Article

Homepage Article Fashion Design Sejarah Singkat Penggunaan…

Sejarah Singkat Penggunaan Celana Kargo

Celana kargo dikenal sebagai salah satu jenis celana yang memiliki banyak kantong. Normalnya jumlah kantong celana cargo ada 6 yaitu 2 di bagian samping, 2 di bagian belakang dan 2 di bagian bawah. Masing-masing kantong pada celana kargo tersebut biasanya memakai tutup lipat yang dikunci dengan kancing snap atau velcro. 

celana kargo

 

Sumber : https://www.surfdome.com/

Berdasarkan catatan sejarah, celana dengan banyak kantong ini awalnya hanya dipakai oleh tentara militer Inggris pada tahun 1938 untuk membawa amunisi dan radio. Celana cargo yang digunakan pada masa itu dilengkapi satu saku samping  dan satu saku dibagian font hip (panggul).

celana kargo

Sumber : http://es.aliexpress.com/

Lambat laun celana kargo tersebut mulai mengalami pergeseran fungsi dan mulai dikembangkan untuk para teknisi, enginer, serta orang-orang bekerja dilapangan. Celana cargo tidak hanya digunakan oleh kalangan militer semata, melainkan juga oleh para traveller dan pecinta alam yang gemar berpetualang di lingkungan terbuka.

celana kargo

Sumber : http://apparelillustrated.com/

Karakteristik celana cargo yang kuat namun ringan, menjadikan celana cargo terasa sangat nyaman saat dikenakan untuk kegiatan outdoor. Banyaknya kantong yang terdapat pada celana tersebut memungkinkan pemakainya untuk menyimpan banyak barang, seperti dompet, kompas, tools, dan handphone dengan leluasa.

celana kargo

Sumber : http://es.aliexpress.com/

Pada akhir tahun 1990-an penggunaan celana cargo kemudian mulai mengalami perkembangan yang semakin pesat mana kala diperkenalkan sebagai bagian dari komoditi fashion. Dimana pada masa itu keberadaan kantong pada celana kargo tidak lagi dipandang secara fungsional melainkan hanya sebagai pelengkap unsur dekoratif.

celana kargo

Sumber : http://thefashionblogging.com/

Sebagai bagian dari pelengkap style masa kini, hampir sebagian besar merk pakaian ternama bahkan mulai menyediakan celana kargo dalam produk mereka. Beberapa selebriti dunia bahkan juga dianggap memiliki kontribusi cukup besar dalam mempopulerkan celana cargo, sebut saja Hillary Duff, Khloe Kardashian, Jessica Alba dan Vanessa Hudgens.

celana kargo

Sumber : http://aelida.com/

Celana kargo biasanya dibuat dari bahan kanvas, klik Di sini untuk melihat katalognya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.