Article

Homepage Article Fashion Muslim 10 Tips Merawat Gamis Shimmer…

10 Tips Merawat Gamis Shimmer Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Jadi salah satu gamis yang banyak dicari oleh wanita muslim pada moment lebaran 2024, berikut beberapa cara paling mudah yang bisa kamu terapkan untuk merawat baju gamis shimmer agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Gamis Shimmer

Gamis shimmer merupakan sejenis gamis berbahan kain shimmer silk yang memiliki tampilan yang cantik karena permukaan kainnya tampak berkilau dan punya efek crinkle yang terlihat jelas. Biasanya bahan shimmer sendiri banyak terbuat dari serat sintetis seperti polyester ataupun nilon dengan campuran benang logam seperti benang lurex.

Merawat Gamis Shimmer

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Selain menarik dari segi tampilan kelebihan, gamis shimmer sebenarnya juga memiliki banyak keunggulan lain yang membuatnya semakin disukai banyak wanita muslim lho. Beberapa keunggulan yang ditawarkan baju gamis shimmer yaitu:

  • Gamis shimmer memiliki hand feel yang halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit.
  • Gamis shimmer sangat nyaman ketika digunakan dalam waktu yang cukup lama.
  • Gamis shimmer memiliki tampilan yang mewah, elegan dan memikat perhatian.
  • Gamis shimmer cenderung tidak menerawang sehingga dapat memberikan privasi yang lebih baik.
  • Gamis shimmer senantiasa terlihat rapi dan walau tanpa disetrika.

Merawat Gamis Shimmer

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tetap saja baju gamis yang dibuat dari kain shimmer silk juga memerlukan perawatan khusus agar tekstur dan kilau alaminya tetap terjaga dengan baik lho.

Cara Merawat Gamis Shimmer

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk merawat gamis shimmer yang kamu miliki?. Sebagai referensi berikut beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Pakai Gamis Dengan Bijak

Hindari menggunakan gamis kain shimmer di tempat yang kasar atau bersentuhan dengan permukaan yang kasar, karena bisa merusak kilau dan tekstur kainnya. Sebisa mungkin selalu periksa gamis kain shimmer secara teratur untuk melihat apakah ada noda atau kerusakan yang perlu segera diatasi.

2. Pisahkan Dengan Pakaian Lain

Pisahkan gamis kain shimmer dari pakaian lain terutama yang bahannya tebal dan berat seperti celana jeans atau jaket denim, pakaian yang berpotensi luntur dan mengotori gamis shimmer, serta baju yang memiliki banyak detail misal baju berpayet ketika kamu hendak mencuci gamis shimmer.

3. Cuci Manual Dengan Tangan

Hindari mencuci gamis kain shimmer dengan mesin cuci karena bisa merusak tekstur dan kilau kainnya. Sebagai gantinya, lebih baik cuci gamis kain shimmer secara manual dengan menggunakan air dingin atau suam-suam kuku dan deterjen yang lembut.

4. Gunakan Deterjen Yang Ringan

Untuk mencuci baju gamis berbahan kain shimmer silk pastikan kamu sudah memilih deterjen atau sabun pencuci baju yang bebas dari kandungan zat kimia berbahan keras yang dapat merusak bahkan menghilangkan kilauan pada bahan kain shimmer.

5. Cuci dan Kucek Dengan Lembut

Tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan ketika mencuci gamis berbahan kain shimmer yaitu kucek-kucek baju gamis dengan lembut.

6. Hindari Mesin Pengering

Selesai dicuci jangan menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan gamis berbahan kain shimmer silk karena dapat merusak kainnya dan mengurangi kilau serta tekstur yang membuatnya indah.

7. Jemur Dengan Hati-Hati

Jemurlah gamis kain shimmer dengan cara digantung di tempat yang teduh tapi tetap terkena angin agar lebih cepat kering. Selain itu pilihlan tempat menjemur gamis shimmer yang terlindung dari sinar matahari langsung, agar warna alami gamis tetap terjaga dengan baik.

8. Jangan Menyetrika Langsung

Hindari menyetrika langsung gamis kain shimmer, karena panas yang berlebihan bisa merusak kilau serta tekstur bahan kain shimmer silk. Biar aman letakkan kain yang sedikit lebih tebal untuk melindungi kilau alami kain dan mencegah kontak langsung antara gamis dengan permukaan setrika.

9. Simpan Dengan Benar

Simpan gamis shimmer di almari pakaian yang bersih dan tertutup rapat untuk melindunginya dari debu dan kotoran. Hindari menyimpannya di tempat yang lembab karena bisa menyebabkan munculnya jamur.

10. Tambahkan Potpurii

Untuk mencegah agar gamis shimmer tidak berbau apek kamu bisa juga menambahkan potpourii yang terbuat dari campuran bahan-bahan aromatik seperti bunga, buah, daun, kayu dan rempah-rempah yang sudah dikeringkan. 

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat gamis shimmer. Dengan mengikuti tips merawat gamis shimmer seperti yang sudah disebutkan di ats, semoga kamu dapat memastikan bahwa baju gamis yang kamu miliki tetap terlihat cantik dan tahan lama ya.

Download pola baju gamis siap pakai dari kami, kalau kamu ingin membuat gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Simak juga 8 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Gamis Shimmer.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.