Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Alasan Mengapa Pria Wajib…

7 Alasan Mengapa Pria Wajib Memiliki Cufflink Untuk Pelengkap Gaya Busana Formal

Mau tampil setingkat lebih modis dan stylish saat mengenakan kemeja?. Mungkin anda bisa menambahkan cufflink sebagai aksesoris andalan agar tampilannya tidak membosankan. Namun jangan sampai salah ya sahabat Fitinline cufflink ini hanya bisa dipakai pada model kemeja pria french cuff yang mansetnya lumayan panjang.

Pengertian Cufflink

Cufflink merupakan sepasang benda berukuran kecil yang dirancang khusus untuk menggantikan kancing sekaligus mengeratkan bagian manset kemeja. Resmi menjadi padupadan busana formal pria sejak empat abad lampau, awalnya cufflink hanya dipakai anggota Kerajaan Inggris dan setelah itu menyebar hingga ke Perancis.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.pinterest.com/

Berbicara mengenai cufflink mungkin banyak diantara anda yang belum tahu bahwa desain cufflink pada awalnya memiliki dua kancing yang disambungkan menggunakan rantai kecil. Sekarang pun cufflink model itu juga masih diminati oleh banyak orang meskipun sudah banyak model lain yang lebih menarik.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://jewelryjealousy.com/

Untuk menunjang gaya penampilan pria cufflink bisa dibilang termasuk ke dalam jenis perhiasan yang mewah karena biasa dibuat dari material yang cenderung mahal seperti mutiara, intan, emas dan batu berharga lainnya. Karena fungsinya sebagai aksesoris lepas pasang jadi banyak juga orang yang mengkoleksi cufflink.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.thenines.fr/

Meski pada mulanya banyak dibuat dari bahan yang mahal, seiring berjalannya waktu cufflink kemudian mulai diciptakan dari bahan-bahan yang lebih murah sehingga dapat dijangkau oleh banyak kalangan. Bentuk cufflink yang dihasilkan pun cukup beragam, mulai dari logo perusahaan otomotif hingga tokoh kartun.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.etsy.com/

Terkait dengan jenis baju kemeja pria yang dapat dipasangi cufflink, jadi hanya model kemeja pria dengan french cuff yang bagian mansetnya (sengaja dibuat) cukup panjang yang dapat dihias dengan cufflink. Model kemeja pria inipun sangat sesuai jika dipakai pada acara resmi apalagi bila dipadukan dengan jas atau blazer.

  1. Kemeja french cuff merupakan model kemeja pria lengan panjang yang bagian pergelangan tangannya dibuat cenderung panjang sehingga sering disebut juga sebagai double cuff.
  2. Jika pada manset baju kemeja pria lengan panjang lazimnya terdapat kancing dan lubang kancing, maka pada model kemeja pria yang satu ini hanya terdapat lubang saja sehingga perlu memakai cufflink.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.anirings.com/

Meski lazimnya sebuah kemeja french cuff dikenakan dengan tambahan cufflink tapi anda bisa juga memakainya dengan cara melipat atau menggulung bagian kemeja hingga sebatas siku. Selain itu anda dapat membiarkan bagian lengannya menjuntai walau kemungkinan ujungnya akan menutupi hingga jari anda.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : http://www.urlaubsreisen-buchen.com/

Pentingnya Keberadaan Cufflink

Berlanjut ke pembahasan berikutnya yakni mengenai pentingnya keberadaan cufflink bagi pria. Jadi secara umum cufflink yang ditambahkan pada baju kemeja pria sebenarnya memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan kualitas penampilan seorang pria jika ingin tampil maksimal dalam kesempatan formal.

1. Mengencangkan Bagian Manset

Sesuai dengan desain dan tujuan pemakaiannya, cufflink dapat digunakan untuk mengencangkan bagian lipatan lengan kemeja, lipatan yang dimaksudkan yakni bagian manset yang dekat dengan pergelangan tangan.

  • Bagian manset mungkin masih sering luput dari perhatian, padahal menurut fashion expert bagian ini justru akan menjadi fokus penampilan saat mengenakan setelan jas.
  • Saat mengenakan setelan jas lipatan manset tersebut harus benar-benar kencang dan pas agar tampilan yang dihasilkan jadi lebih proporsional dan tidak menumpuk.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://redki-robki.de/

2. Menjadi Pilihan Aksesoris

Terbatasnya aksesoris yang dihadirkan untuk para pria menjadikan cufflink terkesan makin keren untuk dijadikan sebagai aksesoris. Buat anda yang membutuhkan pilihan aksesoris anda bebas memilih cufflink yang dihadirkan dalam beragam model.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.ebay.com/

Beberapa variasi model cufflink yang bisa dijadikan sebagai pelengkap gaya penampilan pria saat mengenakan kemeja french cuff diantaranya berupa bullet back closures, whale back closure, fixed backing, chain link, ball return dan silk knot.

  • Chain link merupakan model cufflink modern yang diadaptasi dari bentuk asli kancing manset saat pertama kali ditemukan. Cufflink ini memiliki kepala dan kait pengetat yang dihubungkan dengan rantai.
  • Bullet back closures merupakan jenis cufflink yang memiliki kait berbentuk terpedo, peluru atau kapsul. Kait yang terdapat pada bagian belakang cufflink dapat dimanipulasi ketika hendak dipasang pada lubang kancing kemudian dibalik searah horizontal.
  • Whale back closure merupakan jenis cufflink yang bentuknya hampir mirip dengan bullet back closures namun bagian belakang atau bagian kaitnya memiliki bentuk seperti ekor paus sehingga sangat mudah untuk digunakan.
  • Bentuk fixed backing cenderung lebih kaku jika dibandingkan dengan model cufflink lainnya. Bagian belakang dari fixed backing cuff merupakan perpanjangan dari bagian depan kancing manset yang tidak dapat ditekuk maupun diputar dengan cara apa pun.
  • Ball return sebenarnya merupakan cufflink yang diperoleh dari pengembangan chain link namun bagian pengaitnya dibuat berbentuk bola perak atau emas.
  • Silk knot merupakan cufflink yang terbuat dari benang sutra. Silk knot sendiri termasuk kedalam jenis manset variasi yang hanya dapat digunakan untuk acara non-formal.

3. Memberikan Kesan Lebih Formal

Bila setelan jas dapat menjadikan busana utama pria terkesan makin keren maka kehadiran cufflink tentu akan menambah kesan formal pada tampilan jas. Item fashion ini bahkan bisa dijadikan pilihan untuk para pria yang akan menikah.

  • Pria yang memahami mode tahu betul bahwa fungsi cufflink merupakan sentuhan akhir dalam berpakaian formal.
  • Tujuan utama dari penggunaan cufflink yaitu untuk membuat tampilan menjadi lebih impresif dan elegan.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.gemonediamond.com/

4. Membuat Tampilan Lebih Berwibawa

Sejak dahulu cufflink kerap dijadikan sebagai simbol yang memberikan kesan bergengsi dan berwibawa pada pemakainya. Bahkan sekalipun sekarang ini banyak cufflink dengan harga yang lebih murah namun kesan yang ditampilkan tetap sama.

  • Dahulu kala cufflink hanya digunakan oleh bangsawan saat menghadiri acara kerajaan.
  • Untuk memberikan kesan bergengsi hingga kini terdapat sejumlah high fashion brand yang mendominasi pembuatan cufflink.
  • Cufflink masih dianggap sebagai aksesori yang membuat tampilan pria lebih berwibawa dan bergengsi.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.notonthehighstreet.com/

5. Membuat Kemeja Tampak Lebih Rapi

Sebagai pengganti kancing pada manset kemeja, cufflink hadir untuk membuat bagian lipatan lengan  kemeja tampak lebih rapi dan posisinya pun akan tetap terjaga meskipun anda melakukan banyak aktivitas.

  • Ketika mengadiri acara yang sifatnya formal, kerapian gaya berbusana menjadi salah satu kunci yang harus diperhatikan.
  • Meski terkesan sepele lipatan kemeja jelas menjadi hal yang krusial, karena lipatan ini tetap akan ditampilkan melewati bagian lengan jas.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.pinterest.com/

6. Mengganjal Lengan Jas

Sebagai aksesoris pria yang dikenakan pada bagian manset bukan tanpa alasan mengapa cufflink dibuat dengan desain yang cukup unik. Salah satu fungsi tersembunyi yang dimiliki cufflink yakni menjadi pengganjal agar lengan jas tidak menutupi lengan kemeja.

7. Mencerminkan Kepribadian Diri

Ragam dan jenis cufflink yang sangat bervariasi menjadikan aksesoris ini dapat disesuaikan dengan hobi dan kepribadian. Selain itu anda bahkan bisa dengan bebas memilih cufflink yang memiliki bentuk unik seperti replika bola basket serta figur yang anda idolakan.

  • Material yang digunakan dalam membuat cufflink ditujukan untuk memenuhi keinginan para eksektif muda yang ingin tampil gaya dan juga elegan pada acara yang mereka hadiri.
  • Untuk urusan model dan bentuk, pada umumnya cufflink berbentuk persegi empat walaupun banyak juga bermunculan kreasi cufflink dengan bentuk yang lain.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://www.porsche-design.com/

Pemanfaatan Cufflink

Mematahkan kesan kuno yang selama ini identik dengan aksesoris pria paruh baya, kini cufflink  juga mulai banyak digunakan anak muda demi mendapatkan tampilan yang sangat classy. Tidak hanya digunakan pada acara formal tapi sekarang cufflink bisa juga dipakai untuk memancarkan personality pemakainya.

  1. Untuk acara-acara formal atau semi formal anda bisa memakai cufflink fixed backing yang berdesain klasik dan cenderung lebih kaku jika dibandingkan dengan model cufflink lainnya.
  2. Namun jika anda ingin memakai cufflink untuk keperluan sehari-hari cobalah pakai cufflink berdesain unik seperti cufflink silk knot.

Selain dikenakan sebagai pelengkap penampilan pria, aksesoris yang sangat terkenal dengan kesannya yang mewah ini sebetulnya juga cocok dikenakan untuk wanita yang mau tampil maskulin tanpa harus menghilangkan unsur feminim. Yang pasti kalau anda ingin memakai cufflink selalu gunakan kemeja french cuff.

Tips Memilih Cufflink

Berencana untuk membeli cufflink tapi masih bingung harus memilih model cufflink yang seperti apa?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa tips sederhana dalam memilih cufflink yang bisa anda coba kalau mau tampil setingkat lebih modis dan stylish.

1. Desain Cufflink

Untuk pelengkap gaya penampilan formal sebaiknya miliki lebih dari 3 koleksi cufflink dengan desain klasik agar anda tidak berlama-lama menentukan pilihan saat hendak mengenakannya.

  • Pilih cufflink dengan desain klasik seperti bentuk oval, bulat dan kotak.
  • Kalau mau mendapatkan kesan mewah anda bisa memilih cufflink yang dapat dipesan secara custom atau personal.

2. Warna Cufflink

Untuk urusan warna sebaiknya pilih cufflink yang memiliki warna netral dan dapat dipadupadankan dengan sebagian besar koleksi busana yang anda miliki.

  • Cufflink hitam, abu-abu atau biru tua adalah pilihan yang cocok dengan kebanyakan setelan.
  • Kalau mau tampil beda anda bisa juga memilih cufflink yang berwarna lain seperti misalnya warna gold, silver, red wine dan hijau botol.
  • Hindari cufflink dengan warna yang terlalu mencolok, karena aksesoris ini harus tampil sebagai pelengkap busana pria yang sederhana, berkelas dan tetap formal.

3. Motif Cufflink

Sesuaikan motif cufflink dengan warna kemeja yang anda kenakan. Aturan ini berlaku juga seperti halnya pada saat anda akan memilih dasi.

  • Untuk pelengkap gaya busana formal sebaiknya hindari memakai model dan motif cufflink yang berbentuk unik seperti tokoh kartun.
  • Upayakan untuk mengenakan sepasang model yang bentuknya identik, baik pada lengan kemeja kanan maupun kiri.

4. Variasi Bahan Cufflink

Bosan memakai cufflink dari bahan logam, stainless steel atau titanium?. Sebagai alternatif pilihlah cufflink yang menggunakan batu-batuan, kristal, swarovski, batu mulia atau simpul tali.

  • Cufflink berbahan batu dan logam mulia dulu sering dipakai sebagai bahan cufflink pada busana yang dikenakan kaum aristokrat.
  • Penggunaan cufflink yang dibuat dari batu mulia juga dapat dijadikan sebagai penanda status sosial pemakainya.

Cara Memakai Cufflink

Tertarik untuk mengenakan cufflink sebagai aksesoris andalan pada kemeja french cuff anda?. Supaya tidak salah pakai simak dulu yuk pembahasan mengenai tips sederhana yang bisa anda terapkan dalam pemakaian cufflink.

  1. Jika anda ingin mengenakan cufflink pastikan kemeja yang anda pakai sudah tepat. Kemeja yang dimaksud yakni berupa kemeja french cuff yang memiliki manset ekstra panjang.
    • Carilah kemeja yang memiliki french cuff.
    • Kemeja french cuff ini biasanya memiliki manset ekstra panjang tanpa kancing dan lubang samping.
  2. Lipat manset baju kemeja pria ke belakang, pastikan bentuknya rapi dan rata hingga ke ujung lengan baju kemeja pria.
  3. Tahan kedua tepi terbuka dari manset kemeja dengan posisi mendatar jauh dari pergelangan tangan dan pastikan lubang untuk memasangkan cufflinknya benar-benar sejajar.
  4. Masukkan cufflink pada lubang kancing manset dan amankan. Cara mengamankan cufflink inipun biasanya berbeda-beda tergantung pada model cufflink yang anda gunakan.
    • Untuk mengamankan cufflink model bullet back closures yang memiliki kait pengetat berbentuk peluru atau kapsul, anda dapat memutar pengaitnya 360 derajat.
    • Lain halnya dengan cufflink model whale back closure yang kait pengetatnya berbentuk ekor paus, anda dapat mengerakkan pengaitnya 180 derajat.
  5. Terakhir periksa posisi bagian dekoratif dari cufflink. Ketika anda mengenakan cufflink pastikan bagian dekoratifnya menghadap keluar saat lengan berada pada sisi tubuh.

Cufflink Kemeja Pria

Sumber : https://redki-robki.de/

Cara Merawat Cufflink

Punya beberapa pasang koleksi cufflink di rumah?. Supaya cufflink yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama sebaiknya simpan cufflink dalam kotak atau kantong yang terpisah. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kondisi cufflink tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari goresan.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian cufflink, alasan mengapa pria harus memiliki cufflink, pemanfaatan cufflink, tips memilih cufflink serta cara penggunaan cufflink yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau mau tahu lebih banyak tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Tertarik untuk membuat kemeja sendiri dengan cara yang terbilang cukup praktis?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola kemeja pria dari kami. Beberapa contoh pola kemeja pria yang bisa anda pakai diantaranya:

1. Pola Kemeja Pria (Standar)

Kemeja pria standar merupakan jenis kemeja yang memiliki potongan relatif lebih longgar.

2. Pola Kemeja Kasual Slimfit

Kemeja slim fit dapat dikategorikan ke dalam jenis kemeja pria yang memiliki bentuk, desain dan potongan cukup unik yakni berukuran lebih kecil dan lebih pas dengan bentuk badan.

  • Memilih model kemeja yang memiliki potongan slim fit akan memberikan efek ramping, rapi dan menarik pada orang yang memakainya.
  • Kemeja slim fit dapat digunakan untuk mempertegas sisi maskulin pria, membuat tubuh terlihat lebih tegap dan berwibawa.

3. Pola Kemeja Kasual Reguler

Kemeja kasual reguler menjadi salah satu jenis kemeja yang didesain dalam bentuk standar dan memiliki bentuk badan yang lumayan lebih longgar jika dibandingkan kemeja slim fit. 

4. Pola Kemeja Pria Dewasa Ukuran SNI

Kemeja pria dewasa ukuran SNI merupakan jenis baju kemeja pria yang memiliki potongan simple dan dibuat berdasarkan SNI.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.