Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Membuat Canadian Smock…

Cara Membuat Canadian Smock Motif Lattice (Lattice Pattern)

Lattice pattern merupakan salah satu motif canadian smock yang unik dan aplikasinya tidak hanya terbatas pada produk pakaian saja namun juga pada lenan rumah tangga. Khusus untuk anda yang ingin mencoba membuatnya tapi bingung harus memulainya dari mana langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Smock Lattice

Lattice pattern yang dikenal juga dengan nama trellis merupakan pola canadian smock yang memiliki bentuk / tampilan akhir seperti anyaman / kisi-kisi. Dalam dunia manipulating fabric sendiri motif smock yang satu ini umumnya dapat diaplikasikan pada berbagai bahan kain mulai dari yang tipis hingga yang tebal sekalipun.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.thesewingdirectory.co.uk/

Terkait dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, motif lattice yang unik bisa dibilang kegunaannya sangatlah luas. Tidak hanya terbatas pada pakaian wanita maupun anak namun motif ini juga dapat dijadikan sebagai pemanis cushion sofa, tutup lampu, gorden dan berbagai lenan rumah tangga lainnya.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.chairish.com/

Cara Membuat Smock Lattice

Tertarik untuk membuat smock lattice tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Buat anda yang mau mencobanya pertama-tama siapkan dulu sejumlah alat dan bahan sebagai berikut.

  • Kain sebagai bahan utama manipulating fabric.
  • Gunting untuk memotong bahan kain.
  • Penggaris lurus untuk alat bantu dalam memberi tanda pada bahan kain.
  • Kapur kain untuk memandai bahan kain.
  • Jarum jahit tangan dan benang yang berwarna sama dengan bahan kain untuk menjahit bahan kain.

Untuk membuat smock lattice sendiri sebaiknya pilih bahan kain yang mudah dijahit namun membentuk tekstur yang tegas. Beberapa contoh kain yang dimaksud antara lain berupa Kain Katun, Kain Rayon, Kain Linen, Kain Satin maupun Kain Roberto Cavalli hingga kain beludru yang cenderung tebal.

Setelah menentukan bahan yang ingin anda pakai untuk membuat smock selanjutnya buat pola kotak-kotak persegi yang berukuran 2x2 cm di bagian buruk bahan kain kemudian tandai dengan garis-garis diagonal didalamnya untuk memudahkan proses menjahitnya.

  • Mulai dari sudut kiri atas beri jeda satu kotak kosong lalu buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kotak kedua. Lewati kotak berikutnya dan ulangi lagi membuat garis diagonal sampai kolom terakhir yang ada di baris pertama.
  • Untuk baris kedua buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah ke kanan atas kotak pertama. Beri jeda satu kotak kosong kemudian ulangi sampai kolom terakhir.
  • Untuk menandai kotak-kotak yang ada dibaris ketiga, keempat dan seterusnya terapkan prinsip yang sama seperti cara di atas secara selang seling.

Manipulating Fabric

Sumber : https://florianeschmitt.com/

Untuk membantu mengenali bagian mana anda akan menjahit selanjutnya, tambahkan keterangan  angka ataupun huruf pada bahan kain. Tapi jika anda sudah hafal anda bisa melewati langkah yang satu ini.

Manipulating Fabric

Selesai memberi tanda pada kain, ambil seutas benang jahit yang panjangnya kira-kira dua kali lipat panjang lengan bawah anda lalu masukkan pada lubang jarum jahit tangan. Satukan kedua ujungnya kemudian ikat menjadi satu.

Untuk memulai jahitan di baris pertama ikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Tusukkan jarum pada bahan kain lalu tarik benangnya sampai habis.
  • Buat tusuk kecil dengan arah diagonal ke kanan bawah pada bahan kain sesuai garis bantu yang anda buat.
  • Tarik keduanya agar menyatu, jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas lalu potong benang dengan menggunakan gunting.
  • Ulangi cara yang sama sampai anda menyelesaikan semua jahitan yang ada di baris pertama.

Manipulating Fabric

Sumber : http://nounitehandmade.blogspot.com/

Untuk memulai jahitan di baris kedua ikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Tusukkan jarum pada bahan kain lalu tarik benangnya sampai habis.
  • Buat tusuk kecil dengan arah diagonal ke kiri bawah pada bahan kain sesuai garis bantu yang anda buat.
  • Tarik keduanya agar menyatu, jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas lalu potong benang dengan menggunakan gunting.
  • Ulangi cara yang sama sampai anda menyelesaikan semua jahitan yang ada di baris kedua.

Manipulating Fabric

Sumber : http://nounitehandmade.blogspot.com/

Selesai membuat jahaitan di dua baris pertama bahan kain, anda bisa mengulangi cara di atas secara selang seling untuk menyelesaikan motif lattice sampai mendapatkan panjang yang di inginkan. Setelahnya buang dan rapikan sisa benang yang masih tertinggal.

Manipulating Fabric

Sumber : http://nounitehandmade.blogspot.com/

Karena teknik manipulating fabric dengan motif lattice ini melibatkan jahitan dari sisi belakang kain maka untuk melihat hasilnya anda bisa membalikkan kain agar baiknya berhadapan dengan anda. Jika motifnya tidak timbul secara alami anda mungkin perlu merapikan lipatan kainnya.

Manipulating Fabric

Sumber : http://nounitehandmade.blogspot.com/

Untuk mempertahankan efek timbul pada bahan kain desain manipulating fabric yang satu ini tidak memerlukan penyetrikaan. Selain itu hindari pula kebiasan menimpa bahan kain dengan benda lain yang lebih berat agar tekstur kainnya tetap terlihat menarik.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat canadian smock motif lattice. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi sumber referensi bagi anda untuk lebih mudah dalam memilih cara manipulating fabric yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Download E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain dari kami kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.