Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Unik dan Menarik…

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Wedding Veil

Mau tampil paripurna di hari bahagia pernikahan dan memukau tamu undangan yang hadir. Untuk anda yang kurang suka menggunakan terlalu banyak aksesoris di hari pernikahan, anda bisa memakai aksesoris kepala dari bahan kain yang dikenal dengan nama wedding veil.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Wedding Veil

Wedding veil atau kerudung pengantin merupakan sejenis hiasan rambut yang dapat dikenakan untuk mempercantik pengantin perempuan dalam momen sakral pernikahan. Selain mempercantik penampilan, penggunaan wedding veil juga ditujukan untuk menutup beberapa bagian dari kepala atau wajah.

Wedding Veil

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa sumber meyebutkan, sejarah pemakaian wedding veil dalam acara pernikahan sendiri terbilang cukup panjang. Dari cerita yang berkembang diketahui wedding veil ini bahkan sudah digunakan pada pernikahan di Eropa semenjak masa Romawi berkuasa dan masih terus digunakan sampai sekarang.

Fakta Menarik Wedding Veil

Mau tahu lebih detail lagi tentang makna wedding veil dan perkembangan wedding veil itu sendiri?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan beberapa fakta menarik dari wedding veil yang perlu anda ketahui.

1. Untuk Menangkal Roh Jahat

Wedding veil yang biasa digunakan sebagai aksesori kepala pengantin perempuan dalam momen sakral pernikahan sudah dikenakan mempelai wanita di masa era Romawi kuno. Fungsinya sendiri yaitu untuk melindungi pengantin wanita dari gangguan godaan roh jahat.

Wedding Veil

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Warna Wedding Veil

Berbeda dengan wedding veil masa kini yang didomimasi dengan warna putih, di masa lalu wedding veil yang digunakan oleh pengantin wanita justru lebih banyak menggunakan warna merah terang.

  • Menurut kepercayaan bangsa Romawi Kuno, warna merah dapat dipakai untuk menangkal dari gangguan setan atau roh jahat yang mengganggu prosesi pernikahan.
  • Selain menggunakan warna merah terang, wedding veil pun dibuat dengan ukuran yang cukup panjang mulai dari kepala sampai dengan kaki.

Wedding Veil

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Makna Wedding Veil

Selain menangkal roh jahat, dalam agama dan kepercayaan tertentu wedding veil pernikahan juga memiliki arti penting. Di Bedeken misalnya, pengantin laki-laki perlu “memeriksa” dan memastikan wajah di balik wedding veil supaya ia merasa yakin menikah dengan perempuan yang tepat.

Wedding Veil

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Simbol Kesucian Wanita

Dilansir dari buku Corbwlia Powell, wedding veil juga kerap dijadikan sebagai lambangkan kesucian / keperawanan mempelai wanita. Meski demikian anda yang akan menikah untuk kedua kalinya dan ingin memakai wedding veil ini pun juga tidak masalah.

5. Modelnya Sangat Bervariasi

Layaknya busana pengantin yang dikenakan oleh mempelai wanita, dari ke waktu desain wedding veil juga mengalami banyak perkembangan jadi makin beragam. Mulai dari yang cukup menutup bagian kepala saja hingga menjuntai ke lantai.

Wedding Veil

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Bahannya Cukup Beragam

Wedding veil dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang lembut seperti kain sutra, Kain Satin, kain yang transparan seperti organza ataupun chifon, tapi bisa juga menggunakan bahan lain yang bentuknya menyerupai jaring atau net seperti brokat dan Kain Tile.

Khusus untuk pembuatan wedding veil, kain tile yang digunakan umumnya berupa kain tile jenis medium.

  • Kain tile medium merupakan varian kain tile yang teksturnya tidak terlalu lembut / lemes tapi juga tidak terlalu kasar / kaku.
  • Untuk motifnya sendiri, kain tile yang digunakan sebagai bahan wedding veil bisa berupa kain tile polos maupun bermotif.

7. Kewajiban Memakai Wedding Veil

Sebagai salah satu aksesoris pernikahan yang sangat populer, penggunaan wedding veil sendiri hanyalah bersifat opsional / sesuai dengan keinginan alias tidak wajib. Yang pasti saat anda memutuskan untuk mengenakan wedding veil lakukan mix and match dengan cara yang tepat.

Wedding Veil

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik, pemilihan wedding veil sendiri tidak bisa sembarangan. Semua harus disesuaikan dengan gaun, gaya rambut, bentuk wajah dan lokasi pernikahan digelar.

  • Khusus utuk pernikahan yang selenggarakan di luar ruangan, akan lebih baik jika anda menghindari penggunaan wedding veil yang terlalu panjang dan berat.
  • Sementara untuk pernikahan yang selenggarakan di dalam ruangan, anda bisa lebih bebas memilih jenis wedding veil yang akan digunakan.

8. Hiasan Wedding Veil

Terkait dengan hiasan yang digunakan untuk pelengkapnya, wedding veil tidak harus selalu dihias dengan renda atau pita tapi bisa juga dipercantik dengan menggunakan payet, kristal, mutiara atau justru dibiarkan polos begitu saja untuk memperkuat kesan lebih natural.

  • Renda

Renda merupakan hiasan berbentuk kerawang yang dibuat dari benang dalam pattern jaring terbuka. Fungsinya yaitu untuk menambah nilai estetik suatu produk yang dijahit bersama dengan renda itu sendiri.

  • Pita

Pita merupakan kain panjang yang dapat digunakan untuk bermacam-macam tujuan. Teknik menghias wedding veil dengan pita ini bisa dilakukan dengan cara menjahitkan atau menyulamkan pita pada kain.

  • Payet, Kristal dan Mutiara

Payet, kristal dan mutiara merupakan sebuah pernak pernik berukuran kecil yang dapat difungsikan sebagai penghias wedding veil. Untuk dapat memasangkan ornamen tersebut ke sebuah kain anda bisa menerapkan teknik sulam.

9. Dapat Dikenakan Dengan Hijab

Terlepas dari kepercayaan atau makna wedding veil, banyak pengantin wanita yang mengenakan wedding veil karena ingin tampil lebih dramatis di hari pernikahan. Terlebih wedding veil ini dapat pula dikenakan di atas hijab untuk memberi kesan yang lebih romantis.

Khusus untuk pelengkap gaya berhijab anda bisa mengenakan wedding veil dengan cara berikut.

  • Pertama pasangkan wedding veil di atas hijab kemudian sematkan jarum pentul di beberapa sisinya.
  • Kedua anda bisa memasang wedding veil di atas hijab kemudian menambahkan head piece untuk menahan wedding veil.
  • Ketiga anda juga bisa memakai mahkota dan membiarkan wedding veil menjuntai di belakang kepala.

Wedding Veil

Sumber : https://shopee.com.my/

Untuk ide padupadannya anda bisa menjadikan wedding veil sebagai aksesoris kebaya ataupun Gaun Pengantin Muslimah yang dapat menutupi aurat dengan sempurna.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta unik dan menarik seputar wedding veil yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan anda tentang wedding veil jadi semakin bertambah.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.