Article

Homepage Article Kain 10 Kriteria Baju Jersey…

10 Kriteria Baju Jersey Mancing Yang Bagus Untuk Sportfishing

Hobi melakukan aktifitas sportfishing untuk mengisi waktu luang. Karena kegiatan yang satu ini bukan termasuk ke dalam jenis aktifitas yang ringan tapi justru cukup menguras energi, maka penting bagi anda untuk memilih baju jersey mancing yang tepat dan aman digunakan dalam kondisi cuaca apapun.

Pengertian Sportfishing

Sport fishing merupakan olahraga memancing yang lebih menitikberatkan pada aktifitas fisik. Sedikit berbeda dengan kegiatan memancing yang dilakukan oleh para nelayan pencari ikan, tujuan utama dari sport fishing yang sebenarnya adalah untuk berolahraga bukan mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya.

Jersey Mancing

Sumber : https://www.passeios-ria-formosa.com/

Peralatan dan gaya memancingnya pun tidak lagi sama dengan cara dahulu yang lebih berfokus pada kegiatan melempar umpan dan duduk menunggu kail dimakan ikan. Konsepsi memancing sebagai sebuah olahraga ini lebih banyak melibatkan proses lempar tarik terus menerus yang membutuhkan tenaga dan stamina ekstra.

Jersey Mancing

Sumber : https://fishingbooker.com/

Terkait dengan teknik-teknik memancing yang digunakan setidaknya terdapat empat macam teknik  yang dapat digolongkan sebagai sportfishing. Teknik yang dimaksud yakni berupa casting, popping, jigging dan fly fishing.

1. Casting

Casting merupakan salah satu teknik memancing yang dilakukan dengan cara melempar dan menarik kembali lure (semacam umpan tiruan yang berbentuk ikan, serangga atau binatang laut lainnya) sambil memainkannya terus menerus hingga lure tersebut disambar oleh sang predator air.

  • Teknik casting biasa digunakan untuk memancing di sungai dengan target ikan-ikan predator seperti hampala, toman, gabus dan ikan lain yang sejenis.
  • Tiap-tiap lure mempunyai action (gerakan umpan ketika dimainkan di air) dan teknik yang berbeda-beda pada saat retrieving.
  • Dalam teknik lure tidak ada patokan untuk melakukan berapa kali lemparan, karena itulah teknik ini seringkali dikategorikan sebagai sportfishing.

2. Popping

Popping merupakan satu variasi dari teknik memancing yang sangat digemari oleh para anglers karena mereka bisa menyaksikan langsung sambaran ikan pada popper. Pada teknik ini ikan dipaksa untuk menyambar popper (lure khusus untuk teknik popping) karena gerakan dan splashnya yang sangat mengganggu.

3. Jigging

Jigging merupakan teknik memancing yang dilakukan dengan cara menjatuhkan lure hingga kedasar laut dan mulai mengayun-ayunkan joran diimbangi dengan retrieving. Biasanya teknik memancing seperti ini digunakan untuk memancing didaerah terumbu karang dengan kedalaman 50-100 meter.

Saat memancing menggunakan teknik ini, jig tidak diayunkan langsung ke spot yang ditargetkan melainkan dilemparkan dan dibiarkan meluncur hingga ke dasar laut secepat mungkin baru kemudian menggulurng reel dengan cepat sambil disentak-sentakan.

4. Fly Fishing

Fly fishing merupakan salah satu teknik memancing yang biasa dilakukan dengan menggunakan umpan tiruan berbentuk serangga (artificial lure). Umpan tiruan tersebut secara umum dapat dibentuk dengan bahan-bahan ringan seperti kain, tali, bulu, manik-manik, benang dan lem perekat.

  • Sesuai dengan namanya fly fishing berasal dari kata flies yang berarti serangga.
  • Fly fishing dikenal unik lantaran teknik ini membutuhkan kepiawaian si pemancing dalam melecutkan joran dan membuat umpan tiruan.
  • Dalam praktiknya, keasyikan teknik ini terletak pada teknik melecutkan kail dan mendaratkan umpan di air sehingga menyerupai flies atau serangga sungguhan.

Jersey Mancing

Sumber : https://fishingbooker.com/

Untuk menunjang aktifitas tersebut, tentu para pemancing perlu mengenakan pakaian yang didesain khusus untuk memberikan proteksi maksimal pada tubuh dalam kondisi apapun. Selain membeli jersey mancing di toko olahraga, anda pun juga dapat membuat jersey mancing sendiri sebagai pelengkap gaya penampilan.

Jersey Mancing

Sebagai pelengkap gaya penampilan saat melakukan aktifitas sportfishing sekarang ini sangat banyak jersey mancing yang didesain dalam berbagai model dan warna tetapi pada intinya semua memiliki fungsi yang sama. Beberapa fungsi utama dari jersey mancing yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Jersey mancing berfungsi sebagai perlengkapan alat pelindung tubuh yang membuat pemakainya menjadi lebih nyaman.
  • Jersey mancing menjadi salah satu sarana untuk menunjukkan identitas komunitas pemancing.
  • Bagi komunitas pemancing, kaos jersey dapat menunjukkan ciri khas serta eksistensi mereka terhadap dunia memancing.

Kriteria Jersey Mancing

Berencana untuk membeli atau membuat baju jersey mancing sendiri tapi masih bingung harus memilih bahan kain dan model baju yang seperti apa?. Supaya tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa kriteria penting harus anda perhatikan bila ingin mendapatkan baju jersey yang nyaman dan berkualitas tinggi.

1. Nyaman Saat Digunakan

Dalam memilih atau membuat baju jersey manciing, fungsi dan kenyamanannya tetap harus menjadi prioritas utama yang diperhatikan. Begitu keduanya dipenuhi selanjutnya anda bisa bermain-main dengan gaya atau warna.

  • Jersey yang bagus untuk mancing minimal harus memiliki karakteristik lentur supaya lebih terasa nyaman saat dipakai beraktifitas.
  • Supaya keringat yang keluar dari dalam tubuh tidak menumpuk dan menyebabakan ketidaknyamana maka diperlukan bahan khusus untuk membuat jersey mancing.
  • Bahan kain yang dipilih untuk membuat jersey mancing harus bisa menyerap keringat dengan mudah dam memiliki sirkulasi udara yang baik.

Jersey Mancing

Sumber : https://www.hukgear.com/

2. Bahan Kainnya Bagus

Pemilihan bahan yang tepat sangat penting untuk jersey memancing karena aktifitas ini merupakan olahraga yang memakan waktu lama menghasilkan banyak keringat dan mengeluarkan banyak tenaga, sehingga jika anda mengunakan bahan yang tidak tepat anda akan merasa tidak nyaman.

  • Bahan pakaian yang disarankan digunakan sebagai material kaos untuk memancing adalah bahan yang tentunya memiliki daya serap yang cukup tinggi.
  • Pilihlah bahan yang elastis, memiliki pori-pori yang lebar, ringan dan dapat menahan paparan sinar matahari langsung karena memancing merupakan olahraga luar ruangan.
  • Pilih bahan kain yang mudah dibersihkan, tidak mudah kusut dan cepat kering, perawatan kaos jersey akan menjadi lebih mudah.

Jersey Mancing

Sumber : https://www.underarmour.com/

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey mancing atau pakaian olahraga lainnya?. Bagi anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal berpakaian anda bisa memanfaatkan Kain Drifit, Kain Lotto dan Kain Hyget yang punya banyak keunggulan.

  • Kain Drifit

Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun. Beberapa karakteristik paling khas dari kain drifit diantaranya:

  • Kain drifit memiliki pori-pori yang berperan penting untuk menguapkan keringat saat berolahraga.  
  • Kain drifit cenderung lebih ringan dan mudah untuk dilipat.
  • Kain drifit memiliki daya serap keringat yang cukup baik sehingga akan terasa sejuk  dan adem saat dipakai.
  • Kain drifit termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain drifit tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi.
  • Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan jersey yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Beberapa karakteristik paling khas dari kain hyget diantaranya:

  • Bahan kain hyget hadir dengan permukaan yang mengilap serta memiliki kecenderungan tidak mudah kusut.
  • Bahan hyget cukup nyaman dipakai sebagai bahan pakaian, walau sebenarnya tidak semua jenis kain hyget memiliki ketebalan yang sama.
  • Dibandingkan bahan kain kaos lainnya, bahan hyget sebenarnya memiliki daya serap keringat yang kurang baik, walau begitu ada juga hyget yang cukup baik untuk menyerap keringat seperti misalnya hyget super.
  • Bahan hyget dapat dijumpai dalam berbagai macam varian dan dipilih sesuai kebutuhan pamakainya.
  • Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis kain yang memiliki karakteristik halus dan lemas serta cocok dipakai untuk semua jenis cuaca. Beberapa karakteristik paling khas dari kain lotto diantaranya:

  • Kain lotto mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok dipakai untuk berolahraga atau melakukan aktivitas lain yang banyak mengeluarkan keringat.
  • Tekstur kain lotto terasa sangat lembut bila dipegang dan cenderung bersifat elastis karena terdapat kandungan serat sintetik di dalamnya (spandeks atau poliester).
  • Permukaan luar kain lotto tampak seperti berongga tetapi bagian dalamnya begitu rapat, nyaris tidak ada celah cahaya yang dapat melaluinya.
  • Kain lotto memiliki bobot relatif ringan dan ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

3. Desainnya Harus Keren

Kaos jersey mancing yang bagus hendaknya dibut dengan desain yang sekeren dan sesimpel mungkin namun variasinya jangan terlalu banyak. Selain ribet jersey mancing yang terlalu banyak variasi juga akan menyulitkan pemakai jersey maupun cara perawatannya.

  • Kaos jersey yang terlihat keren adalah tipe kaos yang desainnya minimalis tapi tetap elegan.
  • Memiliki kombinasi warna yang serasi antara sablon dengan warna kaos secara keseluruhan.

Jersey Mancing

Sumber : https://www.bukalapak.com/

4. Ukurannya Pas Badan

Kaos jersey yang digunakan untuk memancing hendaknya memiliki ukuran yang pas badan dalam artian tidak keberasan atau kekecilan. Jersey mancing yang kebesaran juga akan berbahaya karena memungkinkan anda dapat tersangkut kail.

  • Baju jersey yang ideal jatuhnya masih di sekitar pinggang.
  • Sementara untuk panjang lengannya jangan sampai melebihi telapak tangan karena akan nampak kebesaran.

Jersey Mancing

Sumber : https://www.overunderclothing.com/

5. Berlengan Panjang

Untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada tubuh pemakainya jersey mancing yang bagus hendaknya dibuat dengan model lengan panjang. Beberapa kelebihan dari jersey lengan panjang diantaranya:

  • Jersey lengan panjang bisa melindungi kulit dari terik matahari yang bisa menyebabkan kulit menghitam atau belang akibat tersengat panas matahari.
  • Jersey lengan panjang bisa melindungi kulit dari gigitan serangga
  • Jersey lengan panjang menjadi solusi yang aman untuk orang-orang yang mudah berkeringat supaya tidak lengket dan tidak terkena debu.

Khusus untuk jersey mancing, model lengannya pun bisa dibuat dalam dua macam varian yakni berupa lengan raglan dan lengan licin. 

  • Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  • Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

Jersey Mancing

Sumber : https://www.dickssportinggoods.com/

6. Berwarna Cerah

Unsur warna menjadi salah satu elemen penting yang harus diperhatikan ketika memilih ataupun membuat jenis pakaian apapun termasuk jersey mancing. Oleh karena itu untuk keperluan seragam komunitas pastikan anda memilih warna bahan kain yang sesuai dengan ciri khas komunitas sportfishing.

  • Selalu ingat jika anda ingin tetap nyaman saat beraktifitas di alam bebas utamakan untuk memakai baju jersey yang memiliki warna cerah. Warna-warna ini umumnya memiliki kemampuan untuk memantulkan sinar matahari yang lebih baik dibandingkan jersey yang berwarna gelap.  
  • Warna-warna gelap cenderung lebih cepat panas dari warna cerah apabila terkena langsung cahaya matahari.
  • Warna gelap menyerap panas matahari dan membuat tubuh lebih cepat overheat dibandingkan warna putih, warna pastel maupun warna cerah lainnya.

Jersey Mancing

Sumber : https://www.lazada.co.id/

7. Jahitannya Halus dan Rapi

Baju jersey mancing yang dijahit dengan halus dan rapi umumnya memiliki sambungan yang kuat dan tidak mudah rusak. Jahitan yang dimaksud tidak hanya terbatas pada jahitan luar baju jersey mancing tetapi juga mencakup jahitan yang ada di bagian dalam.

Beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu dari kualitas kaos jersey terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Jahitan kaos jesey yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.
  • Pada bagian rib leher menggunakan bahan terbaik dan disambung menggunakan jahitan bis yang rapi dan teliti.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

8. Mengandung UPF

Baju jersey mancing yang bagus harusnya juga mengandung UPF (ultraviolet protection factor). UPF pada pakaian ini berfungsi seperti layaknya seperti SPF (sun protection factor) pada tabir surya yakni untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang cenderung mengakibatkan kerusakan sel kulit.

  • UPF bisa diartikan juga sebagai SPF “sun protector factor” khusus untuk kain atau pakaian.
  • Pakaian yang mengandung UPF mampu meningkatkan perlindungan kepada setiap orang terhadap resiko kesehatan terkait radiasi sinar UV.
  • Pakaian yang memiliki nilai rating UPF (ultraviolet protection factor), mampu melakukan tugas terbaiknya dalam menghambat radiasi UV sesuai klasifikasi nilai yang dimilikinya.
  • Khusus untuk anda yang gemar melakukan sportfishing, mengombinasikan penggunaan pakaian anti UV dengan sunscreen dapat memberikan perlindungan terbaik untuk kulit.

9. Tidak Mudah Kusut

Kaos jersey yang tidak mudah kusut ataupun lecek tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu anda juga tidak perlu sering-sering menyetrikanya setiap kali ingin menggunakan kaos jersey untuk sportfishing.

10. Mudah Dibersihkan

Kaos jersey yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan. Dengan begitu kaos jersey tersebut tampilannya juga akan selalu tampak seperti baru lagi meski sudah digunakan dan dicuci berulang kali.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebuah baju jersey mancing bisa dikatakan memiliki kualitas yang baik bukan hanya karena modelnya bagus tapi bahan kain yang digunakan untuk membuatnya juga harus menyerap keringat, ukurannya cukup longgar dan yang terpenting mengandung UPF (ultraviolet protection factor).

Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi bahan referensi bagi anda untuk lebih selektif dalam memilih jersey mancing. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jersey mancing atau bahan lain untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.