Article

Homepage Article Kain 7 Jenis Bahan Kain Terbaik…

7 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker termasuk kedalam jenis jaket yang dapat dipakai untuk melindungi tubuh dari udara dingin dan hujan ringan. Selain itu jaket ini juga cocok digunakan saat olahraga pagi dan bepergian di malam hari. Untuk mendapatkan jaket windbreaker yang berkualitas penting bagi anda untuk mengenal bahannya terlebih dahulu.

Jaket windbreaker merupakan jaket yang memiliki ciri khas berupa karet di pergelangan tangan. Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai jaket penghangat tubuh, bahan yang digunakan untuk membuatnya minimal harus memiliki karakteristik kuat, anti angin, mudah kering, ringan, halus dan membuat anda nyaman saat memakainya.

Beberapa karakteristik paling khas yang melekat pada jaket windbreaker diantaranya:

  • Jaket windbreaker didesain secara khusus sehingga mampu menjaga suhu tubuh tetap normal dan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.
  • Jaket windbreaker biasanya menggunakan karet pada bagian pergelangan tangannya jadi angin yang masuk ke bagian dalam jaket bisa diminimalisir.
  • Jaket windbreaker tidak memiliki seemsheeld atau perisai jahitan. Meski demikian jaket ini pada prinsipnya masih lumayan cukup bagus dipakai saat trekking atau traveling.
  • Untuk membuka dan menutup belahan jaket terdapat sebuah resleting yang dipasang pada bagian badan depan.
  • Jaket windbreaker standar biasanya memiliki kerah yang berfungsi untuk melindungi leher. Selain itu jaket windbreaker umumnya juga memiliki tambahan hoodie untuk melindungi bagian kepala.
  • Terdapat pula beberapa produsen jaket yang mengeluarkan model jaket windbreaker dengan beberapa fitur ekstra, seperti kantong di beberapa bagian lengan atau bagian dalam jaket.

Bahan Jaket Windbreaker

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan jaket windbreaker. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain taslan, kain parasut, kain micro, kain despo, kain mayer, kain puma scott dan kain ZN yang tentunya memiliki karakteristik berbeda satu sama lain.

1. Kain Taslan

Kain taslan dikenal sebagai salah satu bahan jaket yang bagus dan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi. Kain ini umumnya terbuat dari benang sintetis bertekstur yang ditenun secara modern sehingga didapatkan kain yang lembut, ringan tapi kuat dan mempunyai daya tahan tinggi.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain taslan diantaranya:

  • Bahan jaket taslan tergolong awet dan mampu bertahan di segala cuaca. Selain itu bahannya juga cukup tebal dan memiliki tesktur yang lentur.
  • Bahan jaket taslan akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat saat digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Sebagian besar kain taslan umumnya sangat mudah dibersihkan. Proses pengeringan bahan jaket taslan juga tidak memakan waktu lama.
  • Bahan jaket taslan tidak mudah kusut ataupun lecek sehingga tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Bahan jaket taslan bisa dipakai untuk membuat jaket windbreaker. Selain itu bahan kain ini juga bisa diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan taslan yang memiliki sifat anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket windbreaker, kain taslan sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan dan bersifat water-resistant.

Kain taslan milky merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna milky (warna putih susu). Kain taslan milky dapat menyerap keringat dengan baik dan cepat kering ketika dipakai beraktivitas.

Kain taslan risptop MG merupakan bahan jaket yang mempunyai tekstur kotak-kotak (ripstop) serta lapisan coating bening yang anti air (water repellent).

Kain taslan salur WP (RYT) merupakan jenis kain taslan yang terbuat dari serat poliester dengan tektur salur (seperti garis) dan mempunyai sifat anti air.

Kain taslan coating bening merupakan kain taslan yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan sehingga bagian luar dan dalam kain berwarna sama. Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Kain taslan milky (MG) merupakan jenis kain taslan produksi lokal yang memiliki lapiaan anti air berwarna putih (milky). Cocok untuk jaket yang membutuhkan sifat anti air yang ringan (water repellent).

Jaket Windbreaker Jaket Windbreaker

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.visvalbags.com/

2. Kain Parasut

Kain parasut merupakan salah satu kain berbahan serat sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. Sebagai bahan pembuatan jaket windbreaker, kain ini sebenarnya cenderung tipis dan ringan tapi masih cukup bagus untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain parasut diantaranya:

  • Kain parasut termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus karena terbilang awet dan ringan walau sebenarnya cenderung tipis.
  • Kain parasut sangat mudah untuk dibersihkan dengan detergen selain itu proses pengeringannya juga cepat.
  • Kain parasut tidak mudah kusut sehingga bisa dipakai sepanjang hari. Setelah dicuci jaket windbreaker cukup dilipat atau digantung dengan rapi tanpa harus disetrika.
  • Kain parasut bisa diandalkan untuk membuat jaket windbreaker dan juga jaket musim hujan karena ada beberapa yang memiliki sifat anti angin sekaligus anti air walau tidak semuanya.

Sebagai bahan pembuatan jaket windbreaker, kain parasut sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain parasut milky mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir) karena dilengkapi dengan coating milky (warna putih susu).

Kain parasut wajik (parasut diamond ripstop) memiliki lapisan bening anti air dan permukaannya tampak agak mengkilap dengan motif wajik atau belah ketupat.

Kain parasut loreng biway mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway).

Kain parasut metalik merupakan bahan jaket yang bagus, bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku.

Jaket Windbreaker Jaket Windbreaker

Sumber : https://fitinline.com/, https://zilingoshopping.id/

3. Kain Micro

Kain micro merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Sekalipun permukaannya tampak lembut tapi kain ini sebenarnya memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin dan tidak dingin jika di gunakan.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain micro diantaranya:

  • Kain micro termasuk ke dalam jenis bahan kain microfiber terbaik yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil.
  • Serat micro cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuatnya sangat halus dan lembut.
  • Kain micro memiliki sifat menghangatkan karena selain kuat kain ini juga mampu menahan angin walau permukaannya tampak lembut.
  • Tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau asma.
  • Kain micro mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain micro yang didesain khusus sebagai bahan jaket windbreaker biasanya tidak mudah kusut jadi tidak perlu disetrika setelah dicuci dan dikeringkan.

Sebagai bahan pembuatan jaket windbreaker, kain micro sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain microfiber merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai. Kain microfiber ini tidak memiliki sifat anti air.

Kain mikro bintik merupakan salah satu jenis bahan jaket dengan tekstur bintik, lembut, dan ringan. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain micro bintik sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket windbreaker.

Kain mikro ripstop merupakan salah satu jenis kain micro yang halus, lembut, ringan serta memiliki tekstur berbentuk kotak-kotak karena terbuat dari benang sintetis yang diselingi benang lain tapi ukurannya lebih besar.

Jaket Windbreaker Jaket Windbreaker

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

4. Kain Despo

Kain despo merupakan sejenis kain yang kalau dipegang cenderung licin, halus, ringan, tidak mudah kusut dan beberapa ada yang bersifat waterproof (anti air). Sebagai bahan pembuatan jaket kain ini secara umum memiliki karakteristik yang cukup kuat, awet, mudah kering dan tidak mudah kusut.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain despo diantaranya:

  • Kain despo termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet, cenderung licin, halus, ringan dan mampu bertahan di segala cuaca.
  • Kain despo akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat saat digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain despo mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.
  • Kain despo tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain despo bisa digunakan untuk membuat jaket windbreaker dan diandalkan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan despo yang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain despo sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain despo merupakan salah satu kain windbreaker/penahan angin yang bertekstur halus, namun tidak menolak air. Kain despo memiliki serat yang sangat kecil sehingga tampak licin, jatuh dan tidak mudah kusut.

Kain despo polos merupakan jenis kain windbreaker (penahan angin) namun tidak mempunyai lapisan anti air, agak halus, tidak kaku.

Jaket Windbreaker Jaket Windbreaker

Sumber : https://fitinline.com/, https://zilingoshopping.com/

5. Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap. Kain ini secara umum memiliki sifat hidrofobik sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket windbreaker karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain mayer diantaranya:

  • Kain mayer termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet dan mampu bertahan di segala cuaca meski bahannya relatif tipis, lembut dan lemas.
  • Kain mayer sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket karena mampu akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat ketika berada di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain mayer mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.
  • Kain mayer tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan berkali-kali.
  • Kain mayer bisa diandalkan untuk membuat jaket windbreaker dan dipakai saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan mayer yang memang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket windbreaker, kain mayer sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain mayer merupakan bahan jaket yang bagus, mempunyai sifat yang lembut, lemas dan mengkilap walaupun kainnya ketebalannya medium. Kain ini tidak mempunyai sifat anti air.

Kain mayer lokal (MG) memiliki karakteristik lembut dan tidak kaku, tipis, ringan serta memiliki banyak variasi warna. Kelebihan lainnya kain ini memiliki sifat hidrophobik (kemampuan menolak air) yang cukup baik. 

Jaket Windbreaker Jaket Windbreaker

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

6. Kain Puma Scott

Kain puma scott merupakan bahan jaket yang sedikit lebih tebal dengan permukaan yang halus, tidak berisik bila digesekkan dan tidak mudah kusut.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain puma scott diantaranya:

  • Kain puma scott termasuk ke dalam jenis bahan kain yang sedikit lebih tebal, lebih halus, lebih lemas dan bersifat hangat.
  • Kain puma scott mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.  
  • Kain puma scott tidak mudah kusut, teksturnya lebih eksklusif dan mengkilap serta tidak menimbulkan suara saat bergesekan.
  • Kain puma scott bisa diandalkan untuk membuat jaket windbreaker dan dipakai saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan puma scott yang memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain puma scott sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain puma scott adalah jenis kain yang biasa digunakan untuk jaket. Permukaannya terlihat bertekstur namun halus, terbuat dari 100% poliester.

Kain puma scott WP memiliki permukaan yang halus dan sedikit tebal. Selain anti air, kain scott puma juga tidak mudah kusut dan tidak menimbulkan suara berisik ketika bergesekan.

Jaket Windbreaker Jaket Windbreaker

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.pinterest.co.uk/

7. Kain ZN

Kain ZN merupakan bahan kain yang terbuat dari serat poliester. Kain ini secara umum mempunyai sifat cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalan kainnya sama dengan taslan.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain ZN diantaranya:

  • Kain ZN termasuk ke dalam jenis bahan kain yang awet, lebih lemas dan lebih berat meski ketebalannya sama dengan kain taslan.
  • Selain awet kain ini juga mampu bertahan di segala cuaca termasuk di daerah yang bersuhu dingin.
  • Kain ZN mudah untuk dibersihkan dan mudah untuk dikeringkan.  
  • Kain ZN tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa tampak rapi.
  • Kain ZN dapat digunakan untuk membuat jaket windbreaker dan bisa diandalkan saat musim hujan karena sebagian besar memiliki sifat anti air.

Sebagai bahan pembuatan jaket, kain ZN sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa:

Kain ZN mempunyai sifat yang mirip dengan kain taslan, namun tekstur kainnya berbeda, lebih lemas dan lebih berat. Ketebalannya sama dengan taslan dan mempunyai sifat anti air.

Kain taslan GN merupakan kain jenis kain taslan tahan air yang kuat dengan tekstur yang lembut.

Kain taslan ZN (RYT) merupakan jenis kain taslan yang terbuat dari serat poliester yang lembut dan lebih tipis namun kuat dan mempunyai sifat anti air.

Jaket Windbreaker Jaket Windbreaker

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan jaket windbreaker di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mendapatkan jaket windbreaker yang berkualitas, sebaiknya gunakan bahan kain yang memiliki karakteristik kuat, anti angin, mudah kering, ringan, halus dan membuat anda nyaman saat memakainya.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih bahan jaket yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jaket atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.