Article

Homepage Article Kain 9 Tips Membuat Jersey eSports…

9 Tips Membuat Jersey eSports Yang Keren dan Berkualitas

Setiap olahraga memang selalu identik dengan jersey yang dipakai oleh para atletnya, hal inilah yang juga berlaku dalam dunia eSports. Untuk memaksimalkan performa para pemain eSports, jersey yang digunakan hendaknya dibuat dari bahan kain yang berkualitas dan didesain sesuai ciri khas tim tertentu.

Sama halnya seperti olahraga fisik yang lain eSport juga telah memiliki tempat sebagai salah satu olahraga populer yang tidak bisa dipandang rendah. Khusus di Indonesia sendiri banyak tim gaming professional dari berbagai jenis game seperti DOTA, PUBG Mobile, Call Of Duty, Mobile Legends dan lain-lain.

Pengertian Jersey eSports

Jersey eSports merupakan pakaian yang didesain secara khusus untuk kostum eSport, sejenis olahraga profesional yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama. Dalam olahraga eSport sendiri media elektronik yang digunakan bisa bermacam-macam mulai dari komputer, konsol hingga handphone.

Jersey eSports

Sumber : https://cronkitenews.azpbs.org/

Sekalipun semua gerakan yang dilakukan tangan pada saat bermain game memang tidaklah begitu menguras tenaga namun untuk meningkatkan kenyamanan pemakainya jersey eSports tersebut hendaknya haruus dibuat dari bahan kain yang berkualitas, mampu menyerap keringat dengan mudah  dan bisa kering dengan cepat.

Jersey eSports

Sumber : https://www.blibli.com/

Fungsi Jersey eSports

Sebagai pelengkap gaya penampilan, saat ini sangat banyak jersey eSports keren yang didesain dalam berbagai model dan warna tetapi pada intinya semua memiliki fungsi yang sama. Beberapa fungsi utama dari jersey eSports yang perlu anda ketahui diantaranya:

  1. Jersey eSports merupakan salah satu sarana untuk menunjukkan identitas team atau player, dalam artian sebagai aspek pembeda antara satu tim dengan tim yang lain.
  2. Fungsi kedua dari jersey eSports yang tak kalah penting yaitu sebagai perlengkapan untuk bertanding dan membuat pemain menjadi lebih nyaman.
  3. Fungsi terakhir jersey eSports yang memang harus dipertimbangkan yaitu sebagai komoditas team yang bisa dijual kembali untuk merchandise fans tim eSports.

Kriteria Jersey eSports

Melihat fungsinya yang sedemikian penting, jersey yang digunakan oleh para atlet eSports inipun tidak boleh dibuat asal dan harus memenuhi sejumlah kriteria khusus. Beberapa kriteria yang menentukan kualitas dari sebuah jersey eSports diantaranya:

  1. Jersey eSports yang baik harus dibuat dari bahan kain yang berpori, mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  2. Memiliki ukuran yang pas dan sesuai dengan bentuk badan, dalan artian tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.
  3. Jersey eSports yang baik harus bisa memberikan kenyamanan saat dipakai.
  4. Memiliki jahitan yang halus, rapi dan tidak mudah robek.
  5. Harus merepresentasikan karakteristik tim. Hal ini bisa diperlihatkan dari warna dominan jersey eSports dan juga logo tim yang digunakan.

Tips Membuat Jersey eSports

Berencana membuat kaos jersey eSports untuk keperluan seragam saat berlaga dalam sebuah pertandingan?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat baju jersey eSports yang keren dan berkualitas bagus.

1. Tentukan Desain Jersey eSports

Tentukan desain jersey eSports yang diinginkan, dalam hal ini anda bisa membuat sketsa terlebih dahulu di media kertas atau langsung di aplikasi desain. Untuk membuat jersey eSports  tentukan pula variasi warna yang digunakan, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak.

  • Pikirkan dengan matang seperti apa tema design jersey yang ingin anda buat. Untuk memudahkan anda dalam membuat variasi desain jersey sering-seringlah mencari referensi dari banyak sumber.
  • Pilih kombinasi warna jersey yang sesuai dengan selera anda. Jangan abaikan pula tentang kesesuaian kombinasi warna yang dipilih agar kaos jersey yang dihasilkan makin menarik.
    • Tentukan dahulu warna apa yang ingin ditonjolkan pada kaos jersey eSports.
    • Selanjutnya tentukan hendak diletakkan dimana warna tersebut, apakah untuk warna dasar kaos atau warna untuk elemen desainnya.
    • Setelah menentukan warna utama berikutnya pilihlah warna kedua sebagai pelengkapnya.  
    • Jangan terlalu banyak bermain warna kecuali jika anda memang ingin menghadirkan jersey dengan tema-tema tertentu seperti full color atau tema lain yang sejenis.
  • Tuangkan ide-ide yang ada dalam fikiran anda ke atas media kertas atau langsung di aplikasi desain.
  • Buat beberapa variasi desain jersey kemudian pilih salah satu yang paling keren. Jika diperlukan anda juga bisa meminta saran orang lain untuk memilih desain jersey yang terbaik.
  • Setelah anda tahu desain jersey seperti apa yang ingin dipakai, selanjutnya tentukan luasan area untuk meletakkan desain tersebut.

Jersey eSports

Sumber : https://esportsobserver.com/

2. Pilih Konveksi Yang Terpercaya

Setelah menentukan desain dan kombinasi warna yang akan diaplikasikan pada jersey eSports selanjutnya anda bisa membawa desain tersebut ke konveksi jersey eSports yang sudah terpercaya untuk merealisasikan desain kaos jersey yang anda inginkan.

  • Pertimbangkan untuk memilih konveksi yang memiliki alamat workshop yang jelas.
  • Kedua pilih yang menawarkan kenyamanan dalam berkomunikasi.
  • Cari informasi mengenai hasil produksi dari konveksi tersebut dan pastikan hasil produksi yang ditampilkan original.
  • Pilihlah konveksi yang memiliki banyak feedback atau testimoni yang baik dari pelang-gannya.
  • Tanyakan pada pihak konveksi pakaian mengenai bahan kain yang ditawarkan untuk pembuatan jersey eSports.
  • Untuk memastikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan sudah sesuai kualifikasi jahitan industri garmen pilih konveksi yang memiliki kelengkapan mesin jahit untuk produksi jersey eSports.

Jersey eSports

Sumber : http://sewway.com/

3. Tentukan Budget Anda

Dalam pembuatan baju jersey eSports bagaimanapun juga biaya merupakan hal yang cukup sensitif untuk diperhitungkan. Bahkan jenis sablon yang ingin digunakan sekalipun juga dapat mempengaruhi biaya produksi jersey eSports. Maka dari itu ada baiknya anda juga berkonsultasi pada penyedia jasa konveksi.

4. Perhatikan Kualitas Kainnya

Untuk membuat jersey eSports yang lebih awet, penting bagi anda memilih bahan kain yang berkualitas. Jangan hanya tergiur dengan harga murah yang ditawarkan tapi pastikan dulu kualitasnya agar terjamin awet dan tahan lama.

Beberapa kriteria penting yang menentukan bagus tidaknya sebuah bahan jersey eSport diantaranya:

a. Menyerap Keringat

Bahan kain yang dipilih untuk membuat kaos jersey minimal harus memiliki daya serap keringat yang bagus dan terasa nyaman saat dipakai.

b. Tidak Panas

Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, kaos jersey akan memberikan efek lebih sejuk dan tidak panas saat digunakan berolahraga.

c. Lentur

Selain menyerap keringat dan tidak panas bahan yang dipakai untuk membuat kaos jersey paling tidak juga harus bersifat lentur dan membuat pemakainya tetap nyaman saat bergerak.

d. Ringan

Ringan dan mudah dilipat menjadi kriteria berikutnya yang harus dimiliki bahan kaos jersey terbaik.

e. Tidak Mudah Kusut

Bahan kaos jersey yang tidak mudah kusut ataupun lecek tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan dalam waktu yang cukup lama.

f. Mudah Dibersihkan

Memilih kain yang mudah dibersihkan dan dikeringkan juga menjadi prioritas penting yang harus diperhatikan agar kaos jersey yang anda miliki selalu tampak seperti baru lagi.

g. Warnanya Awet

Untuk kualitas warnanya, jersey yang bagus semestinya juga harus memiliki warna yang awet dan tidak mudah pudar meski sudah digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Terkait dengan bahan kain yang dapat dipakai untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan jersey eSports, mulai dari kain drifit, kain hyget dan kain lotto.

  • Kain Drifit

Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun. Sebagai bahan pembuatan kaos jersey, kain drifit secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda.

  • Drifit Mtiis

Drifit mtiss merupakan salah satu jenis kain drifit yang berpori-pori zig-zag dan berkarakteristik halus, sangat lembut, ringan dan mudah menyerap keringat.

  • Drifit Nike

Drifit nike merupakan salah satu varian dri fit yang berpori-pori seperti lubang jarum.

  • Drifit Polymesh

Drifit polymesh yang juga dikenal dengan drifit wafel merupakan jenis drifit yang bertekstur seperti kue waffle dan cukup elastis.

  • Drifit MU

Drifit Mu merupakan varian drifit yang memiliki motif seperti sisik ikan.

  • Drifit Ferrari

Drifit ferrari merupakan jenis drifit yang memiliki pori-pori rapat namun berkarakter ringan dan lembut.

  • Drifit Sulkul

Kain drifit sulkul yang juga dikenal dengan nama drifit bobin secara umum bertekstur lembut dan sejuk sehingga sangat pas untuk membuat kaos olahraga.

  • Drifit Jala Erbin

Drifit jala erbin memiliki pori-pori seperti lubang jarum dengan tekstur lembut.

  • Drifit Smash

Drifit smash dikenal sangat baik menangkal sinar UV dan menghalau bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap.

  • Drifit Wave

Sama halnya seperti drifit smash, kain yang satu ini juga sangat baik dalam menangkal UV dan termasuk anti bakteri.

  • Drifit Rabbit

Terakhir ada kain drifit rhabit yang fungsinya sama dengan drifit wave maupun smash, yakni memiliki anti UV dan anti bakteri. Ketiganya hanya dibedakan dari corak masing-masing saja.

  • Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan kaos yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Kain hyget terbaik yang banyak digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga yaitu berupa hyget super, hyget serena dan hyget spandek.

  • Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis kain yang memiliki karakteristik yang halus dan lemas. Pakaian yang dibuat dari kain lotto cocok dipakai untuk semua jenis cuaca, baik dalam suhu panas ataupun lembab karena jenis bahannya yang memiliki daya serap tinggi.

Jersey eSports

Sumber : https://www.freepik.com/

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey eSports atau pakaian olahraga lainnya?. Sebagai bahan referensi sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto dan Kain Hyget kami Di Sini.

5. Kenali Jenis-Jenis Sablon

Terkait dengan jenis sablon yang dapat diaplikasikan pada kaos jersey, saat ini teknik pembuatan sablon pada jersey yang semula banyak dikerjakan secara manual kini mulai dikembangkan menjadi lebih modern. Salah satu teknologi pembuatan jersey yang terbaru yaitu berupa sablon digital sublimasi.

Jersey eSports

Sumber : https://raven.gg/

6. Ketahui Perbedaan Metode Sablon

Dari berbagai proses penyablonan yang ada seperti misalnya sablo manual dan sablon digital sublimasi, anda juga perlu memahami apa saja perbedaan sekaligus kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Dengan begitu anda bisa menyesuaikannya dengan kaos seperti apa yang nantinya akan dipilih.

Penasaran seperti apa bedanya jersey hasil sublimasi dengan jersey yang dibuat dengan cara manual?. Berikut kami bagikan perbandingan antara kedua jersey tersebut hanya untuk anda.

Jersey Hasil Sublimasi Jersey Manual
Jersey sublimasi gambarnya cenderung lebih full color karena tidak memiliki batasan desain, warna, gradasi dan sebagainya. Jersey yang dibuat secara manual biasanya tidak bisa menghasilkan motif gradasi.
Jumlah sambungan bahan pada jersey sublimasi cenderung lebih sedikit sehingga resiko untuk sobek di sambungannya sangat kecil. Jumlah sambungan bahan lumayan banyak, jadi resiko jersey robek di sambungannya juga semakin besar. Kadang juga sering timbul kerutan.
Logo, sponsor ataupun nameset bisa dicetak langsung di jersey sehingga menyatu dengan bahan jersey. Hasil sablon tidak timbul. Logo, sponsor atau nameset biasanya dikombinasikan dengan jenis sablon lainnya seperti sablon manual ataupun poliflex sehingga memiliki tekstur timbul.
Sablon sublim bersifat permanen, jadi kemungkinan untuk luntur ketika di cuci atau di setrika relatif kecil. Sablon manual biasanya lebih rentan mengalami kerusakan akibat pencucian ataupun setrika.
Jersey hasil sublimasi warna kain di bagian dalamnya tidak akan berubah sekalipun telah diberi motif atau corak full color. Sablon pada jersey yang dibuat secara manual warna bagian luar ataupun dalamnya akan sama.

 7. Lihat Display Product

Lihat contoh produk yang dipajang atau ditawarkan penyedia jasa konveksi untuk mengecek kualitas produk dan kerapian jahitan jersey eSports yang pernah dibuatnya. Jahitan yang di-maksud tidak hanya terbatas pada jahitan luar baju jersey tetapi juga mencakup jahitan yang ada di bagian dalam.

  • Sambungan bahu kaos harus berada pas di sudut bahu, tidak jatuh namun juga tidak berada diatas bahu.
  • Untuk kaos jersey yang berlengan pendek ujungnya harus berada pas di tengah antara bahu dan siku.
  • Jika ujungnya menyentuh siku berarti lengan kaos terlalu panjang atau kebesaran.
  • Jika lengannya sangat pendek maka ketiak akan dapat terlihat.
  • Panjang kaos kaos jersey yang baik harusnya tidak melebihi batas pingang.
  • Obrasan pada tepi jersey eSports harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.

Jersey eSports

Sumber : https://raven.gg/

8. Buat Sample Product

Bila memungkinkan buat dulu satu sample jersey eSports sebelum anda melakukan pemesanan dalam jumlah besar, kemudian periksa kembali untuk melihat kesesuaian hasil jahitannya dengan desain anda.

9. Memesan Jersey eSports

Jika sample product sudah cukup bagus maka anda bisa langsung memesan jersey eSports  kepada penyedia jasa konveksi yang anda pilih.

Jersey eSports

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa untuk membuat jersey eSports yang berkualitas terdapat banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan. Selain memperhatikan kesesuaian desain dan warna anda juga harus memastikan bahwa penyedia jasa konveksi yang anda pilih benar-benar bisa dipercaya. 

Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi bahan referensi bagi anda untuk membuat baju jersey eSports yang keren. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jersey atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.