Article

Homepage Article Kain 7 Tips Membuat Jersey Volly…

7 Tips Membuat Jersey Volly Yang Keren

Memiliki tim volly belum lengkap rasanya bila tidak membuat baju jersey sebagai bukti kekompakan tim. Untuk menunjang kenyamanan saat berolahraga, jersey volly inipun hendaknya juga harus dibuat dengan perencanaan yang matang dan tidak boleh asal agar hasilnya juga lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan.

Pengertian Jersey Volly

Jersey volly merupakan pakaian yang didesain khusus untuk para pemain volly, olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan dimana masing-masing grup terdiri dari enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan volly pantai yang tiap grupnya hanya terdiri dari dua anggota tanpa pemain cadangan.

Jersey Volly

Sumber : http://bolatren.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan saat berlaga di lapangan, jersey volly sendiri memiliki ciri khas yakni berupa nomor punggung dan dada sebagai tanda pengenal pemakainnya. Sedangkan nomor pada celana pendek terdapat pada bagian depan paha kanan. Para pemain juga harus menggunakan kaos kaki dan sepatu karet.

Jersey Volly

Sumber : https://vollyballfull.blogspot.com/

Terkait dengan fungsi dan kegunaannya berikut beberapa fungsi utama dari jersey volly yang perlu anda ketahui diantaranya:

  1. Jersey volly merupakan salah satu sarana untuk menunjukkan identitas tim, dalam hal ini sebagai aspek pembeda antara satu tim dengan tim yang lain.
  2. Fungsi kedua dari jersey volly yang tak kalah penting yaitu sebagai perlengkapan untuk bertanding sekaligus pelindung tubuh.
  3. Jersey volly juga bisa menjadi ciri khas seorang pemain, sehingga memudahkan fans untuk mengenali pemain volly yang nantinya akan mereka dukung di dalam arena pertandingan.
  4. Menjadi ikon dan pengenal yang membawa kebanggaan tersendiri bagi para anggota tim volly.

Tips Membuat Jersey Volly

Berkeinginan untuk membuat baju jersey volly tapi masih bingung harus memilih bahan, warna dan desain yang seperti apa?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa hal yang harus diperhatikan bila anda ingin mendapatkan jersey volly yang berkualitas bagus.

1. Bahan Kaos

Untuk membuat jersey volly sebisa mungkin pilih bahan kain yang nyaman di kulit, mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu bahan jersey hendaknya juga memiliki karakteristik ringan, lentur, mudah dibersihkan, tidak mudah kusut dan cepat kering saat dijemur.

  • Dengan menggunakan bahan kain yang memiliki daya serap keringat bagus kaos jersey yang dihasilkan akan senantiasa terasa nyaman saat dipakai.
  • Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, kaos jersey akan memberikan efek lebih sejuk dan tidak panas saat digunakan berolahraga.
  • Sifat ringan dan lentur yang terdapat pada kaos jersey akan membuat pemakainya tetap nyaman saat bergerak.
  • Dengan karakteristik bahannya yang mudah dibersihkan, tidak mudah kusut dan cepat kering, perawatan kaos jersey akan menjadi lebih mudah.

Jersey Volly

Sumber : https://www.bolasport.com/

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey volly atau pakaian olahraga lainnya?. Bagi anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal berpakaian anda bisa memanfaatkan Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang punya banyak keunggulan.

  • Kain Drifit

Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun. Beberapa karakteristik paling khas dari kain drifit diantaranya:

  • Kain drifit memiliki pori-pori yang berperan penting untuk menguapkan keringat saat berolahraga.  
  • Kain drifit cenderung lebih ringan dan mudah untuk dilipat.
  • Kain drifit memiliki daya serap keringat yang cukup baik sehingga akan terasa sejuk  dan adem saat dipakai.
  • Kain drifit termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain drifit tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi.
  • Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan jersey yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Beberapa karakteristik paling khas dari kain hyget diantaranya:

  • Bahan kain hyget hadir dengan permukaan yang mengilap serta memiliki kecenderungan tidak mudah kusut.
  • Bahan hyget cukup nyaman dipakai sebagai bahan pakaian, walau sebenarnya tidak semua jenis kain hyget memiliki ketebalan yang sama.
  • Dibandingkan bahan kain kaos lainnya, bahan hyget sebenarnya memiliki daya serap keringat yang kurang baik, walau begitu ada juga hyget yang cukup baik untuk menyerap keringat seperti misalnya hyget super.
  • Bahan hyget dapat dijumpai dalam berbagai macam varian dan dipilih sesuai kebutuhan pamakainya.
  • Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis kain yang memiliki karakteristik halus dan lemas serta cocok dipakai untuk semua jenis cuaca. Beberapa karakteristik paling khas dari kain lotto diantaranya:

  • Kain lotto mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok dipakai untuk berolahraga atau melakukan aktivitas lain yang banyak mengeluarkan keringat.
  • Tekstur kain lotto terasa sangat lembut bila dipegang dan cenderung bersifat elastis karena terdapat kandungan serat sintetik di dalamnya (spandeks atau poliester).
  • Permukaan luar kain lotto tampak seperti berongga tetapi bagian dalamnya begitu rapat, nyaris tidak ada celah cahaya yang dapat melaluinya.
  • Kain lotto memiliki bobot relatif ringan dan ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
  • Kain paragon merupakan sejenis bahan kaos dari keluarga polyester yang biasa digunakan sebagai kostum olahraga.
  • Kain Paragon

Kain paragon merupakan sejenis bahan kaos dari keluarga polyester yang biasa digunakan sebagai kostum olahraga. Beberapa karakteristik paling khas dari kain paragon diantaranya:

  • Kain paragon memiliki salur kain yang beraturan, sedikit tebal dan fleksibel sehingga sangat mudah mengikuti gerakan tubuh pemakainya.
  • Kain paragon lazimnya mempunyai ciri-ciri yang lembut seperti kapas dan juga terlihat sedikit mengkilap pada bagian permukaannya.
  • Kain paragon tergolong high end dan high cost untuk sablonnya. Maka dari itu jersey yang berasal dari kain paragon tidak ada yang dijual dengan harga yang murah.
  • Kain paragon mudah dibersihkan, tidak mudah kusut dan cepat kering saat dijemur.

2. Warna Kaos

Warna merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan dalam mendesain pakaian apapun termasuk jersey volly. Oleh karena itu untuk keperluan seragam pastikan anda memilih warna bahan kain yang sesuai dengan ciri khas tim volly.

Selain memilih warna berdasarkan ciri khas tim jangan abaikan pula tentang kesesuaian kombinasi warna yang dipilih pada desain jersey. Beberapa poin penting yang harus anda perhatikan ketika hendak menentukan warna jersey volly yaitu:

  • Pertama tentukan terlebih dahulu warna apa yang ingin ditonjolkan pada kaos jersey.
  • Selanjutnya tentukan hendak diletakkan dimana warna tersebut, apakah untuk warna dasar kaos atau warna untuk elemen desainnya.
  • Berikutnya pilihlah warna kedua untuk mendampingi warna utama supaya lebih nyaman dilihat oleh mata.
  • Jangan terlalu banyak bermain warna kecuali jika anda memang ingin menghadirkan jersey dengan tema-tema full color atau tema lain yang sejenis.

Pengetahuan tentang kombinasi warna ini bisa dipelajari secara ilmu atau bisa juga dilatih kepekaannya melalui banyak melihat referensi. Tidak hanya diaplikasikan pada desain jersey tapi teori tersebut juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk mendesain jenis pakaian yang lain.

Jersey Volly

Sumber : https://imall.com/

3. Desain Kaos

Ketika membuat kaos jersey anda juga harus tahu desain seperti apa yang anda inginkan, dalam hal ini anda bisa membuat sketsa terlebih dahulu di media kertas atau langsung di aplikasi desain. Supaya lebih mudah dalam membuat variasi desain jersey sering-seringlah mencari referensi dari banyak sumber.

  • Jangan lupa buat batasan desain yang jelas agar anda tidak kebingungan ketika membuat desain jersey volly. Sebagai contoh fokus tambahkan aksen warna di bagian dada saja untuk menemani logo klub atau nama sponsor, sementara bagian punggungnya hanya diberi sentuhan nama pemain.
  • Kaos jersey yang terlihat keren adalah tipe kaos yang minimalis tapi tetap elegan.
  • Memiliki kombinasi warna yang serasi antara sablon dan warna keseluruhan kaos.
  • Dibuat sesuai kesepakatan tim sehingga akan membuat para pemain lebih bersemangat saat bermain volly apalagi ketika mencetak skor.
  • Dengan desain yang lebih simple anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah, terutama saat memilih opsi metode penyablonan dengan sablon printing.

Bila anda lebih suka dengan desain kaos yang simple dan tidak ingin menambahkan aksen warna gradasi, coba tambahkan pola-pola samar yang sederhana pada baju jersey. Pola yang dimaksud bisa berupa garis-garis vertikal tipis yang membungkus seluruh baju dari depan hingga belakang.

Kalau anda masih suka kebingungan saat membuat desain baju jersey volly, anda bisa minta pendapat pihak konveksi untuk memastikan apakah desain yang anda miliki sudah bagus atau belum. Jika masih ada bagian yang perlu diperbaiki anda bisa melakukan revisi desain sesegera mungkin.

Jersey Volly

Sumber : https://www.imperialvolleyball.com/

4. Model Kaos

Pilih model kaos yang keren dan sesuai dengan kebutuhan. Jersey volly sendiri secara umum tersedia dalam berbagai macam model yang berbeda, beberapa ada yang dibuat dengan lengan namun ada juga yang dilengkapi dengan lengan pendek.

  • Jersey volly tanpa lengan dibuatnya dengan model seperti ini agar para atlet lebih leluasa bergerak saat hendak melakukan passing ataupun gerakan volly yang lainnya.
  • Khusus untuk jersey yang memakai lengan, model lengannya pun bisa dibuat dalam dua macam varian yakni berupa lengan raglan dan lengan licin.  
  • Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  • Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

Jersey Volly

Sumber : https://marshal.en.alibaba.com/

5. Teknik Sablon

Untuk membuat jersey volly yang keren dan berkualitas teknik pengaplikasian gambar maupun tulisan penting sekali untuk diperhatikan. Dalam hal ini anda bebas mau memilih sablon  dengan metode sublimasi yang lebih full color ataupun screen printing yang dibuat dengan cara manual.

  • Sublimasi

Sulimasi merupakan proses printing yang dilakukan untuk memindahkan gambar dari media kertas ke media lain menggunakan bantuan mesin heat press bukan lagi menggunakan screen seperti pada proses penyablonan manual.

Beberapa ciri khas dari sablon sublimasi yang juga menjadi keunggulan dari jenis sablon itu sendiri diantaranya:

  • Tidak ada batasan warna atau desain.
  • Hasil cetak sablon sangat detail, cerah, kontras, halus dan tidak retak.
  • Pengerjaan sablon dengan teknik printing sublim relatif cepat dan menghemat waktu.
  • Hasil cetak sablon bersifat lebih permanen dan tidak mudah luntur.
  • Daya tahan hasil sablon sama dengan daya tahan material kain.
  • Sablon sublimasi dapat digunakan untuk menghasilkan kaos fullprint atau all-over printing.

 

  • Sablon Manual

Sablon manual merupakan teknik sablon yang dibuat dengan menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan lainnya. Sebagian besar proses penyablonan masih menggunakan keahlian manusia yang mengerjakannya.

Sekalipun masih dibuat dengan cara yang sangat sederhana sablon manual ini tetap saja memiliki banyak keunggulan, baik dari segi harga maupun kualitas sablonnya.

  • Sablon manual harganya lebih murah dan terjangkau.
  • Hasil sablon manual lebih sempurna dan kualitas warnanya juga bagus.
  • Warna sablon manual biasanya lebih jelas dan juga tebal sehingga tidak mudah pudar.
  • Sablon manual mampu menghasilkan desain sablon kaos yang lebih beragam.
  • Sablon manual sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan kaos dalam jumlah yang banyak.
  • Matching color bisa sampai 80-95%.

Dibandingkan sablon manual, teknik printing sublimasi membuat seolah tidak ada batasan untuk desain yang bisa anda buat. Pengaplikasian desain sablon yang dibuat dengan teknik sablon inipun cakupannya sangat luas dan dapat dilakukan pada bagian dada hingga punggung dan lengan sekalipun.

Jersey Volly

Sumber : https://healong.en.made-in-china.com/

6. Ukuran Jersey

Buat kaos jersey volly sesuai dengan ukuran badan, agar hasilnya tidak terlalu kekecilan atau kebesaran saat digunakan. Idealnya jersey volly ini harus sedikit longgar supaya bisa memberikan rasa rasa nyaman pada penggunanya saat berolahraga.

Beberapa bagian tubuh yang perlu diukur sebagai acuan dalam membuat kaos jersey umumnya terdiri dari:

  • Panjang kaos diukur dari bagian ujung pundak atas (dekat leher) sampai batas tertentu sesuai kebutuhan.
  • Lingkar badan diukur melingkar dari bawah ketiak sampai bagian dada.
  • Lingkar pinggang diukur melingkar di bagian pinggang.
  • Lebar punggung diukur dari batas tengah kerung lengan kiri sampai bagian tengah kerung lengan kanan.
  • Lebar bahu diukur dari bagian lekuk leher sampai pada ujung bahu.
  • Panjang lengan diukur dari pundak bawah sampai batas tertentu sesuai kebutuhan.
  • Lingkar leher diukur melingkar di bagian leher dengan sedikit dilonggarkan.

Jersey Volly

Sumber : https://jogsportswear.com/

7. Sesuaikan Budget

Dalam membuat jersey volly seringkali biaya menjadi hal yang cukup sensitif untuk diperhitungkan. Bahkan jenis sablon yang ingin digunakan sekalipun juga dapat mempengaruhi biaya produksi jersey volly. Maka dari itu ada baiknya anda juga berkonsultasi pada penyedia jasa konveksi.

  • Memperhatikan budget yang dimiliki dalam membuat kaos jersey akan menentukan bagaimana desain dibuat.
  • Jika budget yang tersedia untuk membuat kaos jersey memang minim maka sebaiknya model kaos jersey dibuat dengan desain yang simple saja.
  • Untuk menghemat biaya tambahkan sedikit sablon pada kaos jersey. Sebab semakin luas bidang permukaan yang disablon berarti bertambah pula harganya pembuatannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk membuat jersey volly yang nyaman saat digunakan berolahraga terdapat banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan. Selain bahannya harus bagus dan ukurannya sesuai dengan tubuh, desain jersey volly pun hendaknya juga harus merepresentasikan karakteristik tim.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa membantu anda untuk mendapatkan desain kaos volly yang keren dan berkualitas. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jersey atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.