Article

Homepage Article Kain Tekstil 4 Jenis Tinta Untuk Mencetak…

4 Jenis Tinta Untuk Mencetak Kain Secara Digital

Mencetak gambar atau motif tertentu pada media kain atau bahan tekstil saat ini semakin mudah dan cepat karena proses pengerjaannya dapat dilakukan secara langsung menggunakan mesin cetak digital. Meski waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat tetapi berapapun warna yang ada pada gambar kesemuanya akan tercetak sempurna pada bahan kain.

Tinta Print Digital

Sumber : http://www.newsobserver.com/

Selain proses pengerjaannya terbilang cukup mudah limbah cair yang dihasilkan dari proses pembuatan kain secara digital umumnya juga sangat minim. Sebab tinta print yang digunakan untuk mencetak motif kain sendiri sebagian besar bersifat ramah terhadap lingkungan.

Tinta Print Digital

Sumber : http://www.crafthubs.com/

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya jenis tinta printing yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam jenis kain dapat dibagi kedalam empat macam kategori, mulai dari tinta acid, tinta reactive, tinta disperse, serta tinta sublimasi.

Tinta Print Digital

Sumber : https://www.youtube.com/

Tinta Acid

Tinta acid merupakan salah satu jenis tinta yang dapat diaplikasikan pada jenis kain berbahan dasar protein seperti wool dan sutra, serta bahan nylon. Sebaliknya tinta acid tidak dapat digunakan pada jenis-jenis kain katun, rayon, serta bahan synthetic fiber seperti halnya kain polyester.

Tinta Print Digital

Sumber : http://indonesian.alibaba.com/

Tinta Reactive

Tinta reactive termasuk kedalam jenis tinta yang biasa digunakan pada jenis kain berbahan dasar serat alami sebut saja kain katun, linen, dan rayon. Tinta reactive sebenarnya juga dapat digunakan pada kain berbahan dasar nylon, hanya saja proses fiksasi yang dilakukan berbeda.

Tinta Print Digital

Sumber : http://www.tradekorea.com/

Untuk menghasilkan warna yang cerah pada bahan kain, reaksi kimia antara tinta dengan kain harus benar-benar dikendalikan. Salah satunya dengan memaksimalkan reaksi kimia yang menyebabkan molekul tinta kehilangan atom chlorine dan kain kehilangan atom hydrogen. Dengan begitu secara otomatis molekul tinta dan kain akan menyatu dengan sendirinya.

Tinta Print Digital

Sumber : http://www.chromagen-spectra.com/

Tinta Disperse

Tinta disperse merupakan jenis tinya yang biasa diaplikasikan pada bahan polyester, lycra, acrylic, maupun rayon acetate. Karena tinta disperse tidak dapat ditransfer dengan menggunakan kertas transfer maka tinta disperse harus dicetak langsung di atas bahan kain kemudian dipanaskan.

Tinta Print Digital

Sumber : http://www.wide-format-printers.org/

Tinta Sublimasi

Tinta sublimasi termasuk kedalam salah satu jenis tinya yang mempunyai daya tahan cuci cukup baik. Tinta sublimasi dapat dicetak terlebih dahulu di atas media kertas kemudian ditransfer ke atas bahan polyester dengan bantuan tekanan panas atau dicetak langsung di atas bahan kemudian dipanaskan menggunakan heat press roll.

Tinta Print Digital

Sumber : http://www.eurobengal.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.