Article

Homepage Article Fashion Muslim 6 Cara Memilih Hijab Printing…

6 Cara Memilih Hijab Printing Yang Sesuai Untuk Fashion Kamu

Tahukah anda bahwa di antara berbagai model hijab yang berkembang saat ini, hijab yang didesain dengan teknologi tinggi seperti digital printing diramalkan bakal meningkat di tahun 2023 lho. Tapi ingat jika anda mau mencoba hijab printing tersebut pastikan motif, warna dan bahan yang dipakai untuk membuatnya benar-benar tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Hijab Printing

Hijab printing yang dikenal pula dengan nama lain printed scarf merupakan produk hijab kekinian yang dibuat dengan bantuan mesin khusus yakni mesin digital printing untuk mencetak corak serta motif hijab printing di atas bahan kain.

  • Teknologi digital printing sendiri dapat digunakan untuk memberikan variasi motif dan warna pada hijab.
  • Teknologi printing yang diaplikasikan pada hijab inipun bisa membuat tampilannya terlihat lebih modern dan menarik.
  • Hijab printing juga memiliki banyak keunggulan yaitu dapat memberikan kesan tampilan yang anggun, mewah dan elegan kepada pemakainya.

Hijab Printing

Sumber : https://shopee.co.id/

Sebagai salah salah satu model hijab yang diramalkan bakal booming di tahun 2023 hijab printing sendiri umumnya dapat dijumpai dalam banyak variasi desain dan juga bahan. Karenanya untuk mendapatkan hijab printing terbaik ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Hijab Printing

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Tips Memilih Hijab Printing

Tertarik untuk mengenakan hijab printing sebagai pelengkap gaya penampilan anda saat hangout, kuliah, kerja, pengajian atau acara keagamaan lainnya?. Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan apa saja hal yang sebaiknya anda perhatikan ketika memilih hijab printing.

1. Pilih Bahan Yang Tepat

Untuk alasan kenyamanan sesuaikan bahan hijab printing dengan aktifitas, iklim dan juga tingkat kemudahan dalam pemakaian hijab. Salah satu alasannya yaitu karena bahan yang digunakan untuk pembuatan hijab printing ada banyak dan pastinya semua mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Hijab Printing

Sumber : https://shopee.co.id/

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, deretan bahan kain yang biasa dimanfaatkan untuk pembuatan hijab jenis printing antara lain berupa:

  • Kain Voal

Kain voal menjadi salah satu favorit yang banyak dipakai untuk pembuatan hijab printing karena memiliki bahan yang lembut serta halus sehingga nyaman dipakai. Keunggulan lain yang dimiliki kain voal yaitu:

  • Kain voal cocok dijadikan bahan hijab karena karakteristik kainnya sangat ringan.
  • Kain voal tidak gerah saat dipakai karena memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Kain voal bisa menyerap keringat dengan baik dan cocok dengan iklim Indonesia yang cenderung panas.
  • Kain Double Hycon

Kain double hycon merupakan salah satu jenis bahan hijab yang terbuat dari campuran bahan polyester dan cotton. Untuk memudahkan penyebutannya gabungan kedua serat tersebut sering disebut pula dengan nama polycotton.

  • Kain double hycon memiliki tekatur yang sangat halus, lembut, adem dan tidak licin.
  • Kain double hycon cenderung tidak mudah susut maupun kusut.
  • Kain double hycon ringan dan sangat nyaman untuk digunakan.
  • Kain double hycon tahan terhadap jamur dan perawatannya sangat mudah.
  • Maxmara Royal Platinum

Kain maxmara sebenarnya merupakan jenis kain yang terlihat sangat mirip dengan kain satin tapi cenderung lebih halus seperti sutra. Karakteristik paling khas yang membedakan bahan maxmara royal platinum dengan bahan lain yaitu:

  • Bahannya mengkilap tapi agak doff sehingga terlihat elegan.
  • Bahannya adem mudah dibentuk dan tegak di dahi.
  • Bahannya halus dan agak tebal, tidak tipis seperti satin silk.
  • Bahannya tidak licin sangat nyaman jika dipakai.
  • Kain Cotton Lurex

Kain cotton lurex merupakan sejenis bahan kain yang halus, lembut, mudah dibentuk / di atur dan nyaman dipakai. Meski namanya cotton tapi kain ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis kain yang terbuat dari serat sintetis.

  • Kain Shakila

Kain shakila merupakan kain yang memiliki handfeel super soft (lembut seperti kaos), mempunyai kelenturan (stretch 1%) dan mempunyai anyaman miring (twill) sehingga kain lebih jatuh. Untuk bahan pembuatan hijab kain ini juga tidak tembus pandang atau menerawang.

  • Kain Amunzen

Kain amunzen termasuk dalam jenis kain dari keluarga crepe, sehingga kain ini juga kerap disebut dengan nama amuzen crepe. Seperti layaknya kain crepe yang lain jika dilihat secara sekilas pola efek kulit jeruk atau tekstur pasir.

  • Kain Diamond Crepe

Berikutnya ada kain diamond crepe yang dibuat dari bahan dasar benang sintetis. Kain ini dirajut secara rumit hingga menghasilkan tekstur yang sedikit kasar dan berpasir tapi tetap terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit.

  • Kain Ceruti Babydoll

Kain ceruti babydoll juga termasuk ke dalam jenis kain yang cukup populer untuk membuat hijab printing karena memiliki karakteristik yang istimewa yakni memiliki butiran bintik-bintik halus yang akan terasa jika diraba dengan menggunakan telapak tangan.

2. Pilih Motif Yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk membeli hijab printing, pastikan bahwa motif hijab yang anda pilih memang benar-benar sesuai dengan selera dan kebutuhan anda karena motif hijab printing ini sendiri sangatlah beragam.

  • Pemilihan motif hijab printing tidak boleh sembarangan karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada keseluruhan penampilan.
  • Untuk anda yang mau tampil lebih feminim anda bisa memilih hijab yang dihias dengan motif floral.
  • Untuk anda yang mau tampil lebih artsy anda bisa memilih hijab yang dihias dengan motif geometris atau motif abstrak.
  • Untuk memberi kesan eksklusif dan beda dari orang lain ada baiknya hindari pula pemilihan motif hijab yang pasaran.

Hijab Printing Hijab Printing

Sumber : https://shopee.co.id/, https://www.carousell.sg/

3. Pilih Warna Yang Tepat

Untuk memudahkan padupadannya, sebaiknya pilihlah warna hijab printing yang cocok dengan sebagian besar koleksi busana di dalam almari pakaian anda. Tapi kalau lebih suka tampil dengan outfit yang kontras, memilih warna hijab yang berbeda dengan warna outfit pun tidak jadi masalah.

4. Pilih Model Hijab Yang Tepat

Pilih model hijab yang paling sesuai dengan selera anda. Dalam hal ini anda bebas mau memilih hijab model segi empat yang memiliki ukuran panjang sama pada ke empat sisinya, pashmina yang bentuknya menyerupai selendang maupun hijab instan.

  • Hijab printing model segi empat termasuk ke dalam salah satu model hijab mudah untuk dibentuk dan sangat cocok digunakan untuk acara yang bersifat formal, semi formal, maupun casual.

Hijab Printing

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Hijab printing model pashmina yang menyerupai selendang bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda ingin memiliki hijab yang ukurannya jauh lebih panjang dari hijab segi empat.

Hijab Printing

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Hijab instan model tali belakang sangat cocok digunakan pada saat bersantai di rumah ataupun keperluan lainnya. Selain itu hijab ini juga tidak mudah berantakan sekalipun dipakai tanpa tambahan peniti ataupun jarum pentul.

Hijab Printing

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Pilih Ukuran Yang Tepat

Berikutnya pilihlah ukuran hijab printing yang benar-benar tepat dan sesuai dengan proporsi tubuh anda, dalam artian tidak kebesaran atau kekecilan.

  • Ukuran hijab yang terlalu besar hanya akan membuat tubuh anda tenggelam dalam hijab yang anda kenakan.
  • Sebaliknya jika ukuran hijab terlalu kecil maka saat dikenakan hijab tersebut justru tidak akan menutup aurat dengan sempurna.

Biar tidak salah pilih anda bisa menggunakan panduan berikut sebagai acuan.

  • Bila anda memiliki tinggi sekitar 150 cm, gunakan hijab segi empat yang dibuat dalam ukuran 15 x 115 cm atau hijab pashmina dengan ukuran 200 x 75 cm.
  • Bila anda memiliki tinggi di atas 150 cm, gunakan hijab segi empat yang dibuat dalam ukuran 130 x 130 cm atau hijab pashmina dengan ukuran 90 x 200 cm.
  • Bila anda benar-benar memiliki tubuh yang sangat tinggi, gunakan hijab segi empat yang dibuat dalam ukuran 150 x 150 cm atau pashmina yang berukuran 125 x 250 cm.

Tapi kalau anda lebih tertarik untuk mengenakan hijab instan yang dilengkapi dengan tali, maka sebaiknya pilihlah hijab yang bagian depannya lebih panjang dari bagian dada.

6. Pilih Yang Jahitannya Rapi

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan jika anda ingin mendapatkan hijab printing yang berkualitas yaitu pastikan jahitan yang terdapat pada tepian hijab benar-benar rapi dan tidak berkerut.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih hijab printing baik itu dari segi bahan, motif dan ukurannya. Semoga tips yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan hijab printing yang tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan ya.

Mau tahu lebih banyak lagi unformasi penting terkait dengan hijab. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book Ragam Model dan Jenis-jenis Kain untuk Hijab dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.