Article

Homepage Article Kain 7 Rekomendasi Bahan Kain…

7 Rekomendasi Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket Harrington

Jaket harrington termasuk kedalam jenis jaket bergaya klasik yang diperoleh dari perpaduan antara jaket semi formal dan jaket casual sehingga sangat mudah dikombinasikan dengan style fashion lainnya. Untuk mendapatkan jaket harrington yang berkualitas penting bagi anda untuk mengenal bahannya terlebih dahulu.

Jaket harrington merupakan sebuah jaket yang berukuran panjang hingga sebatas pinggang dan memiliki ciri khas bermotif kotak-kotak di bagian dalamnya. Sekalipun dipakai sebagai pakaian luar bahan yang digunakan untuk membuatnya minimal harus kuat, mudah kering, ringan, halus dan membuat anda nyaman saat memakainya.

Jaket Harrington

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket harrington diantaranya:

  • Jaket harrington termasuk ke dalam jenis jaket yang cukup ringan dengan ukuran sebatas pinggang.
  • Jaket harrington umumnya dibuat dari bahan kain yang berwarna polos untuk bagian luar sementara furingnya memakai kain bermotif tartan sehingga cukup mencolok saat dilihat bagian dalamnya.
  • Jaket harrington dilengkapi dengan bur pada bagian lengan dan ujung jaket sehingga saat dikenakan tampak memiliki ukuran yang ketat dibagian sekitar pinggang dengan manset dan bawah hem yang melebar elastis.
  • Jaket harrington dapat dipakai untuk menghangatkan tubuh saat malam hari. Selain itu jaket ini sebenarnya juga dapat dipakai untuk siang hari asal bukan untuk aktifitas di lapangan.  
  • Jaket harrington biasanya tidak memiliki hoodie, sebagai gantinya jaket ini memiliki kerah yang berfungsi untuk menghangatkan bagian leher.
  • Jaket harrington kebanyakan memiliki resleting di depan dari ujung bawah sampai ujung leher jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket harrington juga memiliki saku dengan kancing di kedua sisi penutupnya jadi sangat aman untuk digunakan membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan dompet.

Bahan Jaket Harrington

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan jaket harrington. Untuk bagian utama jaket bisa menggunakan kanvas, kain drill, kain taslan, kain mayer dan parasut sementara bagian dalamnya bisa menggunakan kain katun flanel bermotif kotak-kotak.

1. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis bahan untuk membuat jaket yang tebal, kuat dan memiliki serat benang yang terlihat sangat jelas pada permukaan kainnya. Bahan kanvas ini dipilih untuk membuat jaket karena sangat cocok untuk dijadikan bahan jaket dengan model kasual dan setengah resmi.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain kanvas diantaranya:

  • Kain kanvas memiliki sifat menghangatkan sehingga sangat cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari angin dan udara dingin.
  • Kain kanvas merupakan bahan jaket yang bagus, terkenal kuat dan tidak mudah robek.
  • Kain kanvas cukup tebal, awet dan tahan pada semua medan serta kondisi cuaca.
  • Kain kanvas mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga lumayan cepat.
  • Kain kanvas tidak mudah kusut walau digunakan berulang kali untuk aktivitas yang berat sekalipun.

Sebagai bahan pembuatan jaket harrington, kain kanvas sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa: .

Kain kanvas marsoto merupakan jenis kain kanvas yang cukup tebal dengan tekstur salur. Walaupun cukup tebal kain kanvas ini masih nyaman digunakan sebagai bahan jaket harrington.

Kain baby kanvas katun merupakan bahan kain yang memiliki karakteristik cukup unik yakni bertekstur halus, lebih tipis dan tidak kaku bila dibandingkan kain kanvas lainnya.

Sama halnya dengan kain baby kanvas katun, kain baby kanvas TR ini juga mempunyai sifat lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku bila dibandingkan kain kanvas lainnya.

Jaket Harrington Jaket Harrington

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.tokopedia.com/

2. Kain Drill

Kain drill merupakan sejenis bahan kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Kain drill biasa terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester dan memiliki permukaan yang berbeda antara bagian depan serta bagian belakangnya.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain drill diantaranya:

  • Kain drill tergolong awet, kokoh dan tidak mudah sobek.
  • Kain drill memiliki tekstur kain yang unik. Secara detail pada permukaan kainnya akan tampak tekstur pintalan benang yang membentuk alur diagonal atau garis-garis miring.
  • Warna kain drill tidak mudah pudar meski sudah dicuci dan digunakan berkali-kali.
  • Kain drill tidak mudah kusut.
  • Kain dril memiliki berbagai variasi tingkat ketebalan yang berbeda jadi bisa dipilih dengan bebas sesuai kebutuhan pemakainya.
  • Kain drill cocok digunakan untuk membuat pakaian formal maupun pakaian casual.
  • Bahannya adem dan memiliki daya serap keringat yang cukup baik.

Jaket Harrington Jaket Harrington

Sumber : https://fitinline.com/, https://kaula.id/

3. Kain Taslan

Kain taslan dikenal sebagai salah satu bahan jaket yang bagus dan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi. Kain ini umumnya terbuat dari benang sintetis bertekstur yang ditenun secara modern sehingga didapatkan kain yang lembut, ringan tapi kuat dan mempunyai daya tahan tinggi.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain taslan diantaranya:

  • Bahan jaket taslan tergolong awet dan mampu bertahan di segala cuaca. Selain itu bahannya juga cukup tebal dan memiliki tesktur yang lentur.
  • Bahan jaket taslan akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat saat digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Sebagian besar kain taslan umumnya bersifat anti jamur dan anti minyak jadi sangat mudah dibersihkan. Proses pengeringan bahan jaket taslan juga tidak memakan waktu lama.
  • Bahan jaket taslan tidak mudah kusut ataupun lecek sehingga tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Bahan jaket taslan bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan taslan yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket harrington, kain taslan sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan dan bersifat water-resistant.

Kain taslan milky merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna milky (warna putih susu).

Kain taslan risptop MG merupakan bahan jaket yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) serta lapisan coating bening yang anti air (water repellent).

Kain taslan salur WP (RYT) merupakan jenis kain taslan yang terbuat dari serat poliester dengan tektur salur (seperti garis) dan mempunyai sifat anti air.

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan sehingga bagian luar dan dalam kain berwarna sama. Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Kain taslan milky (MG) merupakan jenis kain taslan produksi lokal yang memiliki lapiaan anti air berwarna putih (milky). Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Jaket Harrington Jaket Harrington

Sumber : https://fitinline.com/, https://twitter.com/

4. Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap. Kain ini secara umum memiliki sifat hidrofobik sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket harrington karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain mayer diantaranya:

  • Kain mayer termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet dan mampu bertahan di segala cuaca meski bahannya relatif tipis, lembut dan lemas.
  • Kain mayer sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket karena mampu akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat ketika berada di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain mayer mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.
  • Kain mayer tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain mayer bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan mayeryang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket harrington, kain mayer sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain mayer merupakan bahan jaket yang bagus, mempunyai sifat yang lembut, lemas dan mengkilap walaupun kainnya ketebalannya medium. Kain ini tidak mempunyai sifat anti air.

Kain mayer lokal (MG) memiliki karakteristik lembut dan tidak kaku, tipis, ringan serta memiliki banyak variasi warna. Kelebihan lainnya kain ini memiliki sifat hidrophobik (kemampuan menolak air) yang cukup baik.

Jaket Harrington Jaket Harrington

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.schofficial.com/

5. Kain Parasut

Kain parasut merupakan salah satu kain berbahan serat sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. Sebagai bahan pembuatan jaket harrington, kain ini sebenarnya cenderung tipis dan ringan tapi masih cukup bagus untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain parasut diantaranya:

  • Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus karena terbilang awet dan ringan walau sebenarnya cenderung tipis.
  • Kain parasut sangat mudah untuk dibersihkan dengan detergen selain itu proses pengeringannya juga cepat.
  • Kain parasut tidak mudah kusut sehingga bisa dipakai sepanjang hari. Setelah dicuci jaket harrington cukup dilipat atau digantung dengan rapi tanpa harus disetrika.
  • Kain parasut bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket harrington, kain parasut sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain parasut milky mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir) karena dilengkapi dengan coating milky (warna putih susu).

Kain parasut wajik (parasut diamond ripstop) memiliki lapisan bening anti air dan permukaannya tampak agak mengkilap dengan motif wajik atau belah ketupat.

Kain parasut loreng biway mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway).

Kain parasut metalik merupakan bahan jaket yang bagus, bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku.

Jaket Harrington Jaket Harrington

Sumber : https://fitinline.com/, https://id.carousell.com/

6. Kain Micro

Kain micro merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Sekalipun permukaannya tampak lembut tapi kain ini sebenarnya memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin dan tidak dingin jika di gunakan.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada bahan kain micro diantaranya:

  • Kain micro termasuk ke dalam jenis bahan kain microfiber terbaik yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil.
  • Serat micro cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuatnya sangat halus dan lembut.
  • Kain micro memiliki sifat menghangatkan karena selain kuat kain ini juga mampu menahan angin walau permukaannya tampak lembut.
  • Tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau asma.
  • Kain micro mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain micro yang didesain khusus sebagai bahan jaket harrington biasanya tidak mudah kusut jadi tidak perlu disetrika setelah dicuci dan dikeringkan.

Sebagai bahan pembuatan jaket harrington, kain micro sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain microfiber merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Kain microfiber ini tidak memiliki sifat anti air.

Kain mikro bintik merupakan salah satu jenis bahan jaket dengan tekstur bintik, lembut, dan ringan. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain micro bintik sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket harrington.

Kain micro WP merupakan sejenis bahan micro (mikro) tipis yang mempunyai lapisan anti air (waterproof). Bahan ini terasa lembut karena jalinan benangnya yang tipis dan rapat namun kuat.

Kain mikro ripstop merupakan salah satu jenis kain micro yang halus, lembut, ringan serta memiliki tekstur berbentuk kotak-kotak karena terbuat dari benang sintetis yang diselingi benang lain tapi ukurannya lebih besar.

Jaket Harrington Jaket Harrington

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

7. Kain Katun Flanel

Kain katun flanel merupakan sejenis kain tekstil bertekstur lembut dan halus yang dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Bahan kain katun flanel sendiri secara umum memiliki tekstur yang cukup tebal sehingga mampu memberikan rasa hangat kepada pemakainya.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain katun flanel diantaranya:

  • Kain katun flanel dibuat dengan teknik tenun plain weave dan pada salah satu sisinya dilakukan proses penyikatan (brushed) sehingga menghasilkan permukaan yang lembut.
  • Selain lembut kain katun flanel teksturnya juga lebih tebal dan agak berbulu.
  • Kain katun flanel memiliki sifat yang hampir sama dengan bahan babyterry yaitu memberikan rasa hangat.
  • Pada kain katun flanel kotak-kotak, benang yang digunakan sudah mengalami proses perwarnaan terlebih dahulu sebelum ditenun.
  • Kain katun flanel sangat cocok digunakan sebagai bahan pelapis jaket harrington karena tampilannya terkesan sangat eksklusif.

Jaket Harrington Jaket Harrington

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

Butuh bahan kain katun flanel berkualitas untuk membuat jaket?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun Flanel kami Di Sini.

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan jaket harrington di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mendapatkan jaket harrington yang berkualitas, sebaiknya selalu gunakan bahan kain yang memiliki karakteristik kuat, mudah kering, ringan, halus dan membuat anda nyaman saat memakainya.

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik paling khas yang dimiliki jaket harrington dan beberapa jenis bahan terpopuler yang sering di gunakan untuk membuatnya. Semoga artikel di atas bisa memberikan referesi bagi anda dalam memilih bahan jaket harrington yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.