Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fakta Unik dan Menarik…

5 Fakta Unik dan Menarik Tentang Jaket Anorak / Anorak Jacket

Dikenal sebagai salah satu model jaket yang populer untuk orang kutub kemudian bertransformasi jadi yang nyaman dipakai untuk cuaca dingin dan berangin, jaket anorak atau anorak jacket ternyata juga memiliki sejarah panjang yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Anorak

Anorak jacket yang biasa disebut juga dengan jaket anorak adalah tipe jaket yang biasa didesain dalam potongan longgar dan panjang, memiliki hoodie atau tudung kepala yang dilengkapi bulu-bulu, serta kerah yang tinggi untuk melindungi bagian leher dari angin dan cuaca dingin.

Jaket Anorak

Sumber : https://www.amazon.com/

Ditinjau dari sejarahnya, nama anorak yang digunakan untuk menyebutkan model jaket ini konon berasal dari bahasa Eskimo di Greenland “annoraaq” yang berarti angin. Selain itu ada juga yang menyebutkan bahwa nama anorak sebenarnya lebih mengacu pada jaket anti air dengan tudung kepala yang biasa dipakai orang-orang kutub.

Fakta Menarik Jaket Anorak

Mau tahu lebih banyak lagi tentang seluk beluk jaket anorak yang begitu populer hingga saat ini?. Buat kamu yang penasaran berikut kami bagikan beberapa fakta unik dan menarik tentang jaket anorak yang penting untuk kamu ketahui.

1. Ditemukan Awal Tahun 1900-an

Jaket anorak pertama kali ditemukan oleh masyarakat dari daerah arktik dan sub-artktik sejak awal tahun 1900-an. Dimana pada masa itu, jaket anorak biasa digunakan sebagai outer dari tunik oleh para penduduk yang bermukim di daerah kutub.

Jaket Anorak

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Dulu Dilapisi Minyak Ikan

Untuk membuatnya lebih tahan air, orang-orang Inuit dari suku bangsa Eskimo biasa melapisi jaket anorak dengan minyak ikan. Bahkan kadang juga menambahkan binatang sebagai pelapis jaket anorak untuk menciptakan kehangatan bagi pemakainya.

3. Memiliki Desain Yang Eksklusif

Jaket anorak memiliki desain yang eksklusif dan berbeda dengan model jaket yang lain. Desainnya yang fungsional membuat jaket anorak sangat cocok dijadikan pilihan yang populer untuk aktivitas outdoor.

Jaket Anorak

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa ciri paling khas yang melekat pada jaket anorak yaitu:

  • Jaket anorak memiliki detail hoodie atau penutup kepala yang besar serta bulu-bulu yang halus untuk memberikan perlindungan ekstra pada tubuh dari cuaca buruk.
  • Jaket anorak memiliki kerah tinggi yang dirancang untuk melindungi leher dari angin dan cuaca dingin.
  • Jaket anorak memiliki resleting pada bagian depan.
  • Jaket anorak memiliki saku di bagian badan depan yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil dan menjaga tangan agar tetap hangat.
  • Jaket anorak memiliki adjuster atau detail serut di bagian pinggang dan pergelangan tangan untuk menghalau hujan dan angin agar tidak masuk ke bagian dalam jaket.

Jaket Anorak

Sumber : https://www.walmart.com/

4. Berevolusi Jadi Jaket Pencinta Alam

Terinspirasi dari jaket anorak yang dikenakan oleh penduduk kutub, produsen jaket selanjutnya mulai mengembangkan jaket anorak dalam desain yang lebih modern untuk pelengkap kegiatan di luar ruangan seperti hiking atau trail running di tengah cuaca yang dingin dan berangin.

Bahkan saking populernya, hingga kini jaket anorak telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Jaket Anorak

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Pilihan Bahannya Sangat Beragam

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, jaket anorak secara tradisional memang banyak dibuat menggunakan bulu binatang hasil buruan. Namun untuk saat ini jaket anorak yang dijual dipasaran umumnya sudah banyak dibuat menggunakan bulu sintetis.

Sementara untuk bagian badan, bagian lengan dan bagian kerahnya, bahan yang umum digunakan untuk membuat jaket anorak biasanya tetap menggunakan bahan kain yang anti air dan tahan angin.

Untuk pilihan bahannya berikut beberapa contoh bahan anti air yang bisa kamu gunakan untuk membuat  jaket anorak.

  • Kain Taslan Salur WP

Bahan taslan salur WP merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat poliester dengan tektur salur (seperti garis), mempunyai sifat anti air yang kuat, serta memiliki kemampuan yang bagus untuk menahan angin dan cuaca dingin.

  • Kain Parasut WP

Bahan parasut WP merupakan sejenis bahan kain parasut waterproof yang terbuat dari serat poliester dan mempunyai sifat anti air sangat kuat.

  • Kain Despo Balon

Bahan despo balon merupakan sejenis bahan kain yang tampilannya tampak licin, halus dan memiliki sifat anti air yang sangat bagus karena dilengkapi dengan coating balon yang berwarna putih.

  • Kain Micro WP

Kain Micro WP merupakan varian kain micro (mikro) tipis yang mempunyai lapisan anti air (waterproof), jalinan benangnya yang tipis dan rapat namun kuat, serta memiliki tekstur yang halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit.

  • Kain Puma Scott WP

Kain puma scott WP merupakan sejenis bahan kain yang memiliki karakter mirip parasut tetapi lebih tebal, halus dan  memiliki sifat anti air yang lebih kuat. Selain sifat anati airnya lebih kuat, jaket ini juga tidak menimbulkan suara berisik ketika bergesekan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fakta unik dan menarik tentang jaket anorak yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu akan jaket anorak ya.

Butuh bahan kain anti air yang bagus untuk membuat jaket anorak?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan jaket anti air terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.