bentuk yang sangat sederhana jadi cara perawatannya pun juga sangat mudah. Beberapa cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat sepatu canvas diantaranya:

  • Larutkan deterjen ke dalam air hangat kemudian gunakan campuran detergen dan air tersebut untuk membersihkan sepatu canvas.
  • Bila sepatu yang anda kenakan terkena noda atau kotoran, sebaiknya cuci sepatu tersebut secara manual. Jangan mencuci sepatu canvas menggunakan mesin cuci karena akan merusak lem perekat yang ada di dalam sol.
  • Untuk membersihkan noda yang menempel pada sepatu, sikat sepatu secara perlahan menggunakan sikat berbulu halus kemudian bilas hingga benar-benar bersih.
  • Keringkan sepatu canvas dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari.
  • Setalah dirasa cukup kering, tempatkan sepatu canvas di rak khusus atau kardus yang memiliki sirkulasi udara cukup baik supaya sepatu anda tidak lembab dan terhindar dari jamur.
  • Untuk mengembalikan tampilan alami dari sepatu canvas anda yang berwarna dasar putih, tambahkan sedikit cuka atau air perasan lemon pada larutan deterjen supaya warnanya tetap cerah. Hindari penggunaan pemutih supaya warna sepatu canvas anda tidak berubah menjadi kekuningan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa selain bersifat kuat sepatu canvas sendiri umumnya juga memiliki banyak keunggulan. Dengan berbagai macam keunggulan yang dimilikinya maka bukan menjadi suatu hal yang aneh jika sepatu canvas tersebut menjadi item wajib yang harus dimiliki semua orang.

Dengan karakteristik bahannya yang ringan, kuat dan punya keunikan tersendiri dari segi motif tidak mengherankan jika sepatu canvas begitu disukai banyak orang. Harganya yang relatif terjangkau juga membuat sepatu canvas sangat cocok dijadikan koleksi tanpa harus mengeluarkan banyak uang yang berlebihan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain canvas atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.