Article

Homepage Article Kain Penerapan Teknik Digital…

Penerapan Teknik Digital Printing Pada Bahan Tekstil

Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak dapat dipungkiri mampu memberikan dampak yang cukup positif terhadap kemajuan industri tekstil. Salah satunya ditandai dengan kehadiran teknik digital printing tekstil yang dapat diterapkan untuk mencetak motif pada jenis kain tertentu seperti polyester, katun, rayon bahkan kain sutera.

Digital Printing Tekstil

Sumber : http://www.print-tekstil.com/

Jika sebelumnya proses pencetakan kain dalam industri tekstil biasa dilakukan dengan cara screen printing atau roll printing, maka saat ini teknik pencetakan motif atau gambar pada kain sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan mesin digital printing. 

Digital Printing Tekstil

Sumber : https://www.youtube.com/

Banyak aplikasi yang bisa dibuat dengan mesin digital printing tersebut, salah satu contohnya berupa spanduk atau umbul-umbul. Bahkan beberapa tahun belakangan ini semakin banyak fashion designer yang mulai berinovasi untuk mencetak motif kain berdasarkan desain tertentu sebagai bahan pembuatan produk pakaian yang eksklusif. 

Digital Printing Tekstil

Sumber : https://www.youtube.com/

Proses printing kain yang dikerjakan menggunakan mesin digital printing jelas lebih cepat dibanding dengan cara screen printing atau roll printing. Sahabat Fitinline hanya perlu memiliki desain dalam bentuk file komputer, lalu dari desain tersebut akan dicetak dengan menggunakan printer khusus untuk bahan kain.

Digital Printing Tekstil

Sumber : https://dcwdesign.wordpress.com/

Teknologi digital printing tekstil yang diterapkan untuk mencetak motif kain sendiri pada dasarnya dapat dilakukan dengan dua macam cara, yaitu dengan cara langsung atau dengan printing transfer paper. Dimana proses printing transfer paper ini biasanya dilakukan untuk mencetak kain pada media yang tidak memungkinkan untuk diprint secara langsung.

Digital Printing Tekstil

Sumber : http://digitalfabricprinter.com.au/

Namun sebelum memutuskan untuk mencetak kain dalam jumlah banyak, ada baiknya jika anda mencoba terlebih dahulu untuk mencetak satu desain ukuran A4/A3 dengan berbagai perpaduan warna. Dengan begitu anda bisa memiliki banyak contoh atau sampel motif dalam satu meter bahan kain

Digital Printing Tekstil

Sumber : http://diy-couture.blogspot.co.id/

Setelah menemukan paduan warna yang pas akan lebih baik jika anda tidak berganti-ganti tempat percetakan kain, sehingga hasil cetakan kain yang dihasilkan akan tetap konsisten dari masa ke masa.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.