Article

Homepage Article Fashion Design 6 Jenis Busana Berdasarkan…

6 Jenis Busana Berdasarkan Usia Pemakainya

Dalam hal berbusana tidak dapat dipungkiri jika umur seseorang memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan desain busana yang dipilihnya. Untuk memudahkan anda dalam memilih busana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, cari tahu lebih dulu yuk klasifikasi busana berdasarkan usia pemakainya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Busana

Busana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dikenakan pada tubuh, baik dengan maksud untuk melindungi tubuh maupun memperindah tampilan pemakainya.

  • Dari aspek biologis busana dapat dipakai untuk melindungi tubuh dari cuaca yang kurang bersahabat, debu dan panas sinar matahari, serta benda lain yang membahayakan kulit.
  • Dari sisi psikologis busana dapat dipakai untuk menutupi atau menyamarkan bentuk tubuh yang kurang ideal sehingga menambah keyakinan dan rasa percaya diri terhadap pemakainya.
  • Dari aspek sosial busana berfungsi untuk memenuhi syarat kesusilaan serta menyampaikan pesan kepada orang lain, baik itu terkait dengan usia, jenis kelamin, profesi dan sebagainya.

Dari berbagai macam fungsi busana yang sudah disebutkan di atas, busana sendiri masih dapat dibedakan ke dalam enam kategori utama berdasarkan usia pemakainya. Busana yang dimaksud antara lain berupa busana bayi, busana kanak-kanak, busana anak-anak, busana remaja, busana dewasa dan busana usia lanjut (lansia). 

Busana Berdasarkan Usia

Mau tahu lebih detail lagi tentang perbedaan busana bayi, busana kanak-kanak, busana anak-anak, busana remaja, busana dewasa dan busana usia lanjut (lansia). Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Busana Bayi

Busana bayi merupakan sejenis busana yang didesain untuk bayi usia 0-12 bulan. Sebagai pelengkap kebutuhan bayi, baju bayi ini umumnya sudah mempunyai standar dan susunan tertentu sesuai dengan fungsi atau kegunannya.

  • Berdasarkan jenisnya baju bayi dapat dibedakan menjadi tiga macam yakni berupa atasan bayi, bawahan bayi dan aksesoris bayi.
  • Berdasarkan ukurannya pakaian yang didesain untuk bayi masih dibedakan lagi menjadi new born, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan.
  • Sedangkan menurut kesempatan pemakaiannya baju bayi dapat di kelompokkan dalam pakaian tidur, bermain dan pesta atau berpergian.

Khusus untuk pembuatan baju bayi, bahan kain yang dipilih hendaknya memiliki tekstur yang lembut, menyerap air atau keringat karena pada masa ini kulit bayi masih sangat sensitif terhadap gesekan atau gangguan luar.

Busana Bayi

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih baju bayi, simak juga pembahasan mengenai Tips Memilih Pakaian Bayi Baik Dari Segi Bahan, Model dan Ukuran Lengkap Dengan Cara Merawatnya.

2. Busana Kanak-Kanak

Busana kanak-kanak dapat didefisnisikan sebagai sejenis busana yang dibuat khusus untuk anak-anak yang berusia 1 hingga 6 tahun.

  • Busana untuk kanak-kanak biasa dibuat menggunakan bahan kain yang mudah menyerap keringat, lembut dan lentur seperti kaos.
  • Busana untuk kanak-kanak kebanyakan didesain dalam potongan yang sederhana dan tidak menggunakan banyak hiasan yang rumit.

Busana Kanak-Kanak

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Busana Usia Anak

Busana usia anak merupakan busana yang didesain untuk anak-anak yang belum tumbuh tinggi secara penuh. Yang dimaksud dengan usia anak yaitu usia antara 6 sampai 12 tahun dan biasanya berada pada masa sekolah dasar.

  • Industri ritel untuk pakaian anak biasa disebut dengan istilah grandma bait.
  • Dibandingkan dengan pakaian dewasa, pakaian anak sendiri biasanya memiliki gaya yang cenderung lebih casual dan bertekstur lembut.
  • Pemilihan bahan kain,  model, corak serta warna pakaian anak sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas anak.
  • Pakaian anak yang baik harusnya dibuat dalam mmodel yang tidak terlalu ketat, agar anak bisa lebih bebas bergerak, bebas berekspresi dan tidak mudah berkeringat.

Busana Anak-Anak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih busana anak, simak juga pembahasan mengenai 7 Tips Memilih Pakaian Anak Yang Tepat Baik Dari Segi Model, Bahan Hingga Jahitannya.

4. Busana Usia Anak Remaja

Busana remaja merupakan sejenis busana yang didesain untuk anak uyang berusia antara 12 hingga 22 tahun. Usia remaja sendiri umumnya dimulai saat anak masuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas bahkan sampai di awal perguruan tinggi.

  • Pada usia ini para remaja kebanyakan lebih suka memilih busana yang dapat menggambarkan gejolak hatinya.
  • Pemilihan bahan kain dan model busana yang dipakai cenderung lebih bebas yang penting tetap sopan dan sesuai dengan batas-batas kesopanan.

Busana Remaja

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Busana Usia Dewasa

Busana usia dewasa merupakan sejenis busana yang didesain untuk orang yang berusia antara 23 hingga 55 tahun.

  • Pada usia ini busana yang dipilih dapat disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan masing-masing individu.
  • Pemilihan warna busana untuk orang dewasa hendaknya juga disesuaikan dengan kepribadian dan kesempatan pemakainya.
  • Untuk menunjukkan sisi dewasa dalam diri anda, coba kenakan busana klasik yang sifatnya timeless.
  • Sebisa mungkin hindari busana yang tampak kekanakan, terlalu ketat dan terbuka.
  • Gunakan baju dengan bahan yang berkualitas sehingga tampilan yang anda dapatkan jadi lebih elegan.

Busana Dewasa

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis style fashion yang dapat menggambarkan kepribadian seseorang, jangan lewatkan juga pembahasan mengenai 6 Macam Style Fashion Menurut Kepribadian Pemakainya.

6. Busana Usia Lanjut (Lansia)

Busana usia lanjut merupakan busana yang didesain untuk orang yang berusia lebih dari 55 tahun (55 tahun ke atas).

  • Busana yang wajar dan pantas untuk usia lanjut merupakan busana yang motif yang sederhana dan simpel.
  • Untuk wanita bisa menggunakan rok dan blus, gamis, maupun kain dan kebaya. Sementara bagi pria dapat memakai celana dengan kemeja atau celana dengan kaos oblong.
  • Warna-warna yang cocok untuk busana usia lanjut yaitu warna-warna yang tenang atau redup seperti krem, coklat, biru tua, hijau tua dan warna lain yang sejenis.
  • Dibandingkan bahan kain yang tebal dan berat, bahan kain yang ringan dan terasa sejuk dipakai setiap saat lebih cocok untuk busana usia lanjut.

Busana Lansia

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai klasifikasi busana berdasarkan usia pemakainya yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk menemukan jenis busana yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.