Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih Baju Cheongsam…

7 Tips Memilih Baju Cheongsam Yang Tepat Untuk Acara Pernikahan

Tertarik untuk mengenakan baju chongsam untuk acara pernikahan kamu nanti?. Biar ga salah pilih simak yuk apa saja hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih cheongsam yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Cheongsam

Cheongsam merupakan sejenis busana tradisional para wanita Tionghoa yang identik dengan bentuk kerah yang khas yakni punya bentuk tegak sejajar di bagian leher, bentuknya bulat dan nggak bisa diturunkan. Selain dipakai untuk perayaan imlek, cheongsam ini bisa juga dipakai untuk acara pernikahan lho.

Baju Cheongsam

Sumber : https://www.etsy.com/

Tips Memilih Cheongsam Pernikahan

Khusus untuk kamu yang ingin mengenakan baju cheongsam sebagai busana andalan saat pernikahan berikut beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam memilih baju cheongsam.

1. Pilih Warna Sesuai Tema Pernikahan

Pertama pilih warna cheongsam yang sesuai dengan tema pernikahan dan cocok dengan warna kulit kamu. Warna merah sering dianggap sebagai warna yang paling umum dalam pernikahan Tiongkok, tetapi kamu juga dapat mempertimbangkan warna lain seperti emas, putih atau pastel.

Baju Cheongsam

Sumber : https://th.aliexpress.com/

2. Pilih Model Cheongsam Yang Tepat

Kedua pilih model dan desain cheongsam yang sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi kamu. Dalam hal ini kamu bebas mau memakai cheongsam yang bergaya klasik ataupun cheongsam modern.

Berikut beberapa ciri paling khas yang membedakan cheongsam bergaya klasik dengan cheongsam modern.

  • Cheongsam Klasik

Cheongsam bergaya klasik memiliki ciri-ciri yang mengacu pada desain tradisional dan tampilan yang khas dari pakaian tersebut.

  • Cheongsam klasik memiliki potongan yang ketat dan menonjolkan lekuk tubuh.
  • Cheongsam klasik memiliki kerah yang tinggi, merapat ke leher dan terkadang dihiasi dengan bordir atau hiasan halus.
  • Detail bordiran atau hiasan tradisional sering ditemukan pada bagian dada, lengan, kerah, atau bagian bawah cheongsam bergaya klasik.
  • Cheongsam klasik sering memiliki pengikat samping atau kancing yang memungkinkan cheongsam dipasang dan dilepas dengan mudah.
  • Cheongsam klasik memiliki paha belahan rendah di bagian sisi untuk memungkinkan langkah kaki yang lebih leluasa.
  • Warna-warna simbolis seperti merah, emas dan hitam sering digunakan dalam cheongsam klasik.

Baju Cheongsam

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

  • Cheongsam Modern

Cheongsam modern adalah variasi yang diperbarui dari desain tradisional yang menggabungkan unsur-unsur kontemporer untuk menciptakan tampilan yang segar dan modis.

  • Cheongsam modern sering memiliki potongan yang lebih longgar dari pada cheongsam klasik.
  • Desain cheongsam modern cenderung lebih sederhana dan simetris sehingga saat dipakai bisa memberikan tampilan yang bersih.
  • Cheongsam modern umumnya dibuat dalam berbagai panjang yang berbeda-beda, mulai dari midi hingga maxi.
  • Cheongsam modern bisa menggunakan palet warna yang lebih luas, termasuk warna-warna netral, pastel, atau warna-warna cerah yang populer.
  • Beberapa desain cheongsam modern dapat diubah atau disesuaikan sesuai dengan preferensi pemakai, seperti panjang lengan, model kerah atau hiasan yang dipilih.

Baju Cheongsam

Sumber : https://www.etsy.com/

Khusus untuk kamu yang lebih suka memakai cheongsam modern perhatikan pula bentuk lengan yang ada pada cheongsam cheongsam.

  • Kalau kamu memiliki lengan yang berisi kamu dapat memilih cheongsammodel sleveless yang bisa memberi ilusi lebih panjang dan ramping pada bagian lengan.
  • Kalau kamu memiliki lengan yang kurus kamu dapat menggunakan cheongsam yang memiliki lengan tertutup untuk memberikan tampilan anggun dan klasik.

3. Pilih Yang Ukurannya Pas Badan

Ketiga pastikan baju cheongsam yang kamu pilih memiliki ukuran yang sesuai dengan proporsi tubuh kamu, dalam artian tidak kebesaran atau kekecilan.

  • Pastikan cheongsam yang kamu pilih tidak terlalu ketat dan membuat kamu tidak bisa duduk, berlutut atau makan dengan benar.
  • Untuk cheongsam yang memiliki belahan paha pastikan pula belahan pada cheongsam tersebut juga tidak terlalu tinggi.

Baju Cheongsam

Sumber : https://www.etsy.com/

Simak juga Cara Mengenali Bentuk Tubuh Wanita Agar Tidak Salah Membeli Baju.

4. Pilih Bahan Kain Yang Berkualitas

Keempat pilih bahan kain yang berkualitas dan sesuai dengan cuaca serta suasana acara. Dari sekian banyak bahan yang ada, bahan kain seperti sutra, kain satin atau kain brokat termasuk ke dalam jenis kain yang sering digunakan untuk cheongsam pernikahan karena memberikan kesan mewah dan elegan.

Baju Cheongsam

Sumber : https://besteffsm.live/

Untuk mempercantik tampilan cheongsam dapat pula ditambahkan aplikasi berbentuk sulaman dekoratif yang rumit dan indah pada bagian kerah, lengan maupun ujung cheongsam.

  • Perhatikan detail bordiran, hiasan dan aplikasi pada baju cheongsam.
  • Pilih motif sulam yang sesuai dengan selera kamu agar kesan yang ditampilkan tidak terlalu berlebihan.

Butuh bahan kain satin berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju cheongsam?. Sebagai bahan pertimbangan intip yuk koleksi kain satin yang kami miliki.

5. Pilih Aksesoris Yang Sesuai

Pertimbangkan pula aksesori seperti anting, kalung dan sepatu yang akan kamu kenakan dengan cheongsam. Dalam hal ini pastikan aksesori tersebut juga cocok dengan gaya dan desain cheongsam kamu.

6. Mintalah Pendapat Pada Orang Lain

Jika memungkinkan cari ulasan di Internet atau rekomendasi dari orang lain untuk memudahkan kamu dalam menemukan desainer cheongsam yang tepat baik dari segi kualitas dan layanan yang ditawarkan.

Baju Cheongsam

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

7. Siapkan Budget Yang Cukup

Tetapkan anggaran yang sesuai untuk membeli cheongsam, karena harga cheongsam bisa saja bervariasi tergantung pada desain, bahan dan merek. Tapi kalau kamu mau sedikit berhemat kamu bisa menyewa baju cheongsam untuk acara pernikahan kamu.

Simak juga Pertimbangkan Ini Sebelum Kamu Membeli, Menjahit atau Menyewa Baju Pengantin.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam memilih cheongsam. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan kamu untuk menemukan cheongsam yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.