Article

Homepage Article Fashion Design Pentingnya Fashion Image…

Pentingnya Fashion Image Consultant Dalam Dunia Mode

Peranan fashion image consultant dalam dunia mode bisa dibilang penting bagi mereka yang perlu merepresentasikan diri sesuai pekerjaan ataupun profesi yang dijalaninya. Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang tanggung jawab dan kualifikasi yang harus dimiliki fashion image consultant langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Image Consultant

Fashion image consultant merupakan profesi yang dilakukan oleh seorang ahli dalam membantu seseorang untuk mengembangkan dan meningkatkan citra profesional mereka melalu busana yang dikenakannya termasuk menentukan pakaian, aksesoris, hingga makeup dan tatanan rambut.

Fashion Image Consultant

Sumber : https://www.betterteam.com/

Sekalipun dalam dunia kerja fashion image consultant kerap disamakan dengan Fashion Stylist keduanya tetap saja berbeda. Perbedaan paling mencolok antara fashion image consultant dengan fashion stylist yaitu:

  • Fashion styling diperlukan untuk membantu seseorang dalam memilih style, baju atau make-up yang tepat.
  • Fashion image consultant diperlukan untuk membantu seseorang dalam membangun personal image.

Fashion Image Consultant

Sumber : https://theimagepreneur.com/

Dapat pula dikatakan bahwa fokus fashion image consultant sebenarnya adalah membantu orang yang mengalami kesulitan untuk memilih pakaian maupun aksesoris untuk acara-acara khusus dalam template yang estetis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Meski terbilang masih asing dan belum terlalu populer terutama di Indonesia, keberadaan fashion image consultant sebenarnya cukup diperlukan khususnya bagi figur publik seperti selebriti, pejabat atau istri pejabat.

Fashion Image Consultant

Sumber : https://patriciatrepanier.com/

Tanggung Jawab Fashion Image Consultant

Layaknya profesi di bidang fashion yang lainnya, seorang fashion image consultant pada prinsipnya juga memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri. Beberapa tugas dan tanggung jawab yang dimaksud antara lain berupa:

  • Membantu seseorang dalam membangun personal image / pembentukan citra diri secara profesional.
  • Membantu seseorang dalam memilih pakaian dan aksesoris sesuai profesi yang dijalani klien.
  • Membantu seseorang untuk memilih cara terbaik dalam menampilkan diri secara profesional sesui dengan profesi / pekerjaan sehari-hari.
  • Mendengarkan kebutuhan klien dan memahami kepribadian individu mereka.
  • Memberikan saran yang disesuaikan dengan preferensi, gaya, tipe tubuh dan kisaran harga klien, serta acara yang hendak mereka hadiri.
  • Tetap up-to-date dengan trend dan prinsip mode saat ini, agar pemilihan jenis outfitnya bisa disesuaikan berdasarkan trend yang sedang berkembang.
  • Memperbarui portofolio penampilan dan trend untuk mencerminkan perubahan mode musiman dan untuk mengembangkan pakaian dan rekomendasi baru untuk klien.
  • Menindaklanjuti serta menjawab permintaan dan pertanyaan klien melalui telepon atau email.

Fashion Image Consultant

Sumber : https://www.theurbanlist.com/

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya seperti yang sudah disebutkan di atas, fashion image consultant sendiri dapat bekerja untuk perusahaan atau berdasarkan kontrak individu.

Tidak jarang fashion image consultant juga akan diminta untuk menilai kepribadian klien, tujuan karir dan tipe tubuh untuk merekomendasikan pakaian dan aksesoris yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Fashion Image Consultant

Sumber : https://mikadopersonalstyling.com/

Keahlian Yang Wajib Dimiliki

Dengan tugas dan tanggung jawabnya yang begitu besar, seorang fashion image consultant tentunya juga harus memenuhi kualifikasi khusus yang mencakup kemampuan apa saja yang harus dipelajari dan perilaku seperti apa yang harus dimiliki oleh seorang konsultan.

Beberapa kualifikasi yang dimaksud yaitu:

  • Pengetahuan yang kuat tentang tren mode, desainer dan merek.
  • Keterampilan komunikasi yang baik untuk memberikan pelayanan kepada klien.
  • Keterampilan interpersonal untuk berinteraksi dengan klien, ramah dan dapat dipercaya.
  • Keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang baik.
  • Keterampilan untuk membangun jaringan yang luas.
  • Kesediaan dan kemampuan untuk melakukan perjalanan ke klien.
  • Kreativitas untuk menata pakaian dan aksesoris dalam template yang estetis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Untuk menjadi fashion image consultant yang sukses, pahami karakteristik konsumen dengan baik. Ketahui seperti apa model baju yang sesuai dengan bentuk tubuh klien, warna yang sesuai dengan image yang ingin ditampilkan dan berapa harga yang bisa mereka bayar untuk suatu produk.

Berikut beberapa contoh warna dan kesan yang dapat ditampilkan dari warna tersebut.

  • Warna putih dapat mencerminkan kesederhanaan dan kesempurnaan.
  • Warna coklat dapat menunjukkan sisi ketertiban dan sederhana.
  • Warna hitam identik dengan kemewahan dan memberi kesan elegan.
  • Warna abu-abu dapat memberikan kesan santai namun tegas.

Perbanyak teman, rekan dan kolega, karena sebaik apapun hasil pekerjaan anda dalam membantu klien untuk membangun personal image / pembentukan citra diri, tentu akan sulit dikenal dan diterima secara luas tanpa pendekatan yang baik dengan pihak-pihak terkait.

Berikutnya usahakan untuk selalu mengikuti perkembangan trend karena dunia fashion merupakan dunia yang dinamis dan trend busana yang ada didalamnya juga akan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tanggung jawab dan kualifikasi fashion image consultant yang dapat kami bagikan untuk anda. Selain memberikan saran mode dan rekomendasi gaya, yang pasti seorang fashion konsultan juga harus menjadi multitasker dan memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik.

Keterampilan untuk menjadi fashion image consultant sendiri sangat memungkinkan untuk dipelajari baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

  • Latar pendidikan formal yang bisa anda pilih apabila ingin berkarir sebagai fashion image consultant yaitu dengan mengikuti pendidikan tata busana.
  • Sementara dari sisi non formal anda bisa mengikuti berbagai macam intensive course hingga mendapatkan sertifikasi.

Untuk mendapatkan klien lakukan target pemasaran yang baik, mulai dari orang yang anda kenal hingga orang yang belum pernah anda temui sebelumnya. Misalnya saja dengan melakukan promosi di media sosial, membuat iklan, membuat website khusus dan masih banyak lagi.

Alternatif lain anda juga bisa melayani konsultasi fashion secara online untuk menjangkau lebih banyak klien dan meningkatkan jumlah klien. Walaupun kedengarannya agak sulit untuk dilakukan, tips ini mungkin berguna dan ampuh untuk memperluas jaringan anda.

Simak juga pembahasan mengenai 21 Profesi di Dunia Fashion dan Peran Masing-Masing kalau anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang macam-macam profesi lain yang termasuk ke dalam ruang lingkup dunia mode.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.