Article

Homepage Article Fashion Muslim 8 Tips Membersihkan Baju…

8 Tips Membersihkan Baju Lebaran Yang Terkena Noda Opor Ayam

Baju putih kesayangan kamu tidak sengaja terkena kuah opor ayam yang identik dengan warna kuning saat makan bersama keluarga besar di Hari Raya Idul Fitri?. Biar tampilannya kembali glowing, berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa coba untuk menghilangkan noda tersebut dari baju kamu.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Dampak Buruk Noda Opor Ayam

Noda opor ayam termasuk ke dalam salah satu jenis noda yang bisa menjadi masalah menjengkelkan jika tidak segera diatasi dengan baik karena mengandung bahan pewarna yang kuat yakni berasal dari kunyit. Beberapa dampak buruk yang dapat timbul akibat noda opor ayam diantaranya:

  • Noda opor ayam bisa meninggalkan noda kekuningan dan membuat baju terlihat kotor.
  • Noda opor ayam yang tidak segera diatasi dapat menjadi permanen dan mengurangi estetika pakaian.
  • Noda opor ayam dapat meninggalkan bau yang tidak sedap jika tidak segera dibersihkan.
  • Noda opor ayam dapat menurunkan nilai barang dan membuatnya sulit untuk dijual kembali di masa mendatang.

Baju Lebaran Warna Putih

Sumber : https://bunnyhug.in/

Karena alasan itulah untuk menghindari dampak buruk noda opor ayam, penting bagi kamu untuk segera melakukan langkah-langkah pembersihan agar baju putih kesayangan kamu tetap cemerlang dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Baju Lebaran Warna Putih

Sumber : https://www.earthbreeze.com/

Membersihkan Noda Opor Ayam

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik untuk membersihkan baju yang terkena noda opor ayam saat lebaran?. Sebagai referensi berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba.

1. Bersihkan Sesegera Mungkin

Pertama langsung bersihkan baju lebaran warna putih begitu terkena tumpahan opor ayam agar hasilnya lebih sempurna. 

  • Untuk mencegah agar noda opor ayam tidak semakin menyebar pada baju kikis dulu ampas-ampasnya dengan sendok.
  • Jika sudah selanjutnya seka perlahan area baju yang terkena noa opor ayam dengan menggunakan kain atau kapas yang dibasahi air dingin.

2. Rendam Dengan Air Dingin

Setelah noda opor ayam berhasil disingkirkan dari baju lebaran warna putih, selanjutnya rendam baju tersebut selama kurang lebih 30 menit ke dalam ember yang sudah terisi dengan campuran air dingin dan deterjen.

Selesai direndam selama 30 menit, sekarang cuci baju lebaran warna putih seperti biasa dengan tetap memperhatikan petunjuk pencucian yang tertera pada label perawatan baju.

3. Gunakan Pemutih Untuk Baju

Jika noda opor ayam pada baju masih belum hilang kamu bisa merendamnya kembali ke dalam larutan pemutih yang sudah dicampur dengan air dingin selama  kurang lebih 15 menit. Setelahnya, cuci baju dengan air dingin untuk membilas sisa pemutih dan noda yang terangkat.

Selain itu kamu juga bisa mengoleskan larutan pemutih pada noda lalu menggosoknya dengan menggunakan sikat gigi atau kain yang lembut. Tunggu selama beberapa saat sampai nodanya memudar baru kemudian cuci baju kesayangan kamu seperti biasa. 

4. Gunakan Cuka Putih

Solusi lainnya gunakan cuka putih yang dicampur dengan deterjen untuk mengangkat noda opor ayam yang berwarna kekuningan pada baju. Caranya yaitu:

  • Campurkan dua sendok makan cuka putih dan satu sendok teh deterjen lalu aduk cepat.
  • Gunakan campuran cuka putih dan detergen yang masih berbuih untuk menutupi noda pada baju.
  • Pastikan campuran cuka putih dan detergen benar-benar menembus kain dan menghilangkan noda.
  • Biarkan selama setengah jam lalu cuci baju kesayanganmu seperti biasa.

5. Gunakan Lemon dan Es Batu

Selain menggunakan bahan pemutih dan cuka putih, kombinasi antara lemon dan es batu juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda kuning dari opor ayam. Caranya yaitu:

  • Usapkan es batu ke area baju untuk memudarkan warna noda opor ayam.
  • Oleskan lemon ke area baju lebaran warna putih yang terkena noda selama 15 menit.

6. Gunakan Hand Sanitizer

Alternatif lain gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol untuk membersihkan noda opor ayam pada baju lebaran warna putih. Caranya yaitu:

  • Oleskan hand sanitizer yang mampu memecah pigmen kunyit pada area baju yang bernoda.
  • Gosok noda dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus atau handuk basah secara perlahan.
  • Biarkan hand sanitizer meresap ke dalam serat-serat kain selama 10 menit sebelum kamu membilasnya.

7. Segera Bilas Baju Kesayanganmu

Setelah noda opor ayam benar-benar hilang, sebaiknya segera bilas baju lebaran warna putih yang terkena kuah opor dengan air dingin. Bilasan air dingin juga dapat membantu menghilangkan sisa-sisa aroma atau bau yang mungkin tertinggal setelah proses penghilangan noda.

8. Keringkan Baju di Bawah Matahari

Selesai dicuci, sekarang gantung baju di luar rumah dan biarkan panas matahari membuatnya kering dengan sendirinya. Selain menjadi alternatif yang ramah lingkungan dan hemat energi, sinar matahari juga dapat membantu membunuh bakteri dan mikroorganisme yang menyebabkan bau tidak sedap pada baju.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk membersihkan noda opor ayam pada baju lebaran warna putih. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk merawat dan membersihkan noda di baju putih yang kamu miliki ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju lebaran?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Kemeja dan Kain Gamis dan Gaun terbaik di katalog kami.

Simak juga : 12 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Dengan Mudah

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.